Mohon tunggu...
Abit Sabita
Abit Sabita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata

Kadang suka menganalisis suatu objek yang dilihat oleh mata dan apa yang didengar oleh telinga

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Inovasi Bisnis serta Aspek Pentingnya

9 November 2021   19:02 Diperbarui: 10 November 2021   12:50 842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat sebagian besar melakukan inovasi bisnis terhadap bisnis yang dijalankannya. Beberapa diantaranya menginovasikan apa yang sudah ada untuk lebih dikenal banyak orang dan meningkatkan penjualan, baik penjualan barang maupun jasa. Hingga saat ini tidak hentikan orang -orang melakukan inovasi dengan berbagai alasan. 

Menurut para ahli, inovasi merupakan contoh suatu kreatifitas, inisiatif yang kuat serta daya cipta mampu menghasilkan sesuatu secara materi lebih bagus jika dibandingkan dengan berbagai penemuan yang ada sebelumnya. Inovasi sendiri memiliki tujuan yakni menciptakan suatu kemudahan yang baru bagi kehidupan manusia melalui perkembangan maupun penemuan terbaru melalui ide - ide kreatif yang dapat diwujudkan dengan baik. 

Aspek-aspek Inovasi Bisnis

Dalam inovasi bisnis terdapat beberapa aspek penting yang sangat memungkinkan dilakukannya suatu inovasi, diantaranya :

  1. Produk 

Tujuan dari inovasi produk adalah meningkatkan fungsi, kualitas serta pengemasan produk supaya terlihat lebih menarik dan biaya operasional lebih rendah. Adanya inovasi bisnis dalam suatu jasa maupun produk yang sesuai dengan konsumen tentu akan lebih laku dipasaran sehingga akan meningkatkan peningkatan perusahaan. Produk menjadi salah satu penentu dalam inovasi suatu bisnis. 

  1. Pemasaran 

Pemaran merupakan suatau proses untuk menyusun komunikasi terpadu dengan tujuan memberi informasi terkait suatu layanan maupun produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai konsumen. Inovasi bisnis dalam pemasaran akan mendorong perkembangan suatu bisnis dan memperluas pasar.

  1. Pengelolaan konsumen 

Inovasi yang dapat dilakukan pada pengelolaan konsumen yakni melalui CRM atau Customer Relationship Management atau yang biasa disebut dengan manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan pelanggan ini merupakan suatau sistem informasi yang telah terintegrasi serta dapat digunakan untuk menjadwalkanm merencakan serta mengendalikan berbagai aktivitas penjualan dalam organisasi.

  1. Pelayanan 

Salah satu hal yang dipandang pembeli ketika menuju sebuah toko adalah pelayanan yang diberi. Tidak sedikit perusahaan besar yang justru tidak memberikan pelayanan yang baik untuk para konsumen, sehingga mengecewakan konsumen. Inovasi yang dapat dihadirkan dalam aspek pelayanan yakni after sales service yang mampu membuat kepuasan dalam diri konsumen meningkat serta mendorong konsumen melakukan repeat order. 

untuk meningkatkan progresifitas dalam berbisnis, seorang pengusaha haruslah mempunyai tujuan yang jelas ketika melakukan inovasi pada bisnis yang ditekuninya. berikut beberapa tujuan melakukan inovasi bisnis yang bisa menjadi inspirasi pembaca :

Tujuan Melakukan Inovasi Bisnis

  1. Menarik minat konsumen 

Inovasi dalam dilakukan dalam suatu bisnis dengan alasan untuk menarik konsumen datang dan menikmati bisnis yang telah diinovasikan. Terlebih dengan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin bertambah, membuat suatu perusahaan akan sulit berkembang jika tidak diinovasikan. Maka tidak heran jika pada beberapa perusahaan telah dilakukan inovasi produk maupun jasa yang diberikan kepada konsumen. 

  1. Persaingan bisnis ketat 

Bergelut di dunia bisnis bagaikan berkompetisi bersama. Beberapa dari mereka pemilik perusahaan berinovasi baik dari segi produk maupun pelayanan yang diberikan. Melalui hal tersebut tentu akan terjadi persaingan bisnis yang cukup ketat. Dalam kondisi bersaing yang ketat, tentu masing -- masing perusahaan harus berfikir lebih inovatif dan kreatif karena hak tersebut sangat penting agar tidak kehilangan konsumen. 

  1. Bisnis baru atau peluang usaha

Alasan melakukan inovasi bisnis berikutnya adakah adanya peluang bisnis usaha yang cukup menjanjikan bagi perusahaan. Ketika sedang melakukan inovasi dalam bisnis. Beberapa perusahaan akan mendapat peluang usaha baru yang dapat dikembangkan untuk tempat bisnis baru bagi pemilik untuk membuat keberadaan lebih banyak dikenal. 

  1. Meningkatkan kinerja dan kualitas 

Saat sedang berinovasi, setiap pemilik akan juga melalui tahapan berlajar atau proses pembelajaran secara tidak langsung. Disamping itu, dengan adanya inovasi dalam bisnis membuat perusahaan akan lebih banyak dikenal orang. 

Itulah beberapa aspek dan tujuan inovasi bisnis yang perlu dipahami oleh seorang perintis suatu bisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun