Mohon tunggu...
Herda Dwiani Utami
Herda Dwiani Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah..

Life is Like Piano. Black and White. If GOD plays it, it will be a very beautiful melody 😊

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Efektif Membimbing AKM Kelas V SDN 2 Sukapura

26 Juli 2021   11:13 Diperbarui: 26 Juli 2021   12:21 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dra. Sri Wahyuningsih , M. Pd. Mengatakan bahwa, "Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM kita bisa memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan."

Dalam rangka menilai seberapa suksesnya pendidikan, Kemendikbud merencanakan penilaian pada bulan oktober. Dalam AKM ini, bukan hanya siswa saja yang dinilai. Namun guru dan juga kepala sekolah.

AKM merupakan salah satu instrumen Asesmen Nasional. Sehingga siswa yang akan mengikuti ujian, harus mempersiapkan secara matang. Selain materi, siswa juga harus memahami tentang komputer. Bagaimana cara efektif membimbing siswa kelas V SDN 2 Sukapura dalam mempersiapkan AKM?

Hal yang perlu diperhatikan bagi guru yang membimbing siswa AKM adalah :

1. Membagi Kelompok

Dalam situasi PPKM seperti saat ini, kita bisa membagi kelompok siswa menjadi 5-10 siswa.

2. Bimbingan Kelompok

Bimbingan kelompok ini bisa dilakukan secara luring di rumah salah satu siswa dengan memperhatikan protokol kesehatan

3. Mengenalkan AKM

Dikarenakan AKM ini adalah hal yang baru untuk siswa (bahkan guru), maka pembimbing harus mengenalkan terlebih dahulu pengertian AKM, sasaran AKM, Tujuan AKM, dan lainnya yang berhubungan dengan AKM.

4. Membuat Contoh Soal

Pembimbing bisa membuat contoh soal berbentuk GFORM. Yang didalamnya terdapat NAMA, NAMA SEKOLAH, NISN, dan 10 contoh soal. Kemudian berikan link soal gform tersebut kepada siswa.

5. Mencoba Mengisi Soal di hp

Untuk mengetahui seberapa paham siswa tentang digital, kita harus memberikan test melalui link, yang nantinya akan diisi siswa sesuai dengan arahan dari pembimbing. Diusahakan setelah bimbingan tersebut, siswa dapat paham bagaimana cara mengisi link yang sudah dibagikan.

6. Membuat Contoh Soal Lanjutan

Karena penilaian AKM ada 5 : PG, PGK, MENJODOHKAN, URAIAN SINGKAT, URAIAN. Maka pembimbing bisa membuat contoh soal berbeda melalui media LIVEWORKSHEET. Agar bisa membuat PGK serta Menjodohkan. Kemudian link liveworksheet tersebut di share kepada siswa. Dan siswa mengerjakan soal di hp dengan bimbingan guru.

7. Belajar Laptop/Komputer

Setelah siswa bisa mengerjakan di hp. Pembimbing mengarahkan untuk mencoba mengisi di laptop. Siswa dibimbing satu per satu untuk mencoba mengisi soal di laptop. Guru memberikan bimbingan bagaimana cara  mengetik di laptop, bagaimana cara mengatur cursor, dimana letak huruf, bilangan, serta tanda baca, dan yang lainnya.

Selain siswa diajarkan mengisi soal, pembimbing/guru juga harus memberikan materi-materi yang digunakan untuk soal. Sehingga siswa tidak hanya mengerti cara penggunaan komputer dalam melaksanakan AKM oktober mendatang, namun siswa juga paham materi yang ada dalam soal. Dikarenakan AKM fokus terhadap Literasi dan Numerasi, pembimbing/guru harus memperhatikan pembuatan soal.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun