Mohon tunggu...
Abdillah Wicaksono
Abdillah Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Bhayangkara

Hobi saya membuat fake skenario sebelum tidur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Positif pada Remaja

28 Juni 2024   17:09 Diperbarui: 28 Juni 2024   17:42 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini didasari oleh kesadaran bahwa pembentukan sikap dan perilaku sosial yang positif sama pentingnya dengan pencapaian akademik. Dalam era globalisasi dan digitalisasi, remaja menghadapi berbagai tantangan dalam perkembangan sosial mereka, sehingga pendidikan karakter menjadi semakin krusial.

Latar Belakang

Remaja merupakan fase penting dalam perkembangan manusia, di mana individu mengalami berbagai perubahan fisik, kognitif, dan sosial-emosional (Steinberg, 2017). Pada fase ini, pembentukan identitas dan nilai-nilai pribadi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, termasuk keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pendidikan karakter bertujuan untuk membantu remaja mengembangkan nilai-nilai etika dan moral yang akan membimbing sikap dan perilaku sosial mereka (Lickona, 2009).

Peran Pendidikan Karakter:

Pendidikan karakter tidak hanya berfokus pada pengajaran nilai-nilai moral, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial-emosional yang penting. Beberapa aspek yang ditekankan dalam pendidikan karakter meliputi:

1. Empati dan kepedulian sosial

2. Tanggung jawab dan integritas

3. Toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman

4. Kerjasama dan kemampuan berkolaborasi

5. Resolusi konflik dan manajemen emosi

Penelitian yang dilakukan oleh Durlak et al. (2011) menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial-emosional remaja, mengurangi perilaku bermasalah, dan meningkatkan prestasi akademik.

Implementasi Pendidikan Karakter:

Implementasi pendidikan karakter yang efektif memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan berbagai pihak:

1. Sekolah: Integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.

2. Keluarga: Dukungan serta contoh positif dari orang tua dan anggota keluarga lainnya.

3. Masyarakat: Keterlibatan dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat.

4. Media: Penggunaan media secara positif untuk mempromosikan nilai-nilai karakter.

Berkowitz dan Bier (2007) menekankan pentingnya konsistensi dan keberlanjutan dalam implementasi pendidikan karakter untuk mencapai hasil yang optimal.

Tantangan dan Solusi:

Meskipun pendidikan karakter memiliki potensi besar dalam membentuk sikap dan perilaku sosial positif, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya:

1. Kurangnya dukungan sistematis dari institusi pendidikan

2. Keterbatasan waktu dan sumber daya

3. Pengaruh negatif dari media dan lingkungan sosial

Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan kolaborasi yang erat antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, pengembangan program pendidikan karakter yang inovatif dan relevan dengan konteks sosial-budaya remaja juga penting (Nucci et al., 2014).

Kesimpulan:

Pendidikan karakter memiliki peran vital dalam membentuk sikap dan perilaku sosial positif pada remaja. Melalui pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, pendidikan karakter dapat membantu remaja mengembangkan keterampilan sosial-emosional yang diperlukan untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif.

Daftar Pustaka:

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2007). What works in character education. Journal of Research in Character Education, 5(1), 29-48.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The impact of enhancing students' social and emotional learning: A meta‐analysis of school‐based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (Eds.). (2014). Handbook of moral and character education. Routledge.

Steinberg, L. (2017). Adolescence. McGraw-Hill Education.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun