Waktu         : 31 Agustus -- 2 September 2023
Rapat Kerja adalah ajang untuk membedah persiapan untuk program kerja yang akan dilaksanakan satu tahun ke depan. Dengan Rapat Kerja diharapkan semua elemen organisasi dapat merencanakan kegiatan yang akan dilakukan dan mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan Rapat Kerja di Fakultas dimulai dengan membuat evaluasi kinerja yang sudah dilakukan pada periode satu tahun yang lalu. Kemudian, dari evaluasi tersebut akan dirancang kegiatan satu tahun ke depan.
Program studi yang ada di fakultas berjumlah 13, terdiri dari 12 Program Studi Sarjana, dan satu Program Pendidikan Profesi. Pendidikan Profesi merupakan program khusus yang menangani pendidikan guru profesional yang menjalankan program-program Pendidikan profesi bagi guru Dalam Jabatan (Daljab) maupun Pra Jabatan (Prajab) yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pendidikan Sarjana terdiri dari empat rumpun besar yaitu: Ilmu Pendidikan; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; dan Pendidikan Bahasa.
Rumpun Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan Bimbingan & Konseling. S1 PGSD dan S1 BK sudah terakreditasi Unggul berdasarkan Akreditasi LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan). S1 PG PAUD terakreditasi B oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).Â
Sedangkan Rumpun Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial terakreditasi Unggul pada Program Studi Sarjana Pendidikan Ekonomi, Terakreditasi A pada Program Studi Sarjana Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah. Rumpun Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terakreditasi A pada Program Studi Sarjana Pendidikan Biologi, dan terakreditasi B pada Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika. Sedangkan Rumpun Pendidikan Bahasa terakreditasi A pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, terakreditasi Unggul pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan B pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.
Pendidikan Profesi Guru memiliki program yang terkoordinasi dengan pemerintah. Memerlukan dosen dari fakultas untuk mengajar di program tersebut, yang mengajar guru-guru atau calon guru professional. Demikian pula untuk mendorong kuantitas mahasiswa peserta program profesi guru, Koordinator PPG menyarankan agar para lulusan baru mendaftarkan diri ke program Pendidikan Profesi Guru di situs yang disediakan pemerintah, agar berdampak pada kuota peserta PPG di universitas ini.
Program Sarjana Pendidikan Bahasa Jepang sedang berproses untuk meningkatkan jenjang jabatan fungsional dosen ke Lektor Kepala pada tahun ini. Selain itu juga mendorong mahasiswa untuk berkesempatan magang ke negara Jepang, periode tahun lalu sudah memberangkatkan 6 mahasiswa melaksanakan Magang MBKM Mandiri di Kota Hiroshima.Â
Oleh karena itu untuk ke depan akan melanjutkan dan kalau bisa menambah jumlah mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang di negeri Matahari Terbit tersebut. Selain itu, akan membimbing mahasiswa untuk berkompetisi dalam PKM secara nasional (Program Kreativitas Mahasiswa). Beberapa program unggulan akan terus dilanjutkan, sepanjang masih relevan dengan kebutuhan seperti Haru Matsuri, pelatihan JLPT. Paten dan kekayaan intelektual di program masih kurang tergali dengan baik.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada periode lalu sudah melaksanakan penelitian dan publikasi internasional oleh ketua program studi, dan memiliki hibah pendanaan dari APBN juga atas nama ketua program studinya. Perlunya dikembangkan lembaga pembelajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing, di tingkat fakultas, agar dapat menambah jumlah mahasiswa asing di program tersebut. Sedangkan untuk paten dan kekayaan intelektual sudah ada beberapa, yang dihasilkan secara mandiri oleh para dosen di program ini.
Pendidikan Bahasa Inggris memandang perlu untuk program kunjungan sekolah, ataupun kunjungan siswa ke fakultas/program studi. Ditunjang oleh keberadaan alumni yang menjadi guru di berbagai sekolah di Jabodetabek. Program studi merasakan bahwa pembahasan secara lebih rinci untuk persiapan kelas unggulan atau kelas internasional perlu dilaksanakan.Â
Sehingga program ini dapat dijalankan dengan tertib, serta juga menjajaki bagaimana pelaksanaan double degree/joint degree dengan perguruan tinggi mitra luar negeri. Paten dan Registrasi Kekayaan Intelektual dirasakan masih kurang dimiliki oleh dosen program studi. Bisa dijajaki untuk mengundang sekolah-sekolah Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), yang menyelenggarakan kurikulum internasional, pada suatu acara gathering dengan bekerja sama dengan Biro Promosi dan Admisi di Uhamka.
