Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Pentingnya Konten Website, Meningkatkan Rating di Mesin Pencarian

22 November 2021   15:19 Diperbarui: 22 November 2021   15:49 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: merchant.id

Era digitalisasi seperti saat digitalisasi konten merupakan hal yang wajib dilakukan oleh berbagai usaha. Sebuah usaha saat ini wajib memiliki aset digital yang merupakan bagian dari effort pemasaran mereka. 

Aset digital berupa website dan media sosial

Bentuk aset digital yang kini banyak digunakan adalah berupa website dan sosial media. Kedua aset tersebut merupakan tools yang mampu diakses oleh seluruh target konsumen di seluruh dunia. 

Namun, menjaga agar website dan sosial media kerap dikunjungi oleh konsumen tidaklah mudah. Si pemilik harus melakukan bermacam strategi agar website dapat ditemukan, seperti rajin melakukan update konten secara konsisten, melakukan SEO untuk mendatangkan pengunjung organik, bahkan harus menjalankan SEM untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Berikut ini mari kita bahas pentingnya sebuah konten dalam aset digital yang dimiliki:

Konten yang relevan

Sebuah konten wajib memiliki relevansi dengan tema websitenya. Misal, sebuah website yang berjualan produk-produk otomotif harus menampilkan konten-konten blog atau visual seputar otomotif. Relevansi ini akan dilihat dan diberikan penilaian oleh Google agar dapat di mendapat rangking dalam mesin pencarian google.

Tentukan keyword dari konten yang buat

Membuat sebuah konten website harus menentukan keyword atau kata kunci yang dapat mengarahkan ke website tersebut. Sudah pasti kata kunci yang dipilih wajib memiliki relevansi dengan website. Disinilah SEO mulai dimainkan, pemilik website harus memilih beberapa keyword yang akan merepresentasi website mereka. Sehingga, pengunjung yang tertarik akan sebuah keyword bisa masuk ke website anda.

Kata kunci yang memiliki relevansi ini akan memudahkan user untuk menemukan website sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dalam halaman pencarian sebuah situs pencarian.

Membuat konten pillar

Berbicara khusus mengenai konten blog di website, umumnya dibuat terlebih dahulu konten pillar. Konten pillar merupakan induk utama dari konten atau subjek tema yang akan dibuat oleh si penulis. Konten pillar umumnya dibuat untuk memudahkan si penulis melakukan tugasnya day to day. 

Konten pillar ini disesuaikan dengan tema website yang akan dibuat. Contoh, website dengan tema otomotif akan membuat konten segala yang berhubungan dengan otomotif, baik roda dua maupun roda empat. 

Contoh sebuah produsen roda dua meluncurkan sebuah motor baru, pada konten pertama dapat dibuat review motor secara keseluruhan sebagai konten pillar. 

Konten selanjutnya dapat ditulis mengenai performa mesin si motor dan bisa juga membuat konten komparasi dengan motor sejenis dari produsen yang berbeda.

Mengatur jadwal terbit konten

Setelah konten dibuat, tentukan jadwal rilis konten. Bagi website yang cukup agresif dalam mengejar page one pada mesin pencari sebuah kata kunci, melakukan rilis konten bisa sampai 5 (lima) artikel dalam satu hari. Kembali lagi disesuaikan kemampuan si penulis membuat sebuah konten dalam satu hari. 

Salah satu alasan yang disukai oleh mesin pencari seperti google adalah semakin sering website tersebut menampilkan konten baru, maka akan lebih mendapat nilai yang semakin tinggi.


Membuat bank konten

Kumpulkan konten sebanyak-banyaknya. Salah satu cara yang bisa diadopsi yaitu membuat konten banyak namun tidak langsung dirilis. Konten bisa dikumpulkan terlebih dahulu untuk lalu dijadwalkan untuk di rilis. Dengan membuat bank konten akan memudahkan pemilik website memilih konten mana yang memiliki relevansi dengan tema mingguan yang sudah disiapkan.

Bagikan konten ke sosial media

Dalam mendapatkan pengunjung organik dari kata kunci atau keyword yang telah disematkan dalam konten, membagikan konten ke sosial media akan juga meningkatkan pengunjung organik ke website. Cara ini merupakan cara mudah serta gratis dalam menyebarkan konten website dan mendapat pengunjung.

Melakukan Re-share konten lama

Tidak ada salahnya kembali membagikan kembali konten yang sudah lama. Ya, salah satu cara yang kerap dilakukan adalah membagikan kembali konten yang telah lama dirilis. Cara ini dilakukan agar pengunjung organik tetap datang kembali.

Konten merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam website. Sehingga, semakin sering mengisi konten dalam website maka akan memperbaiki rating dari website itu sendiri dalam laman pencarian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun