Mohon tunggu...
Ambar
Ambar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Student/Lecturer Assistant/Content Creator

It's me! Semoga setelah ini rajin menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi dalam Pembuatan APE

8 November 2021   13:13 Diperbarui: 8 November 2021   13:29 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloooo, apa kabar semuanyaa

Kali ini kita akan membahas tengang evalusi dalam pembuatan APE untuk anak usia dini

Alat permainan edukatif atau APE adalah sebuah sumber atau media pembelajaran yang dapat digunakan dalama pembelajaran pada anak usia dini, tidak terlepas dari fungsi dan juga kegunaan APE itu sendiri.

Adapun beberapa fungsi dari alat permianan edukatif atau APE, yaitu,

1. Mengembangkan dan juga menstimulus aspek- aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini

2. Membantu kegiatan belajar mengajar yang terjadi pada anak usia dini dengan proses yang menyenangkan dan dapat meningkatkan aspek- aspek perkembangan pada anak

3. Menumbuhkan dan mengambangkan hubungan yang harmonis dan komunikatif pada anak dengan lingkungannya

Kemuadian adalah evaluasi yang efektifitas dalam pembuatan alat permianan edukatif, yaitu,

1. Penggunaan APE atau alat permainan  edukatif sebagai media pembelajaran

APE atau alat permainan edukatif pada anak usia dini memiliki banyak sekali manfaat, karena APE dapat digunakan sebagai sumber media dan media pembelajaran yang dapat membantu dalam memberikan kemudahan pada anak dan juga pendidik, dengan menggunakan alat permainan edukatif pembelajaran dapat berlangsung secara menyenangkan, menarik dan membuat anak aktif dalam melakukan pembelajaran.

APE juga dapat memberikan peluang yang besar dalam memaksimalkan proses pembelajaran, karena anak dapat mengingat lebih lama, bermain sambil belajar yang menyenangkan, memperbesar minat dan bakat anak dalam proses pembelajaran.

2. Evaluasi media pembelajaran anak usia dini

Konsep evaluasi dalam pembelajaran pada anak usia dini adalah evaluasi yang merujuk pada sarana yang digunakan untuk mengukur kinerja siswa, evaluasi media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai sebuah proses dalam merencanakan, memperoleh data, dan juga menyediaakan sebuah informasi yang diperlukan dalam pengambilan sebuah keputusan.

Berikut adalah beberapa komponen dalam sebuah evaluasi, yaitu

  1. Memilih hal- hal yang perlu di evaluasi, kemudian menentukan siapa yang akan di evaluasi, dalam situasi apa evaluasi akan dilakukan
    Menentukan tujuan dari evaluasi secara jelas, mengetahui alasan mengapa mengadakan evaluasi dan manfaat apa yang dapat ditarik dari kegiatan evaluasi tersebut
  2. Menentukan bagaimana cara untuk memperoleh data- data evaluasi
  3. Mengetahui kegunaan dari evaluasi yang telah dilakukan
  4. Menyatakan tujuan evaluasi dengan jelas
  5. Melakukan tindak lanjut setelah evaluasi

3. Prinsip- prinsip dan tujuan evaluasi media pembelajaran anak usia dini

Berikut adalah prinsip- prinsip evaluasi media pembelajaran sesuai dengan tujuan dari alat permainan edukatif, yaitu,
* kajian efektifitas dari media pembelajaran
* kajian terhadap perbandingan biaya dan dampak dari media pembelajaran terhadap hasil dari belajar atau pembelajaran siswa
* kajian terhadap seberapa besar sumbangsih media pembelajaran terhadap hasil belajar
* kajian terhadap media pembelajaran apakah sudah tepat untuk menjebatani proses belajar
* menelaah bagaimana respon dari peserta didik

4. Prosedur evaluasi

Berikut adalah tahapan prosedur dalam evaluasi media pembelajaran pada anak usia dini, yaitu

Tahapan evaluasi media, dimana terdapat langkah- langkah sebagai berikut, yaitu, menjelaskan kepada siswa tentang perancangan media pembelajaran baru, kemudian sampaikan kepada siswa, jika anak melakukan kesalahan dalam penggunaan media pembelajaran, maka anak dapat memperbaikinya, dan bukan berarti mereka melakukan sebuah kesalahan, kemudia mengusahakan agar siswa tetap rileks dan bebas dalam mengungkapkan pendapat, memberikan tes pada siswa, menyajikan media pembelajaran kepada para siswa, melakukan tes dan menganalisis hasil dari tes tersebut

Tahap evalusasi pembelajaran, yang pertama adalah guru melaksanakan penilaian yang mengacu pada kemampuan indicator yang harus dicapai oleh anak, kemudian mencatat hasil dari penilaian harian yang telah dilaksanakan dan hasil catatan yang ada pada rencana kegiatan harian.

Itulah tadi penjelasan tentang cara- cara dalam mengevaluasi dalam pengembangan APE atau alat permianan edukatif

Semoga bermanfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun