Pengaruh bisnis MLM di lingkungan masyarakat
(Zulfikar Satya Akbar)
     Â
 Bisnis Multi Level Marketing (MLM), atau yang sering dikenal dengan pemasaran berjenjang. Bisnis MLM adalah model bisnis yang menggabungkan penjualan langsung produk atau layanan dengan sistem perekrutan orang lain untuk menjadi anggota distributor dalam jaringan yang lebih besar. Dalam MLM, anggota (distributor) tidak hanya memperoleh komisi dari penjualan produk saja, tetapi juga mendapatkan bonus atau komisi berdasarkan penjualan yang dilakukan oleh orang yang mereka rekrut, yang biasa disebut dengan downline.
     Â
Pada MLM, anggota dituntut untuk menjual produk atau layanan kepada konsumen, baik secara langsung maupun melalui jaringan mereka. Bisnis MLM dapat menawarkan atau jasa (perjalanan, pelatihan, dan lain lain). Produk yang dijual dalam bisnis MLM harus memiliki  nilai nyata bagi konsumen agar model bisnis ini tidak dianggap sebagai skema piramida ilegal.
Salah satu elemen penting dari MLM adalah kemampuan untuk merekrut anggota baru, yang kemudian membentuk jaringan distribusi ketika anggota baru bergabung, mereka akan diajarkan untuk menjual produk dan merekrut orang lain.
Dan bisnis MLM ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap masyarakat baik dalam aspek positif maupun negatif, contohnya adalah:
A. Dampak positif
1. Â Peningkatan pendapatan,