Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat sebagian besar melakukan inovasi bisnis terhadap bisnis yang dijalankannya. Beberapa diantaranya menginovasikan apa yang sudah ada untuk lebih dikenal banyak orang dan meningkatkan penjualan, baik penjualan barang maupun jasa. Hingga saat ini tidak hentikan orang -orang melakukan inovasi dengan berbagai alasan.Â
Menurut para ahli, inovasi merupakan contoh suatu kreatifitas, inisiatif yang kuat serta daya cipta mampu menghasilkan sesuatu secara materi lebih bagus jika dibandingkan dengan berbagai penemuan yang ada sebelumnya. Inovasi sendiri memiliki tujuan yakni menciptakan suatu kemudahan yang baru bagi kehidupan manusia melalui perkembangan maupun penemuan terbaru melalui ide - ide kreatif yang dapat diwujudkan dengan baik.Â
Aspek-aspek Inovasi Bisnis
Dalam inovasi bisnis terdapat beberapa aspek penting yang sangat memungkinkan dilakukannya suatu inovasi, diantaranya :
ProdukÂ
Tujuan dari inovasi produk adalah meningkatkan fungsi, kualitas serta pengemasan produk supaya terlihat lebih menarik dan biaya operasional lebih rendah. Adanya inovasi bisnis dalam suatu jasa maupun produk yang sesuai dengan konsumen tentu akan lebih laku dipasaran sehingga akan meningkatkan peningkatan perusahaan. Produk menjadi salah satu penentu dalam inovasi suatu bisnis.Â
PemasaranÂ
Pemaran merupakan suatau proses untuk menyusun komunikasi terpadu dengan tujuan memberi informasi terkait suatu layanan maupun produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai konsumen. Inovasi bisnis dalam pemasaran akan mendorong perkembangan suatu bisnis dan memperluas pasar.
Pengelolaan konsumenÂ
Inovasi yang dapat dilakukan pada pengelolaan konsumen yakni melalui CRM atau Customer Relationship Management atau yang biasa disebut dengan manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan pelanggan ini merupakan suatau sistem informasi yang telah terintegrasi serta dapat digunakan untuk menjadwalkanm merencakan serta mengendalikan berbagai aktivitas penjualan dalam organisasi.
PelayananÂ
Salah satu hal yang dipandang pembeli ketika menuju sebuah toko adalah pelayanan yang diberi. Tidak sedikit perusahaan besar yang justru tidak memberikan pelayanan yang baik untuk para konsumen, sehingga mengecewakan konsumen. Inovasi yang dapat dihadirkan dalam aspek pelayanan yakni after sales service yang mampu membuat kepuasan dalam diri konsumen meningkat serta mendorong konsumen melakukan repeat order.Â
untuk meningkatkan progresifitas dalam berbisnis, seorang pengusaha haruslah mempunyai tujuan yang jelas ketika melakukan inovasi pada bisnis yang ditekuninya. berikut beberapa tujuan melakukan inovasi bisnis yang bisa menjadi inspirasi pembaca :
Tujuan Melakukan Inovasi Bisnis
Menarik minat konsumenÂ
Inovasi dalam dilakukan dalam suatu bisnis dengan alasan untuk menarik konsumen datang dan menikmati bisnis yang telah diinovasikan. Terlebih dengan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin bertambah, membuat suatu perusahaan akan sulit berkembang jika tidak diinovasikan. Maka tidak heran jika pada beberapa perusahaan telah dilakukan inovasi produk maupun jasa yang diberikan kepada konsumen.Â
Persaingan bisnis ketatÂ
Bergelut di dunia bisnis bagaikan berkompetisi bersama. Beberapa dari mereka pemilik perusahaan berinovasi baik dari segi produk maupun pelayanan yang diberikan. Melalui hal tersebut tentu akan terjadi persaingan bisnis yang cukup ketat. Dalam kondisi bersaing yang ketat, tentu masing -- masing perusahaan harus berfikir lebih inovatif dan kreatif karena hak tersebut sangat penting agar tidak kehilangan konsumen.Â
Bisnis baru atau peluang usaha
Alasan melakukan inovasi bisnis berikutnya adakah adanya peluang bisnis usaha yang cukup menjanjikan bagi perusahaan. Ketika sedang melakukan inovasi dalam bisnis. Beberapa perusahaan akan mendapat peluang usaha baru yang dapat dikembangkan untuk tempat bisnis baru bagi pemilik untuk membuat keberadaan lebih banyak dikenal.Â
Meningkatkan kinerja dan kualitasÂ
Saat sedang berinovasi, setiap pemilik akan juga melalui tahapan berlajar atau proses pembelajaran secara tidak langsung. Disamping itu, dengan adanya inovasi dalam bisnis membuat perusahaan akan lebih banyak dikenal orang.Â
Itulah beberapa aspek dan tujuan inovasi bisnis yang perlu dipahami oleh seorang perintis suatu bisnis.Â