Pendidikan Ekonomi perlu menambahkan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional, dengan kreatifitas kegiatan saat memiliki anggaran rendah tetapi mengharapkan hasil yang maksimal.
Pendidikan Geografi telah menyelesaikan proses akreditasi LAMDIK. Program kerja selanjutnya akan mendorong terjadinya pembelajaran secara Project based Learning, sebagai bagian dari kekhasan program studi yang memiliki kekhasan tertentu. Jurnal Program Studi akan diharapkan dikelola dengan lebih profesional, dan memintakan contribution fee bagi author yang hendak menulis di jurnal tersebut.
Pendidikan Sejarah memiliki kekhasan dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan Pemandu Wisata, bekerja sama dengan lembaga sertifikasi. Jumlah publikasi yang disitasi, milik mahasiswa, sudah ada yang cukup menonjol. Namun merasakan kekurangan pada Paten maupun registrasi kekayaan intelektual oleh dosen program studi. Konsistensi dalam pelaksanaan Seminar Bulanan Dosen merupakan wadah untuk menjaga suasana akademik di program studi.
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki dosen yang sudah menjadi tenaga ahli di kementrian, memiliki paten dan registrasi kekayaan intelektual, keterlibatan mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai pemerintah, pada dua judul. Pada program ini diperlukan dorongan untuk menambah jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan MBKM flagship kementrian, selain itu juga diperlukan dorongan untuk menambah jumlah mahasiswa lulus lewat jalur publikasi, serta meminimalisasi jumlah mahasiswa yang putus kuliah. Perlu pendekatan yang komprehensif.
Bimbingan Konseling memiliki peningkatan jumlah mahasiswa yang lulus lewat jalur publikasi, dalam pelaksanaan kegiatan program studi berkaca pada orientasi pasar target mahasiswa. Merencanakan terlaksananya seminar atau konferensi internasional oleh program studi, walaupun memiliki anggaran yang minimalis. Dengan kolaborasi berbagai pihak, hal itu bukan hal yang tidak mungkin. Ketika Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di tingkat universitas belum terbentuk, sebagai komitmen pihak program studi membuka hotline pengaduan yang dapat diakses pada Instagram @labbkuhamka.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar melaksanakan pembinaan dosen dan mahasiswa yang jumlahnya paling besar, dibanding program studi lainnya. Satu posisi yang sedang diincar adalah memperoleh dana penelitian dosen dari luar. Memiliki jurnal program studi yang sudah terakreditasi Sinta 3. Belum menarik pembayaran bagi yang mau terbut di jurnal tersebut. Telah terlaksana Seminar Bulanan Dosen untuk merawat kultur akademik kelembagaan.
Pendidikan Fisika memiliki publikasi dosen di jurnal internasional, mendorong penerbitan buku ber-ISBN bagi para dosen di program studi. Membangun kepakaran dosen menjadi salah satu target yang akan dicapai ke depan. Sedang berusaha menambah variable keanggotaan dalam Masyarakat ilmiah internasional. Laboratorium Fisika akan membuat program OPEN LAB. Sehingga bisa mengundang guru dan siswa sekolah menengah untuk berkunjung, sebagai bagian dari promosi dan pengembangan program studi.
Pendidikan Matematika mengalami penurunan jumlah mahasiswa yang signifikan. Mengkaji ulang jati diri untuk persiapan akreditasi.
Pendidikan Biologi merasakan pentingnya program BIO FAIR, sebagai sarana untuk promosi mengenalkan program studi kepada siswa-siswa sekolah menengah, dengan mengundang mereka hadir pada kegiatan tersebut. Pendidikan Biologi juga menambah jumlah dosen doctoral, serta aktif dalam hibah PKM, Magang BRIN, Magang MBKM Flagship kementrian, memiliki Desa Binaan dan sudah ada Dosen yang memproses Paten/registrasi kekayaan intelektual.
UPT PLP mengelola kegiatan pengiriman mahasiswa ke sekolah, dibantu oleh dua staf magang dari mahasiswa aktif. Kendala yang muncul adalah awal pelaksanaan (sekolah mengharapkan mahasiswa datang pada awal persekolahan), dan permintaan mahasiswa datang dari beragam program studi (umumnya fakultas menyiapkan mahasiswa dari program studi yang sama). Sangat dimungkinkan apabila UPT ini juga menangani Program MBKM dengan penambahan pekerjaan yang berdampak pada penambahan staf, serta juga bertanggung jawab terhadap pelaksanaan student mobility secara inbound maupun outbound).
UPT Lab. Micro teaching menyediakan ruangan-ruangan yang dapat digunakan untuk praktek pembelajaran. Dibantu oleh dua staf magang (sudah lulus S1). Bisa dimanfaatkan oleh dosen untuk berbagai kegiatan yang memerlukan media seperti yang sudah disediakan. Memungkinkan untuk disewakan kepada pihak ketiga, dengan ketentuan dari Uhamka.
UPT Lab. IPS terdiri dari 3 laboratorium yaitu Geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Laboran dari Geografi seorang mahasiswa aktif. Laboran Pendidikan Ekonomi mengalami kecelakaan, belum masuk lagi sampai saat ini.
UPT Workshop Matematika memfasilitasi matakuliah Workshop Matematika, membantu progres mahasiswa yang mengikuti Program MBKM, serta menyelenggarakan bantuan pengolahan data statistic, serta training of trainers bagi dosen Pendidikan Matematika.
UPT Lab. Ilmu Pendidikan memiliki koleksi buku dan media-media pembelajaran yang diciptakan oleh mahasiswa PGSD. Menjadi tempat yang diminati oleh mahasiswa dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah, bahkan sampai selesai jam kerja. Dibantu oleh mahasiswa magang. Perlu pendataan media pembelajaran, semisal, membuat koleksi media secara digital. Buku-buku sumbangan mahasiswa berlimpah, bisa disumbangkan ke perpustakaan atau mitra sekolah.
UPT Lab. Bahasa (Inggris) menyelenggarakan pelatihan dan tes prediksi TOEFL. Sudah memiliki handout (belum tercantum nama pengarangnya).
UPT Lab. IPA Â terdiri dari Lab IPA SD, Lab. Fisika, dan Lab. Biologi. Melaksanakan praktikum IPA, Fisika, dan Biologi sesuai kebutuhan kurikulum. Posisi di lantai atas kurang signifikan karena adanya aspek hazard pada pengelolaan lab., dan tidak adanya wastafel (saluran air), yang merupakan hal yang sangat vital bagi Lab. IPA. Akan menyelenggarakan pelatihan guru-guru maupun laboran sekolah-sekolah, sebagai bagian promosi. Semisal pada manajemen laboratorium sekolah.
UPT Lab. BK melaksanakan tes psikologis bekerja sama dengan sekolah-sekolah, memberikan layanan konseling secara daring maupun luring. Mengharapkan adanya program placement test bagi mahasiswa BK, untuk mempermudah dalam proses pembelajaran di program studi. Membuka program pelatihan keterampilan konseling bagi mahasiswa/umum yang berminat.
UPT Workshop Sanggar Seni memiliki sanggar yang digunakan Bersama oleh FKIP dan organisasi kemahasiswaan. Tidak memiliki ruangan Kepala UPT, tidak ada CCTV di Sanggar, dan sarana audio visual yang masih kurang.
Kepemimpinan Tata Usaha beralih dari Pak ADM Â Pak SM . Patah tumbuh hilang berganti, semoga bisa tetap kompak di musim perubahan (anggaran mengecil) ini.
Demikian catatan ini saya buat, mohon Bapak/Ibu tambahkan atau koreksi jika masih ada kekurangan.
Jakarta, 5 September 2023
Wassalam.
Purnama Syae Purrohman
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H