Program magang dan penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan peluang besar bagi mahasiswa Indonesia untuk terjun langsung ke dunia kerja. Â Tujuan dari magang MBKM adalah untuk mengembangkan keterampilan teknis, memperdalam pemahaman lapangan, dan mempersiapkan mahasiswa agar lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.Â
Sebagai bagian dari inisiatif ini, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil turut ambil bagian dalam program magang MBKM di PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Universitas Pembangunan "Veteran" Jawa Timur juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman industri nyata kepada mahasiswanya melalui program ini. PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Seksi II Paket 2.2 menjadi salah satu pilihan tempat magang yang menarik, dengan lokasi di Jl. Ring Road Barat No. 35, Sleman, Yogyakarta. Proyek yang dikelola oleh PT Jogjasolo Marga Makmur ini bukan hanya menjadi sarana penting dalam meningkatkan konektivitas wilayah, tetapi juga diharapkan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's) 17, yaitu "Kemitraan untuk Mencapai Tujuan". Melalui program magang ini, mahasiswa mendapat kesempatan terlibat langsung dalam proyek konstruksi strategis, yang tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur fisik tetapi juga pada penerapan prinsip keberlanjutan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan SDG's.Â
Kami Hernawan Bachtiar Ramadhan dan Deby Lelita Maryuni, mahasiswa program studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Sains, berkesempatan mengikuti magang di Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogya-NYIA Kulon Progo Seksi 2 Paket 2.2. Program magang ini berlangsung selama 4 bulan, mulai dari 17 September 2024-31 Desember 2024, dengan jam kerja dari pukul 09.00-17.00. Kegiatan ini didampingi oleh pembimbing lapangan Muchammad Rivaldi Ardans dan Gibran Satria Samudra.
Dengan kesempatan terlibat dalam proyek ini khususnya pada divisi engineering, kami dapat memperoleh pengalaman yang  berharga, baik dari segi keilmuan maupun keterampilan teknis. Pengalaman ini meliputi:
Mencatat Cycle Time Truk Molen dalam Pengecoran Pile Cap
Kami bertanggung jawab untuk mencatat cycle time truk molen yang memasok beton dalam pengecoran salah satu pile cap yang berlangsung selama 16 jam. Pencatatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa siklus pengiriman beton berjalan lancar dan tepat waktu, tanpa penundaan yang dapat mengganggu proses konstruksi lainnya.
Tugas ini tidak hanya mengoptimalkan pengelolaan waktu pengiriman material tetapi juga mendukung efisiensi dalam penggunaan sumber daya proyek. Dengan mencatat cycle time, tim bisa memetakan kebutuhan beton dengan lebih akurat, sehingga mempercepat penyelesaian proyek. Ini merupakan salah satu cara konkret dalam mendukung SDG's ke-9 yang fokus pada pembangunan infrastruktur yang andal dan berkelanjutan.
Perhitungan Volume dan Kedalaman Sheetpile
Kami bertugas menghitung volume dan kedalaman sheetpile pada untuk area pekerjaan jalan tol di jalan Ring Road Barat. Perhitungan ini bertujuan agar struktur perkerasan jalan di Ringroad tetap stabil dan tidak mengalami pergeseran atau ambruk ke area galian. Ini adalah bagian penting dalam mengamankan struktur pondasi dan memastikan keselamatan pada area pembangunan.
Selain itu, kami juga melakukan perhitungan volume kebutuhan aspal untuk jalan Ring Road Barat pada jalan sisi utara dan selatan. Hal ini diperlukan untuk menyambungkan jalur percepatan dan perlambatan di Ring Road Barat, yang akan menjadi jalur utama bagi pilar jalan tol yang ditinggikan. Dengan melakukan perhitungan yang cermat, divisi ini dapat memperkirakan kebutuhan material secara akurat, mengurangi pemborosan, dan menghemat biaya, hal ini merupakan langkah yang mendukung SDG's 12 tentang Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.
Desain dan Perhitungan Volume Bearing Pad, Angkur, dan Expansion Joint
Selanjutnya, kami juga terlibat dalam perhitungan desain dan volume bearing pad, volume angkur, dan expansion joint pada gelagar dan pilar Elevated Main Road, termasuk jalur ramp on dan ramp off. Tugas ini memerlukan ketelitian tinggi, sebab struktur yang tepat akan mendukung ketahanan dan stabilitas jalan tol secara keseluruhan.
Pengecekan dimensi struktur lain dari gambar kerja ke data excel, seperti bored pile, pile cap, kolom, dinding abutment, dan pier head, juga menjadi bagian dari tugas saya di divisi ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan semua elemen struktural dibangun sesuai desain dan spesifikasi yang telah direncanakan.
Verifikasi Volume Lapangan
Kami bertugas melakukan monitoring terhadap kesesuaian volume rencana dengan volume aktual di lapangan, salah satunya yaitu volume rambu pekerjaan. Aktivitas ini sangat penting untuk memastikan akurasi penghitungan material yang digunakan dalam proyek. Dengan mencocokkan antara rencana dan hasil nyata di lapangan, divisi ini dapat menghindari pemborosan material dan memastikan transparansi dalam penggunaan sumber daya.
Program magang ini telah memberikan kami kesempatan berharga untuk terlibat langsung dalam berbagai aspek konstruksi yang nyata dan kompleks, sekaligus memperdalam pemahaman tentang pentingnya kerja sama dan koordinasi antar divisi dalam mencapai hasil yang maksimal. Dengan pengalaman ini, kami tidak hanya belajar mengenai aspek teknis konstruksi, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai keberlanjutan dan efisiensi yang relevan dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's). Kami berharap pengalaman ini menjadi bekal yang kuat untuk karier kami di masa depan dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H