PENERAPAN TEKNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KENOWLADGE (TPACK) MELALUI PEMBELAJARAN KONTEN ATAU APLIKASI CANVA Â MENJADI DAYA DUKUNG PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INOVATIF BERDASARKAN KARAKTERISTIK SISWA
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ?Â
Kondisi Latar Belakang PPL1 yang menjadi latar belakang masalah, proses pembelajaran akibat dampak dari covid-19 yang semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dan sekarang kembali ke pembelajaran tatap muka memberikan pengaruh terhadap ketertarikan peserta didik dalam belajar. Peserta didik cenderung kurang aktif bahkan menjadi lebih pasif, peserta didik juga terlihat malas dan tidak simpatik terhadap pemebalajaran yang dilakukan oleh pendidik. Hal ini juga didukung dengan masalah --masalah antara lain :
- Pemahaman guru terhadap model -- model pembelajaran kurang.
- Kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi guru terhadap model pembelajaran.
- Waktu untuk menyiapkan pembelajaran inovatif membutuhkan persiapan lebih banyak dan lama.
- Guru kurang menstimulus siswa untuk menemukan masalah sendiri yang ada pada materi pembelajaran
- Guru memerlukan pendampingan penerapan model pembelajaran inovatif.
- Guru kurang memanfaatkan model -- model pembelajaran inovatif didalam pembelajaran
- Pentingnya praktik pembalajaran
- Minat belajar siswa rendah, karena mata pelajaran PPKn dianggap membosankan
- Daya dukung peserta didik rendah dan keaktifan peserta didik masih kurang
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yaitu siswa yang kurang fokus belajar dan Guru belum mengoptimalkan penggunaan teknologi pembelajaran atau penerapan TPACK Â yang tepat untuk pembelajaran, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri menjadi yang baik juga diharapkan bisa sedikit berbagi pengalaman bagi rekan guru lain
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?
Peran dan Tanggung Jawab saya dalam praktik, saya yang berperan sebagai guru praktik mempunyai tanggung jawab supaya siswa fokus praktik dan dapat melakukan proses praktik ini secara efektif dan yang terpenting aman, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang variatif dan inovatif sehingga tujuan praktik dan hasil belajar praktik siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Â
- Penggunaan metode dan model pembelajaran yang inovatif dan tepat bagi peserta didik sesuai dengan materi yang akan dipelajari
- Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
- Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
- Pengambilan video pembelajaran pada aksi 1 terkendala dengan adanya kegiatan class metting.
- Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut
- Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas
Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar
Adapun yang terlibat dalam mencapi tujuan tersebut adalahÂ
- Guru yang menjadi fasilitator.
- Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
- Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
- Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.