Dalam memenuhi kebutuhan seorang konsumen , konsumen tersebut akan lebih memilih produk yang bisa memberikannya kepuasan tertinggi atau kepuasan maksimum. Dalam hal ini yang dimaksud dengan kepuasan konsumen merupakan bagian dari tanggapan ataupun respon konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Bagi setiap orang, kepuasan maksimum dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda, namun pada dasarnya pengaruh seperti kualitas produk dan harga akan selalu menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih produk baik itu barang ataupun jasa.
Sama halnya dengan perusahaan yang ingin berkembang, ia harus memproduksi barang dan memberikan pelayanannya yang mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggannya demi menciptakan loyalitas pelanggan. Hal ini disebabkan karena biasanya pengaruh produk dan kualitas pelayanan dari perusahaan maupun produsen bisa mempengaruhi perilaku konsumen.
Perilaku konsumen menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan produsen, sehingga produsen mampu menganalisis apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh konsumen. Apabila konsumen ingin membeli suatu produk tentu dia akan membeli produk yang memiliki kualitas terbaik dengan cara membandingkan dengan produk lain yang sama. Oleh karena itu, seorang produsen perlu memahami indikator keputusan pembelian pada konsumen.
Artikel ini akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan keputusan pembelian dan indikator apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen.
Pengertian Keputusan Pembelian
Ada beberapa pengertian keputusan pembelian menurut para ahli, yaitu sebagai berikut :
Buchari Alma (2016)Â : keputusan pembelian adalah keputusan suatu konsumen yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi, politik, budaya, teknologi, harga, kualitas produk, promosi, people, dan process. Hal tersebut dapat menciptakan sikap konsumen dalam mengolah setiap informasi yang didapatkan kemudian konsumen akan mengambil kesimpulan yang berupa respon dari produk yang akan dibelinya.
Tjiptono (2015) : keputusan pembelian konsumen merupakan proses konsumen dalam mengenali masalahnya, kemudian konsumen akan mencari informasi mengenai bagaimana produk yang akan dibeli.
Kotler (2016)Â : keputusan pembelian konsumen merupakan perilaku konsumen dalam memilih dan membeli barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam pemenuhan kebutuhan setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing sesuai dengan bagaimana sifat dan sikap yang dimilikinya, dengan kata lain setiap konsumen memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian merupakan proses konsumen dalam memutuskan pembelian suatu produk barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya yang dimulai dengan pengenalan masalahnya, pencarian informasi dari produk yang akan dibeli, pengevaluasian dari beberapa alternatif pembelian, sampai dengan keputusan pembelian produknya.
Indikator-Indikator Keputusan Pembelian