Eksplorasi Konsep Modul 3.1 - Tugas Mandiri
Pengambilan dan Pengujian Keputusan
Dalam studi kasus ini, saya memiliki murid bernama Nana, seorang murid yang cerdas dan selalu mendapatkan nilai bagus, tetapi jarang masuk sekolah. Saya akan terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan:
- Nilai-nilai yang saling bertentangan:
- Tanggungjawab: Nana memiliki tanggungjawab untuk hadir di sekolah dan mengikuti proses pembelajaran.
- Kedisiplinan: Kedisiplinan mengharuskan Nana untuk mematuhi aturan dan rutinitas sekolah, termasuk kehadiran.
- Siapa yang terlibat:
- Nana: Murid yang jarang masuk sekolah.
- Guru: Bertanggung jawab untuk mengelola kehadiran dan pembelajaran siswa.
- Fakta-fakta relevan:
- Nana cerdas dan mendapatkan nilai bagus.
- Nana jarang masuk sekolah.
    4. Pengujian benar atau salah
      - Uji legal: Tidak ada pelanggaran hukum yang terlihat dalam situasi ini.
      - Uji regulasi:Pelanggaran kode etik profesi guru: Guru mungkin harus menghormati hak dan kesejahteraan muridnya serta             berkomunikasi dengan orang tua tentang ketidakhadiran Nana.
      - Uji intuisi: Intuisi saya mengatakan ada yang salah dalam situasi ini karena ketidakhadiran Nana dapat memengaruhi                   pembelajaran dan interaksi sosialnya.
      - Uji publikasi: Jika keputusan saya dipublikasikan, saya merasa nyaman karena saya hanya memberikan analisis berdasarkan            fakta dan prinsip.
      - Keputusan panutan/idola: Panutan/idola mungkin akan menekankan pentingnya kehadiran dan kedisiplinan dalam                    pendidikan.
   5. Paradigma dilema etika: Paradigma yang terjadi adalah keadilan vs. kasihan.
   6. Prinsip penyelesaian dilema: Prinsip tanggungjawab mungkin akan dipakai.
    7. Investigasi opsi trilemma: Mungkin ada solusi kreatif yang belum terpikir sebelumnya, seperti mengadakan kelas tambahan            atau pendekatan individual.
    8. Keputusan saya:
- Saya akan menekankan pentingnya kehadiran dan kedisiplinan kepada Nana serta berkomunikasi dengan orang tua untuk memahami alasan ketidakhadirannya.
    9. Refleksi
- Penting bagi kita sebagai pendidik untuk selalu mempertimbangkan nilai-nilai kebajikan dan kesejahteraan siswa dalam menghadapi dilema etika.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H