Tentu saja, ketika saya membaca banyak ceritera tentang kesuksesan para penulis dan pebisnis di media-media online memberikan rasa optimis bagi saya dan mungkin juga bagi semua pembaca. Pelbagai ceritera kesuksesan itu dapat dialami semua orang di internet, tak terkecuali yang bergiat dalam bisnis switch mobile.
Yah, namanya rasa optimis adalah sifat kaum muda umumnya di manapun di dunia. Sebab kaum muda adalah generasi yang mewarisi masa depan. Untuk alasan ini bisnis switch mobile digital telco tidak keliru menargetkan para konsumen berusia 17 hingga 37 tahun yang memiliki Handphone.
Tentu target ini tidak main-main sebab usia 17 sampai 37 tahun adalah usia saat mana kaum muda sedang duduk di bangku SMA, sedang duduk di bangku kuliah pelbagai Perguruan Tinggi (PT) sampai dengan mereka yang sudah bekerja. Mereka adalah para konsumen yang memiliki vitalitas, dinamisme dan optimisme yang tinggi. Dalam kondisi ini, kaum muda bisanya tidak memikirkan biaya dan kuota. Yang mereka pikirkan ialah internet yang cepat, anti sedot pulsa, banyak kemudahan, selalu excite everyday life dan tidak putus.
Bagi kaum muda, rasa optimis adalah salah satu sikap bathin yang sangat penting dalam hidup untuk meraih masa depan mereka yang gemilang. Rasa optimis muncul dari tingginya dorongan kepercayaan diri sendiri. Kepercayaan diri yang tinggi memberikan harapan tinggi bagi masa depan bisnis switch mobile. Tentu dunia bisnis dan industri tidak berjalan sendiri. Bisnis dan industri  yang berhasil melibatkan banyak ahli ekonomi dan para pemikir yang cerdas.
Promosi-Promosi Online Produk Switch Mobile
Setiap keputusan dalam bisnis adalah hasil riset dan kajian-kajian secara mendalam untuk menemukan solusi-solusi yang tepat. Oleh sebab itu bisnis dan industri adalah proyek-proyek intelektual yang disatukan dengan program penelitian pelbagai Universitas kelas internasional. Sehingga mahasiswa dan dosen sejak dini sudah berjuang untuk memajukan industri demi kemakmuran umat manusia.
Dengan menyasar pada kaum muda, switch mobile adalah optimisme baru dalam dunia digital. Sebuah bisnis tidak akan berhasil jika para distributor dan konsumennya tidak memiliki perasaan optimis. Rasa optimis menimbulkan semangat yang tinggi untuk meraih masa depan secara gemilang.Â
Bisnis offline dan online tetap menggunakan tenaga distributor marketing untuk melakukan promosi online dan offline. Bisnis offline mengandalkan jual-beli di supermarket, kios dan bahkan bertandang ke rumah-rumah dan kantor-kantor. Bisnis offline mengandalkan presentasi lisan dan mendemonstrasikan pemakaian alat-alat tersebut.
Bisnis online utamanya menggunakan media online di mana para distributornya bekerja secara online. Promosi dilakukan secara tertulis dan melalui video di media-media online. Promosi-promosi yang dilakukan di media online bersifat tidak terbatas, lebih murah, menjangkau lebih luas, untung lebih besar, pertumbuhan lebih cepat, hubungan lebih erat dan mudah melakukan riset pasar.
Promosi dan penjualan manual memberikan banyak keuntungan, tetapi jangkauannya kurang luas dan membutuhkan tenaga, pikiran dan bahkan dana yang besar. Sering pengeluaran hanya beda tipis dengan pemasukan.
Perusahaan biasanya menarget penjualan dalam jumlah besar di toko-toko dan kantor-kantor pemerintah. Tentu saja muncul juga persaingan dengan beberapa kompetitor.
Promosi mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk atau barang dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Sehingga diperlukan alokasi dana khusus untuk biaya promosi agar dapat mempengaruhi besarnya tingkat penjualan.
Promosi yang berhasil akan meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba. Promosi merupakan tindakan rasional dari perusahaan. Sebuah produk membutuhkan pemahaman rasional baik dari produsen mapun konsumen. Promosi adalah sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian.Â
Bisnis memperjualbelikan kuota digital bersaing dengan kuota non digital. Sehingga dalam promosi, distributor harus menjelaskan keunggulan-keunggulan kuota digital dibadingankan dengan kuota non digital agar para konsumen menjadi paham.
Keunggulan kuota digital switch mobile salah satunya #readytoswitch dapat bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor. Sebab konsumen yang berumur di antara 17 sampai 35 tahun umumnya bersifat butterfly customer, mudah berpindah-pindah jaringan. Loyalitas konsumen sangat diperlukan oleh Perusahaan Switch Mobile Indonesia agar perusahaan tetap bertahan.
