Mohon tunggu...
Zumaroh
Zumaroh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mengajar adalah panggilan hati bagaimana kita dapat berbagi kebaikan, mengajarkan kebaikan terhadap orang lain. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat kepada sesama'.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 3.3

8 September 2024   17:27 Diperbarui: 8 September 2024   17:30 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 

Modul 3.3 Pengelolalaan Program Sekolah Yang berdampak Positif Pada Murid.

By: Zumaroh, S.Pd.Gr.

UPTD SDN KADEMANGAN 02 KOTA TANGERANG SELATAN

Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 3.3 Pengelolaan Program Sekolah yang Berdampak Positif Pada Murid. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak. Tulisan /jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan Pendidikan Guru PenggerakAngkatan 10 kel.72.2 kelompok yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

Modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Saya mempelajari modul 3.2 mulai pada Senin Tanggal 26 Agustus 2024 dengan alur M-E-R-D-E-K-A, yakni:

 

  • Fact (Peristiwa)

Setelah mempelajari modul 3.2, Saya melanjutkan ke materi modul 3.3. Pengelolaan Program yang sekolah yang berdampak positif pada Murid secara daring di LMS dengan alur M-E-R-D-E-K-A yaitu: mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata. Saya membuka alur pertama "Mulai dari Diri".  Ketika saya mulai membuka LMS Ada sebuah Kutipan yang sangat menarik "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak". -Nadiem Makarim-  dari kutipan tersebut mencoba memahami dan menganalisisnya. Kemudian kami diberikan 2 pertanyaan pemantik dimana yang bertujuan untuk memancing pemikiran dan rasa keingintahuan yang mendalam terkait pengelolaan program sekolah yang berdampak positif pada Murid.

Selanjutnya Eksplorasi Konsep Pada bagian ini, kami mempelajari tentang kepemimpinan murid (Student Agency).

Konsep kepemimpinan murid sebenarnya berakar pada prinsip bahwa murid memiliki kemampuan dan keinginan untuk secara positif mempengaruhi kehidupan mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun