Tagar itu menjadi trending topic twitter Indonesia pagi ini. Entah karena kemacetan yang berkurang di Indonesia atau memang ada hal lain yang sedang viral. Itulah kondisi yang terjadi tadi pagi di media sosial.
Supaya tidak kudet (kurang update), penulis juga ikut berkicau melalui cuitan dengan tagar tersebut. Hal ini penulis lakukan karena penulis mendapat kesempatan sekaligus pengalaman langsung untuk mencoba layanan perbankan terbaru di XXI Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan (1/8/2018). Ternyata, tagar yang ramai diperbincangkan itu berhubungan erat dengan acara launching aplikasi Permata Mobile X.
Demi menjawab keluhan nasabah, PT. Bank Permata tbk meluncurkan aplikasi mobile banking kekinian sebagai upaya memudahkan nasabah untuk akses layanan perbankan. Melalui aplikasi yang dilabeli dengan sebutan Permata Mobile X, nasabah akan mendapat pengalaman tersendiri untuk menikmati produk digital perusahaan yang telah melayani lebih dari 2 juta nasabah di 62 kota yang ada di Indonesia. Permata Mobile X muncul sebagai inovasi teknologi yang tidak hanya berbasis mobile banking, tetapi juga berkonsep financial technology (fintech).
Kehadiran aplikasi Permata Mobile X menjadi sensasi yang terkendali. Hal ini seiring dengan perubahan perilaku konsumen di sektor perbankan yang selalu mengutamakan kepraktisan. Adaptasi pelayanan transaksi finansial dan non finansial yang diusung oleh Permata Bank mampu menghadirkan banyak fitur baru yang beda dari bank lain. Ada terobosan dari konvensional menuju basis digital.
1. Face ID dan Finger ID
Proses login ke aplikasi terasa lebih cepat tanpa mengetik user ID dan password karena wajah kita sebagai pemilik rekening telah dikenali sistem. Login melalui face ID ini bisa menggunakan iphone X, touch ID untuk pengguna iphone jenis lain, dan fingerprint untuk tipe ponsel android. Secure system dengan login seperti ini lebih terjamin keamanannya.
Semua akun perbankan seperti tabungan, giro, deposito, reksa dana, obligasi, dan kartu kredit yang kita punya di Permata Bank ada dalam 1 layar sehingga terangkum dengan jelas dan lengkap.
Fitur ini memungkinkan nasabah untuk melihat saldo tanpa login. Maka, kita bisa memantau terus jika transaksi keuangan kita begitu padat dan harus mengontrol secara seksama untuk arus uang keluar dan uang masuk setiap saat.
Permata Mobile X lebih efektif karena nasabah mampu melihat mutasi rekening sampai 12 bulan ke belakang. Sebagai nasabah, penulis sangat terbantu karena tidak harus datang ke kantor cabang untuk melakukan cetak rekening koran.
Aplikasi Permata Mobile X juga dikatakan efisien karena hanya butuh waktu 5 detik untuk transfer saldo ke sesama rekening permata, akun rekening bank lain, atau nomor handphone. Semua akun yang pernah nasabah transfer, bisa disimpan dalam kanal favorit. Nasabah juga bisa membuat proses transfer dilakukan secara berkala dan terjadwal. Setelah melakukan transaksi pun, nasabah bisa langsung share receipt melalui WhatsApp, LINE, sms, dan e-mail.
Setelah membuat rekening, penulis mendapat benefit dari produk tabungan tersebut. Ada keuntungan dalam satu tabungan yang bisa disesuaikan dengan nominal saldo rata-rata yang kita punya. Jika kita memenuhi ketentuan, ada beberapa promo berupa cashback yang bisa didapat saat bertransaksi dimanapun setelah menggunakan layanan pada akun ini.
Dari semua fitur Permata Mobile X, hal yang juga menjadi perhatian penulis yaitu saat aplikasi ini menerapkan Application Program Interface (API) Banking. Melalui teknologi tersebut, penulis bisa langsung berkomunikasi dengan pegawai bank via WhatsApp Video Call. Proses verifikasi yang akan menjadi tren baru dalam perekonomian digital Indonesia.
~ Permata Mobile X, solusi bagi kebutuhan nasabah zaman now ~
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H