Mohon tunggu...
KKN MIT16 POSKO 68 KARANGMULYO
KKN MIT16 POSKO 68 KARANGMULYO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep dan Teori Pembelajaran Orang Dewasa

16 Juni 2022   21:30 Diperbarui: 16 Juni 2022   21:36 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan Orang Dewasa atau Andragogi adalah ilmu yang memimpin dan membimbing orang dewasa atau ilmu yang mengajarkan orang dewasa.
konsep andragogi yang berkaitan dengan proses pencarian dan penemuan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan manusia untuk hidup.

Konsep andragogi berkaitan dengan proses mewariskan kebudayaan yang dimiliki oleh generasi sebelumnya kepada generasi sekarang.

Konsep pembelajaran orang dewasa dibedakan menjadi empat, yaitu:

Konsep Diri
Di mana orang dewasa memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan, memikul tanggung jawab, serta memiliki kesadaran terhadap peran dan tugasnya.

Konsep Penggalaman
Pengalaman merupakan buah hasil dari sebuah proses perjalanan dan manusia hakikatnya adalah berjalan terus maju ke depan.

Konsep Kesiapan Belajar
Dalam teori motivasi belajar disebutkan bahwa tidak satupun perbuatan manusia yang tidak memiliki motif atau pendorong akan ia lakukan.

Konsep Perspektif
Ada istilah yang mengatakan “tuntutlah ilmu walaupun sampai ke Negeri Cina” yang mana hal tersebut berkaitan dengan konsep waktu dan orientasi belajar.

Teori belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perubahan, menyangkut pengetahuan, keterampulan, sikap, maupun nilai-nilai. 

Manusia harus memiliki keterampilan untuk mempertahankan hidupnya yang diperoleh dari proses belajar yang meliputi :

Belajar untuk mengetahui (Learning to know)

Belajar untuk melakukan (Learning to do)

Belajar untuk menjadi diri sendiri (Learning to be my self)

Belajar untuk hidup bersama (Learning to life together)

Terdapat tiga teori dasar dalam pembelajaran yang terdiri dari:

Teori behavioris
Behavioris merupakan teori belajar yang menyatakan bahwa pembelajaran terjadi apabila terdapat perubahan tingkah laku pada pembelajar.

Teori Kognitif
Teori yang memfokuskan pada proses berpikir di balik perubahan tingkah laku.

Teori Konstruktif
Pembelajar membangun pengetahuan melalui pandangannya sendiri berdasarkan pengalaman individual atau skema. Pembelajar bukan gelas kosong, ia telah memiliki pengetahuan dalam dirinya (skema).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun