ABSTRAK
penetapan materi pada kurikulum pendidikan geografi harus memperhatikan keberlanjutan pemahaman seperti yang di harapkan dan harus menempatkan suatu materi dengan memperhatikan aspek dasar penerimaan materi selanjutnya.
kurikulum ini menggambarkan proyek terhadap ilmu geografi sebagai penghubung antar ilmu sosial sebagai pendamping ilmu tersebut.
PENDAHULUANÂ
penetapan kurikulum pendidikan geografi sangat di perlukan untuk memerhatikan materi sebagai dasar pembahasan ilmu geografi, kesiapan dan kematangan pada materi yang sudah di susun harus di kuasai oleh seorang guru terutama pola-pola sambutan sampai tahapan materi tersebut. di sini peran guru sangat penting dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan mampu merancang sistem pembelajaran yang dapat mempengaruhi siswa siswi senang dan giat dalam belajar, Â karena sebagaimana prinsip kurikulum adalah sebagai pengembang karakter anak-anak indonesia.Â
PEMBAHASANÂ
A. penetapan ilmu geografi pada kurikulum 2013
kurikulum 2013 adalah salah satu konsep kurikulum yang mampu mengembangkan tugas-tugas dengan standar tertentu, sehingga dapat di pahami oleh peserta didik dan hasilnya dapat di peroleh kemudian di kuasai. kurikulum 2013 merupakan sistem pendidikan yang menekankan pada keseimbangan kemampiuan yang di mulai dari standar kompetensi, lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian.
B. karakteristik mata pelajaran geografi
geografi ialah ilmi yang menceritakan sifat-sifat bumi, gejala-gejala alam, dan penduduk. geografi juga mempelajari corak khas kehidupan, pada hakikatnya geografi memiliki kemampuan untuk mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. karateristik geogragfi juga memiliki implikasi terhadap pembelajaran geografi di sekolah, yang mengharuskan peserta didik mampu memahami fenomena-fenomena yang ada di bumi. tetapi, guru juga harus mampu menyajikan ilustrasi persoalan materi secara rinci.
C. kurikulum 2013 dalam pembelajaran geografi
kurikulum 2013 dalam pembelajaran geografi memiliki perencanaan yang di rancang dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada isi. perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan dan menyiapkan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran dan skenario pembelajaran menyusun silabus dan di sesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang di gunakan.
D. relevansi kurikulum 2013
indonesia mengalami 10 kali perubahan kurikulum yang mendasar, pada satu sisi dapat di pahami sebagai suatu dinamika mengingat setiap pakar pendidikan memiliki pandangan yang beragam dalam memandang pendidikan. perubahan kurikulum harus di lakukan secara berkelanjutan karna suatu konsokuensi logis dan perkembangan zaman. tujuan pendidikan dan perubahan kurikulum mengalami banyak perdebatan karna perubahan kurikulum bukan lah hal yang mudah, karna susah untuk menyamakan tentang mata pelajaran dan materi pelajaran dalam kurikulum.
dapat di jelaskan bahwa kurikulum 2013 berasal dari landasan filosofi bangsa indonesia, landasan sosiologis, psikopedagogis, teoritis dimana tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk membimbing masyarakat indonesia agar mampu dan memiliki hidup sebagai warga negara yang produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkonstribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H