Mohon tunggu...
Ameilia Maharani
Ameilia Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Efektivitas Pemasaran Digital dalam Membangun Brand Image pada UMKM

16 Januari 2024   19:40 Diperbarui: 16 Januari 2024   22:29 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

ABSTRAK

Kemajuan teknologi telah memberikan peluang baru bagi UMKM untuk memperluas pasar dan memperkuat posisi brand image mereka. Hal ini sangat dipengaruhi oleh peran pemasaran digital dalamm usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membangun brand image dan berinteraksi dengan konsumen. 

Dengan menerapkan teknologi seperti pemasaran melalui media sosial, email, influencer, platform e-commerce, periklanan kreatif, dan penggunaan iklan video, UMKM dapat mengoptimalkan efektivitas pemasaran digital untuk meningkatkan brand image produk,, serta meningkatkan daya saing dan jual produk UMKM.

Kata Kunci : Pemasaran Digital, Brand Image, UMKM.

ABSTRACT

 Technological advances have provided new opportunities for MSMEs to expand their markets and strengthen their brand image position. This is greatly influenced by the role of digital marketing in micro, small and medium enterprises (MSMEs) to build brand image and interact with consumers. By applying technology such as marketing via social media, email, influencers, e-commerce platforms, creative advertising, and the use of video advertising, MSMEs can optimize the effectiveness of digital marketing to improve product brand image, as well as increase the competitiveness and sales of MSME products.

Keywords: Digital Marketing, Brand Image, MSMEs.

 PENDAHULUAN

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi. UMKM tidak hanya berkontribusi pada stabilitas perekonomian Indonesia, tetapi juga membuktikan bahwa UMKM dapat bertahan dalam menghadapi krisis global. Selain itu, UMKM dapat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan menyerap tenaga kerja dalam kapasitas yang besar.

Tentunya sebelum sebuah UMKM melakukan pemasaran, terlebih dahulu  harus memiliki brand. Brand adalah nama, istilah, symbol, desain, atau fitur lain apapun yang membedakan barang atau jasa penjual dari penjual lainnya.

Dalam membangun brand, UMKM perlu fokus pada positioning yang kuat. Brand dapat dipositioningkan dengan menempatkan posisinya secara spesifik dibenak konsumen. Menempatkan semua aspek brand value secara konsisten menjadi prioritas dibenak konsumen. Yang kedua, UMKM harus memiliki brand value yang tepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun