Tugas dan Peran Pemimpin dalam Perusahaan
Sosok pemimpin masa depan secara umum adalah orang yang memiliki kompetensi sebagai pemimpin, mampu menaungi semua orang di dalam tim, mampu menggerakkan orang lain hingga bisa mencetuskan ide-ide serta gagasan kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan.jiwa dan kemampuan dari seorang pemimpin juga diperlukan untuk membawa perusahaan menjadi lebih produktif dan inovatif. Tak mudah memang, tapi seorang pemimpin tentunya sudah melewati hierarki yang panjang hingga akhirnya sampai pada jenjang ini.
Karakteristik dan Kompetensi Pemimpin Masa Depan
Mengingat ada banyak tugas dan tanggung jawab yang perlu dikerjakan seorang pemimpin, maka ada beberapa karakteristik dan kompetensi yang perlu dimiliki pemimpin demi bisa mengembangkan perusahaan. Karakteristik dan kompetensi pemimpin masa depan itu.
Memiliki Jiwa pemimpin dan Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi
Memiliki jiwa pemimpin yang melayani atau kepemimpinan yang agile merupakan pondasi awal yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tak jarang, seseorang menjadi pemimpin, namun tidak memiliki jiwa pemimpin. Memiliki jiwa pemimpin serta tanggung jawab yang tinggi dibutuhkan agar pemimpin dalam perusahaan dapat dapat menjadi navigator perubahan yang membawa perusahaan melaju ke arah yang lebih baik setiap waktu.Â
Tanggung jawab yang besar harus dimiliki mengingat tak hanya sumber daya manusia saja yang diayomi, namun nama besar perusahaan ikut serta di balik tugas pemimpin. Selain itu, pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi karyawannya. Etos kerja yang tinggi, disiplin, serta kejujuran merupakan contoh yang baik bagi karyawan, sehingga suasana kerja akan selalu positif serta penuh semangat.
Menempatkan sumber daya manusia sesuai kapasitasnya
Tugas lain dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan adalah merekrut orang-orang yang memiliki kualitas untuk mampu seiring sejalan mengembangkan perusahaan. Tentunya proses melakukan seleksi rekurtment dan tenaga kerja dilakukan secara sinergi dengan divisi manager (HRD). Penempatan tiap-tiap sumber daya manusia di dalam perusahaan sungguh harus diperhatikan dan ditentukan sesuai kapasitas tiap-tiap orang. Pendelegasian tugas yang tepat akan dapat membangun performa tim kerja dengan lebih baik lagi.Â
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menguasai seni delegasi. Karena hal ini berhubungan dengan proses kerja yang sistematis, terarah, dan tentunya menjadi lebih produktif. Akan menjadi kacau jika seseorang dengan skill akuntansi ditempatkan di bagian operator alat produksi, sementara bagian operator alat produksi malah mendapatkan tugas mengerjakan bagian akuntansi.
Menciptakan Inovasi dan Gagasan Baru
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan bisa mencapai target-target yang lebih baik. Maka dari itu, diperlukan perencanaan yang matang dalam menetapkan dan merancang langkah untuk mencapai setiap setiap target. Di sinilah pentingnya peranan pemimpin dalam pengembangan perusahaan melalui inovasi dan berbagai gagasan baru. Terlebih, pesaing semakin banyak sehingga para pemimpin berlomba-lomba menciptakan inovasi yang lebih baik dari perusahaan pesaing.Â
Tugas pemimpin pun menjadi bertambah dengan adanya target untuk memajukan perusahaan serta ikut serta menyejahterakan sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu pemimpin perlu memiliki strategi kerja produktif yang mampu mendorong karyawan agar bergerak bersama untuk mencapai tujuan perusahaan yang lebih maju.
Menyelesaikan Masalah di Perusahaan
namanya masalah bisa saja terjadi, baik masalah yang terjadi di internal maupun eksternal perusahaan. Masalah bisa timbul dari karyawannya sendiri ataupun dari produk / jasa yang dijual oleh perusahaan. Jika sudah timbul masalah harus segera diselesaikan, agar tidak mengganggu stabilitas perusahaan. Dalam hal ini, pemimpin memiliki tugas dan peranan sebagai pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah dengan siap. Selain itu, tugas pemimpin perusahaan juga harus mampu menampung aspirasi dari karyawan, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang mewakili pemikiran banyak individu.
Mampu mendegarkan aspirasi karyawan dengan baik
Menjadi seorang pemimpin juga bertugas sebagai pendengar aspirasi bagi karyawan. Karena tak jarang, karyawan atau bawahan pun memiliki aspirasi yang perlu disampaikan kepada pemilik perusahaan. Dalam hal ini, tugas pemimpin adalah bisa menjadi penghubung dalam menyampaikan  aspirasi karyawan kepada pemilik perusahaan. Jika tugas sebagai penyampai aspirasi sudah terpenuhi, maka kecil kemungkinan terjadi masalah internal di dalam perusahaan. Meskipun tak mudah, namun banyak orang berhasil menjadi pemimpin dan menjalankan tugas dengan baik
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI