Mengajar sangat perlu membutuhkan berbagai tindakan persiapan pembelajaran. Pembelajaran juga perlu perencanaan untuk memudahkan para pelajar memahami dalam komponen pembelajaran berbasis kompetensi dari dasar, materi, penunjuk hasil belajar, sketsa pengajaran, dan penilaian berdasar kelas. Â
Kompetensi (kemampuan dasar)berfungsi untuk memudahkan perkembangan kemampuan peserta didik, materi berguna untuk memberikan pengertian pada kemampuan dasar, penunjuk hasil belajar berguna untuk menunjukkan hasil dari kemampuan peserta didik, sketsa pengajaran adalah suatu langkah-langkah yang dapat digunakan untuk melakukan proses dalam pengajaran, penilaian berdasar kelas juga berguna untuk mengukur suatu kapasitas kemampuan juga dapat mengevaluasi atau menentukan tahapan yang dilakukan ketika komponen tersebut belum tergapai.
A. Persiapan dan penerapan pengajaran
Mengajar adalah suatu pekerjaan khusus yang sulit dalam proses pembelajaran.
Rancangan perencanaan dan penerapan pengajaran bersangkutan dengan langkah-langkah penting untuk guru dalam bekal pelaksanaan rencana dalam pembelajaran.
Adapun beberapa macam-macam yang dapat dilakukan guru:
1. Penentuan keinginan pelajar
2. Menentukan isi dan menunjuk sasaran
3. Menjelaskan metode- metode dalam pembelajaranÂ
4. Merancang kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajarÂ
5. Membimbing dan memotivasi peserta didik
6. Mengevaluasi dan menentukan tingkatan
B. Dasar -dasar perencanaan mendidik
Menciptakan rencana yang baik dapat di lakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar yang selaras (berkesinambungan), setiap pengajar harus memahami komponen pembelajaran yang terarah. Di antaranya:
Penyampaian kebutuhan para peserta didik, harapan yang akan dicapai , beberapa tindakan dan gambaran yang dapat mencapai harapan, dan perbandingan penilaian.
Pengembangan kegiatan belajar mengajar harus mengamati ketertarikan dan pemahaman pesta didik terhadap materi yang di sampaikan. Guru berperan untuk mengubah energi pelajar tetapi juga sebagai motivator yang dapat mengubah dan menambah semangat dalam minat belajar yang tinggi, menggerakkan siswa terus belajar dengan berbagai cara belajar yang berbeda- beda, serta membentuk kemampuan dengan cara yang sesuai dengan sumber belajar.
C. Bagian- bagian perencanaan mendidik
Penataan proses dalam pembelajaran akan berakhir pada perencanaan mengajar, rancangan dalam waktu singkat meliputi dasar tindakan belajar dan proses penerapan rancangan untuk mengajar.
 Para pengajar dapat mempersiapkan rencana mengajar yang berhasil dan efektif, menuntut para siswa dapat memahami konsep peningkatan perencanaan mengajar, keterkaitan baik dengan pokok, manfaat, asas dalam peningkatan perencanaan mengajar, serta tolak ukur dalam keberhasilan mendidik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H