Mohon tunggu...
Zumaroh
Zumaroh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mengajar adalah panggilan hati bagaimana kita dapat berbagi kebaikan, mengajarkan kebaikan terhadap orang lain. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat kepada sesama'.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri Modul.3.2

12 Agustus 2024   20:12 Diperbarui: 12 Agustus 2024   20:13 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kegiatan belajar mandiri dimana CGP menjawab pertanyaan yang ada di LMS berkaitan dengan pepimpin dalam pengelolan sumber daya sekolah. Intinya yaitu bangaimana sesorang memimpin bisa mencermati, mengalisis, serta mendorong / mengelola semua potensi yang ada disekolah . Memanfaat segala ekosistem yang ada di sekolah secara efektif dan berkesinambungan. Ekosistem disini berupa biotik maupun abiotik.

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Secara garis besar Ekosistem adalah segala sesuatu yang ada di Sekolah yang terlibat atau dilibatkan dalam proses pembelajaran baik berupa mahluk hidup seperti guru, siswa, wali murid tenaga kependidikan, Pengawas dan juga benda mati seperti semua sarana prasarana yang ada disekolah.

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Program sekolah, Kegiatan sekolah Visi misi, Guru, Siswa dan juga sarana prasarana yang ada di sekolah, seperti: Komputer, laptop, infokus, musholla, perpustkaan, lapangan, bola, catur, sound system dan lain-lain.

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Seorang pemimpin yang paham akan kebutuhan sekolah, mengerti akan manajemen sekolah, bisa beradaptasi, sosialisasi, kolaboartif, mempunyai visi  misi yang jelas demi kemajuan sekolah.

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang ideal dalam konteks pemanfaatan semua ekosistem sekolah adalah pemimpin yang mempunyai program, visi dan strategi yang jelas dengan memanfaatkan potensi / elemen yang ada di sekolah, mampu beradaptasi, kolaborasi, koordinasi membangun komunikasi yang yang baik, Bisa memanfaatkan semua potensi atau sumber daya yang ada di sekolah, mempunyai kompetensi manajerial, Pengelolaan, pengembangan sekolah dan sosial juga profesional.

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi saya sebagai bagian dalam ekosistem sekolah dan menjalankan peran sebagai guru dengan maksimal. Dengan cara merealisasikan potensi yang saya punya untuk siap berkolaborasi guru, orang tua murid dan semua ekosistem yanga ada di sekolah. Dengan membuat pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memanfaat semua sumber daya yang ada di sekolah dan juga lingkungan, membangun budaya sekolah yang menanamkan nilai-nilai kebajikan universal, Menciptakan iklim yang nyaman, aman dan kodusif dalam proses pembelajaran.

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  • Diri sendiri
  • Murid
  • Sekolah

1. Harapan saya setelah mempelajari modul ini saya menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai positif, menjunjung tinggi nilai-niali kebajikan, menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid, menciptakan budaya positif di sekolah dan tentunya selalu terbuka untuk belajar dan belajar hal-hal yang baru dan mampu mengimplementasikan pada kehidupan sehar-hari.

2. Untuk murid-murid saya saya berharap dapat menjadi seorang pendidik yang tidak hanya mentransfer of Knowlage namun memberikan teladan dalam mengiplementasikan nilai- nilai yang kebajikan universal dalam membentukan karakter Mereka , selain cerdas namun pembentukan karakter juga sangatlah penting.

3. Sementara untuk sekolah dengan pengetahuan dan pengalaman selama saya belajar menjadikan amunisi baru untuk melakukan inovasi pembelajaran yang bisa diadopsi dengan baik. Mampu menjadi motivator, Inspirator dan mampu berkolaborasi, Komunikasi, membangun relasi dan tidak menutup diri dengan adanya dinamisasi pendidikan.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan pada modul ini diantaranya adalah adanya kekegiatan belajar yang mencakup berbagai gaya belajar, dari visual, auditory dan juga kinestetik. Diskusi dengan rekan sejawat berbagi pengalaman, wawasan dan saling memberikan masukan. dan ingin Lebih menebalkan pemahaman saya terkait penerapan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Dan tentunya dengan kegiatan dan materi tersebut dapat saya imlpementasikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara uamum khususnya yang ada di sekolah saya.

Ini adalah contoh Pemaparan pada modul 3.2

By; Zumaroh

UPTD SDN KADEMANGAN 02 Kota Tangerang Selatan.

Salam sehat bahagia, Tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun