Metode adalah cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Jika proses pendidikan tidak menggunakan metode yang tepat, maka akan sulit untuk mendapatkan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam memuat berbagai informasi tentang segala kehidupan yang berhubungan dengan manusia. Karena memang Al-Qur'an diturunkan kepada umat manusia, sebagai sumber petunjuk, sumber inspirasi dan sumber ilmu pengetahuan, salah satunya terkait dengan pendidikan.Â
Metode pengajaran Al-Qur'an adalah cara yang harus ditempuh dalam proses belajar mengajar Al-Qur'an. Tujuan dari metode pengajaran dalam Al-Qur'an adalah agar dapat membaca dan mempelajari Al-Qur'an dengan baik dan benar serta fasih. Metode Al-Qur'an merujuk pada berbagai pendekatan dan teknik yang digunakan dalam pengajaran dan pembelajaran Al-Qur'an.Â
Dalam konteks pendidikan, metode Al-Qur'an dapat digunakan untuk membantu siswa memahami dan menghargai nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Al-Qur'an, dan untuk membantu mereka menerapkan ajaran ini dalam kehidupan mereka. (Sugeng Prianto, Darwin Hamisi, 2021)
Rasulullah  telah menyampaikan apa yang diturunkan kepadanya, kepada sahabat-sahabatnya. Mereka menyimpan dengan baik ilmu yang diajarkan Rasulullah  dalam bentuk hafalan maupun tulisan. Adapun beberapa metode yang digunakan antara lain:
1. Metode Uswatun Hasanah (Keteladanan)
Nabi Muhammad  merupakan contoh dari penerapannya metode ini. Muhammad Qutb misalnya, mengisyaratkan bahwa Nabi Muhammad  adalah contoh yang baik dan merupakan suatu metodologi dalam pengajaran.Â
Bahwa harus mencontoh Nabi baik dari segi akhlak dalam bermasyarakat maupun dalam beribadah kepada Allah Ta'ala. Dalam dunia pendidikan hal ini sangat dibutuhkan dan harus ada yakni seseorang yang dapat dijadikan panutan yang baik, seperti guru yang harus menjadi contoh yang baik untuk murid atau anak didiknya. (Yusuf, 2013)
2. Metode Kisah
Kisah-kisah sebagai metode pendidikan ternyata memiliki daya tarik yang dapat menyentuuh perasaan. Islam menyadari sifat alamiah dan pengaruhnya yang sangat besar terhadap perasaan. Islam menggunakan kisah sejarah faktual sebagai metode pembelajaran dalam kehidupan manusia dimaksudkan agar manusia bisa berperilaku baik seperti yang ditampilkan di dalam kisah tersebut.
3. Metode Mauizhah (Nasehat)
Metode pembelajaran satu ini bertujuan untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik agar mereka dapat berperilaku dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral dan agama. (Yulianti, 2022)