Untuk mempermudah komunikasi, perusahaan Switch Mobile Indonesia membangun banyak media online. Perusahaan Switch Mobile Indonesia memiliki alamat Website di https://www.switchmobile.id/. Media online merupakan sarana promosi dan komunikasi 3 arah, yaitu: antara Perusahaan, Â konsumen dan calon konsumen.
Informasi-informasi Perusahaan melalui media-media sosial adalah cara paling efektif untuk mempertahankan citra switch mobile dari serangan-serangan agresif para kompetitor. Promosi merupakan sarana untuk meningkatkan kemungkinan switch mobile untuk terus mendapatkan pembeli baru
Produk digital switch mobile adalah produk baru yang belum menjadi Top of Mind di masyarakat sehingga promosi promosi tentang switch mobile berfungsi untuk meningkatkan Brand Awareness switch mobile. Tentu target promosi online adalah sedapat mungkin ada tingkat tertentu, switch mobile dapat menjadi Top of Mind di masyarakat. Promosi online adalah tanda bahwa telah terjadi perubahan gaya hidup dari masyarakat yang konvensional menjadi masyarakat digital.
Beberapa Tujuan Promosi Switch Mobile
Tujuan utama promosi bisnis switch mobile ialah meningkatkan penjualan. Dan tentu saja harus melalui pengenalan produk terlebih dahulu kepada masyarakat agar menjadi Top of Mind. Promosi-promosi switch mobile dapat menarik Perhatian Pasar dengan cepat. Selain itu promosi-promosi dapat menjaga loyalitas konsumen sebab setiap bisnis pasti memiliki banyak competitor. Promosi dilakukan untuk merebut hati konsumen setia switch mobile.Â
Dalam isitilah modern, promosi adalah salah satu cara untuk membantu meningkatkan brand awareness switch mobile. Tetapi tujuan yang paling tinggi dari setiap promosi ialah meningkatkan potensi penjualan produk switch mobile. Sebuah promosi yang dilakukan dengan baik dan tepat sasaran, maka akan mampu mendongkrak penjualan. Pada akhirnya Perusahaan Switch Mobile Indonesia akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.
Promosi Melalui Media Sosial, HP, SMS, Blog dan Email
1. Facebook
Sejak awal berdirinya, Facebook telah dimanfaatkan para pelaku bisnis online mulai mempromosikan produk jualannya. Para pebisnis menggunakan halaman profil pribadi, membuat halaman fan dan membangun grup. Di saluran-saluran Facebook itulah para pebisnis online mulai dapat membuat konten promosinya dan melakukan posting secara konsisten. Facebook menyediakan fitur iklan berbayar Facebook Ads.
2. Instagram
Sebenarnya Instagram adalah platform untuk mengabadikan moment berupa foto. Tetapi banyak orang justru menggunakan platform yang satu ini untuk berjualan. Sama seperti Facebook, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram untuk berjualan dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar Instagram Ads.
3. Twitter
Twitter adalah salah satu media sosial terkemuka di dunia yang efektif untuk berjualan online. Twitter digunakan untuk mempertahankan konsumen yang loyal.
4. YouTube
YouTube adalah media yang sangat ampuh untuk promosi dan jualan online sebab rata- rata pengguna internet lebih suka menikmati konten yang interaktif seperti video.
5. Pinterest
Pinterest adalah platform untuk menyimpan foto atau gambar favorit. Pinterset ini sendiri digunakan penggunanya untuk mengirimkan foto- foto dari berbagai sumber. Pinterest bisa menampilkan produk dengan rapi sehingga para pengguna menggunakan foto- foto terbaiknya untuk dipasarkan.Â
7. Email:Â Email adalah cara efektif untuk mengkomunikaskan produk dengan pembeli dan calon pembeli switch mobile. Pesan-pesan Email tentang bisnis switch mobile yang dikirim setiap hari dapat menggugah pembeli baru atau pembeli lama untuk tetap loyal.
8. Blog: Blog adalah sarana paling efektif dalam mempromosikan bisnis switch mobile. Selain tulisan, gambar dan komentar dapat membantu mempromosikan produk switch mobile dalam waktu yang lama.
9. Whatsapp, Voice dan SMS: Komunikasi suara melalui Whatsapp, Voice dan SMS dapat menjadi sarana untuk mempromosikan bisnis switch mobile. Bahkan 3 sarana komunikasi ini dapat mempertemukan pebisnis dan konsumen secara cepat melalui komunikasi bisnis face to face.
Kesimpulan
Faktor-faktor penyebab sebuah bisnis switch mobile dapat berkembang maju secara cepat adalah kerja keras, kerja tuntas dan rasa optimisme yang tinggi dari para pebisnis dan konsumennya. Bisnis switch mobile dapat maju pesat karena faktor keberhasilan promosi secara offline dan online.Tujuan promosi switch mobile adalah agar tingkat penjualan dan keuntungan perusahaan menjadi besar dan produk digital switch mobile menjadi Top of Mind di masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H