Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Jualan Melimpah lewat Marketplace Selama Lebaran

7 Mei 2021   17:23 Diperbarui: 7 Mei 2021   17:59 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masa pandemi yang telah melewati satu tahun lebih ini membuat kita merubah banyak hal. Yang dahulu kerja itu harus di luar rumah, kini banyak pekerjaaan yang nyatanya dapat dikerjakan dari rumah. Belanja itu tidak melulu di pusat perbelanjaan saja, tapi belanja secara online pun dapat memuaskan kebutuhan seseorang akan suatu barang. Dan banyak hal lain yang kini semakin banyak dikerjakan cukup dari rumah saja.

Bulan suci kini semakin akan berakhir, hari raya Idul Fitri pun kian mendekat. Kebiasaan masyarakat Indonesia di Idul Fitri bukan saja kembali ke kampung halaman, tapi juga mengenakan pakaian atau aksesoris yang serba baru. Namun kondisi pandemi seperti saat ini akan sangat berisiko jika kerap berada di kerumunan, seperti di pusat perbelanjaan atau pusat grosir yang sebelum pandemi menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan ketetapan pemerintah tersebut, berbelaja online menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tetap mengenakan pakaian serba baru saat lebaran nanti. Nah, bagi para pedagang online apa saja yang perlu disiapkan agar toko nya terus dikunjungi oleh banyak konsumen kelak. 

Kemas tampilan toko agar terlihat menarik

Meyakinkan seorang konsumen untuk berbelanja di toko online terasa gampang-gampang susah. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah mempercantik tampilan toko online. Saat ini beragam marketplace telah menyediakan banyak fitur untuk para pedagang untuk dapat merias tampilan toko agar lebih menarik. Menyesuaikan berdasarkan momen-momen tertentu dapat menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan. Seperti momen Idul Fitri yang semakin dekat, penggunaan warna yang cocok akan memberi kesan menarik.

Tampilan toko ini pun akan menunjukkan jika toko online ini benar-benar dikelola dengan baik dan tidak hanya sekedar toko online yang berjualan di marketplace saja. 

Beri penamaan produk yang menarik serta deskripsi yang lengkap

Pemberian nama merupakan salah faktor yang memancing konsumen untuk masuk dan melihat tampilan produk. Penamaan yang lengkap akan menarik konsumen lalu memancing konsumen untuk membaca deskripsi yang telah tertulis. Menulis deskripsi yang jelas dan lengkap akan menambah nilai di mata konsumen. 

Pemberian nama dan deskripsi yang jelas akan membuat konsumen menilai keseriusan pedagang dalam mengelola akun toko tersebut di marketplace. Deskripsi yang jelas akan semakin mendorong konsumen untuk tahu lebih dalam mengenai produk tersebut. 

Rajin ikut promosi yang dilakukan oleh marketplace

Selain melakukan pengaturan promosi sendiri, juga ikuti beragam program promo yang dibuat oleh marketplace. Bagi akun-akun yang sudah memiliki penjualan dan rating tinggi, umumnya disediakan satu orang perwakilan dari marketplace tersebut untuk membantu segala hal mengenai kebutuhan dalam marketplace tersebut. Perwakilan ini pun akan kerap menawarkan beragam program promo yang akan dijalankan oleh marketplace tersebut, seperti flash sale yang tampil pada laman utama marketplace tersebut atau program promo pada momen-momen tertentu, seperti lebaran dan tanggal kembar.

Berani memberikan diskon besar

Diskon merupakan salah satu yang disukai oleh konsumen. Memberikan diskon yang besar akan menggoncang pikiran mereka. Dengan adanya diskon yang besar akan mendorong konsumen untuk impulsif berbelanja. Meski dirasa barang yang di diskon tidak cukup diperlukan saat ini namun dengan adanya diskon yang besar akan mendorong konsumen untuk membeli dengan pertimbangan harga yang cukup dianggap murah saat ini. 

Bagikan di sosial media

Sosial media merupakan platform yang pasti digunakan oleh banyak orang, termasuk calon konsumen. Memanfaatkan sosial media menjadi hal yang wajib dilakukan, menyematkan tautan dalam sosial media akan mendorong calon pembeli penasaran akan tautan tersebut. Penempatan tautan dalam sosial media akan meningkatkan traffic terhadap produk anda dalam marketplace.

Jika ingin menyebarkan tautan lebih luas lagi, manfaatkan iklan dalam sosial media. Penggunaan iklan yang benar akan membuat tautan atau konten yang kita buat akan menyebar ke lebih banyak orang. Potensi orang yang melihat atau melakukan klik terhadap tautan yang kita sematkan akan lebih banyak lagi dari hanya sekedar pengikut kita di sosial media.

Setiap pedagang yang berada di marketplace pasti ingin jika produknya laku dan banyak terjual, khususnya di masa lebaran seperti saat ini. Namun, untuk bisa berada di tahap tersebut butuh usaha dan waktu agar produknya tampil dan kerap dikunjungi oleh calon pembeli. Pedagang harus membangun kualitas toko online terus menaik agar pengunjung tidak ragu untuk berbelanja. 

Semoga dengan tips tersebut dapat meningkatkan penjualan selama lebaran diberagam produk di marketplace.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun