Perkenalkan nama saya Muhammad Naufal Zundan Dari Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta .
Tahukah Anda asal usul nama UNIQLO? Menurut sejarah Uniqlo, nama Uniqlo adalah nama acak. Awalnya, perusahaan ini disingkat sebagai "UNIQLO," atau "Pakaian Unik." Namun pada saat proses pendaftaran, perusahaan salah mengeja huruf "C" dan menggantinya dengan huruf "Q". Sejak saat itu, Yanai memutuskan untuk mengubah nama perusahaan menjadi "UNIQLO".
Menurutnya, kesalahan ini justru membuat brand perusahaan menjadi lebih dingin. Saya mendapat ide dari kunjungan Pak Yanai ke koperasi universitas Amerika yang sangat ramai karena dia menjual pakaian santai seperti membeli majalah dengan harga murah.
Yanai membangun grosir pertama di Kota Hiroshima pada tanggal 2 Juni 1984 dengan konsep gudang besar yang dipilih dengan cermat. UNIQLO adalah perusahaan yang menjual pakaian eceran dengan merek sendiri.Tidak seperti kebanyakan toko grosir yang menjual berbagai merek pakaian, di toko Uniqlo, kamu hanya akan menemukan satu merek saja.
Sehingga seluruh proses mulai dari pembuatan hingga pemasaran pakaian dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 7 toko Uniqlo di Indonesia, tepatnya di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, dan Surabaya.
Dalam tugas ini, saya akan melakukan analisis dengan iklan produk Uniqlo x One Piece Movie Red untuk memasarkan produk atau layanannya dimana iklan juga digunakan oleh produk uniqlo sebagai upaya untuk memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat.
Dalam memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat, perlu terus menerus beriklan secara luas atau yang juga dikenal dengan istilah advertising campaign.
Kampanye periklanan pada hakikatnya adalah suatu tindakan komunikasi yang direncanakan (planned communication) dan diarahkan pada tujuan tertentu (goal oriented) secara sistematis dan strategis.
Dan sekarang, Uniqlo UT telah meluncurkan koleksinya dengan film One Piece baru berjudul Red yang akan tayang di bioskop dalam waktu dekat. Ini adalah film One Piece ke-15, di mana cerita akan fokus pada karakter Uta, putra bajak laut legendaris Shanks.
Strategi kreatif pada iklan ini ialah dengan memanfaatkan momen dimana akan dirilisnya One Piece Movie Film RED pada agustus mendatang.
Dengan begitu akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi Uniqlo untuk mendapatkan perhatian dari konsumennya, khususnya fans one piece itu sendiri. Dengan membuat video di sosial media youtube sebagai acuan untuk mendapatkan perhatian dari khalayak.
Untuk menarik perhatian dari konsumen juga, Uniqlo menggunakan celebrity endorser pada iklan ini ialah karakter dari anime one piece itu sendiri. Dimana ada luffy sebagai main character pada desain baju tersebut dan juga ada uta yang merupakan anak dari salah satu kaisar lautan yakni shanks.
Slogan Uniqlo mengusung Tagline “Made For All”, yang merupakan singkatan dari “Made for All”. Tujuan utama dari perusahaan Uniqlo adalah untuk menghasilkan pakaian berkualitas baik untuk segala usia, dari bayi hingga orang tua, dan tanpa memandang suku. Yanai sependapat dengan Jay, salah satu pencipta produk Nike, bahwa menghasilkan produk bermerek yang dipercaya masyarakat global membutuhkan kualitas dan produk yang konsisten. ..
One Piece Film RED x UNIQLO UT akan tersedia di toko ritel dan online resmi UNIQLO Jepang pada 11 Juli, sebelum dirilis di seluruh dunia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H