Siapa yang tidak mengenal BTS? salah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang saat digandrungi oleh banyak orang di dunia. Ketenarannya membuat mereka memilik nilai yang tinggi sangat tinggi dimata penggemar dan juga merek-merek untuk bisa menggaet mereka untuk meningkatkan penjualan produknya.Â
Grup yang memulai debutnya dari tahun 2013 ini sudah menjadi salah satu ikon Kpop dunia. Memanfaatkan ketenaran yang dimiliki, Mcdonals menjalin kerjasama dengan grup yang beranggotakan 7 orang tersebut dan mengeluarkan edisi menu yang saat ini dikenal dengan BTS Meal.Â
Menu yang diberikan dalam BTS Meal sangatlah sederhana yaitu 9 - 10 potongan chicken nuggets, kentang goreng ukuran medium, segelas Coca-Cola berikut saus khusus yang hanya ada pada menu ini. Namun apa yang membuat MCD sempat kewalahan di hari pertama penjualan BTS Meal di Indonesia?
HYPE yang sudah dirasakan oleh negara lain
Secara bertahap Mcd telah merilis menu ini sejak 26 May 2021. Negara pertama yang menjual BTS Meal ialah Amerika, Kanada, dan Brazil serta dilanjutkan di Korea Selatan pada hari selanjutnya. Namun, nyatanya produk ini tidak tersedia di MCD Tiongkok dan Jepang. Sejak kemunculan produk ini, jagat maya telah penuh dengan prilaku unik yang dilakukan oleh mereka yang membeli. Mulai dari mencuci kemasan hingga menjualnya dengan harga yang tidak rasional.Â
Di Indonesia sendri menu ini hadir pada tanggal 9 Juni kemarin, BTS Meal menjadi buruan tidak hanya para pecinta BTS tapi juga hampir semua orang yang tertarik karena sempat ramai di jagat sosial media. Sehingga warga Indonesia pun turut tidak ingin tertinggal oleh negara yang sudah lebih dulu dapat menikmati.
Hanya dapat dipesan secara online dan drive thru
Pada situasi pandemi seperti saat ini, Mcd Indonesia hanya mengizinkan pembelian melalui pesanan online dan drive thru saja. Menimbang akan ramainya jika dapat dipesan melalui dine-in. Sehingga pesanan online dan drive thru menjadi pertimbangan terbaik untuk bisa mendapatkan menu spesial tersebut.Â
Namun pada hari pertama, telah banyak gerai MCD yang menutup menu ini karena pesanan yang banyak dan stok yang tersedia tidak sebanyak permintaan. Namun, meski sudah ditentukan pembelian hanya melalui online dan drive thru tetap saja pemerintah khususnya DKI Jakarta sempat menertibkan beberapa gerai yang cukup ramai dipenuhi oleh para pengemudi ojek online yang mendapat pesanan ini.Â
Tidak hanya menu makanan, terdapat juga merchandise lainnya
Mcd bekerja sama dengan BTS tidak hanya meluncurkan menu BTS Meal saja. Dilansir dari situs resmi Mcd, terdapat juga merchandise lain seperti tote bag, dompet dan sweater merchandise yang diterbitkan oleh Mcd bagi para pecinta BTS diseluruh dunia. Pembelian dapat dilakukan di situs https://webcontents.weverseshop.io/bts_mcdonalds_merch/ . Pembelian berlaku untuk pembelian global (worldwide), Amerika dan Jepang.Â
Tersedia hingga akhir akhir bulan
Bagi yang masih penasaran dengan BTS Meal tidak perlu risau, karena menu ini akan terus hadir sampai pada akhir bulan yaitu 30 Juni Mendatang. Penghentian produk BTS Meal ini akan serentak di seluruh dunia pada akhir bulan.Â
Siapa yang masih penasaran akan menu BTS Meal? Kalo saya sih masih selalu menunggu beef prosperity nya Mcd saja.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H