Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Artis K-Pop di Lingkaran Situs Marketplace

16 November 2019   17:29 Diperbarui: 16 November 2019   17:37 1357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini siapa yang tidak mengenal aliran musik pop asal Korea Selatan? Nama-nama group seperti Super Junior, SNSD dan sampai saat ini yang digandrungi seperti Blackpink dan BTS. Mereka semua berasal dari Korea Selatan yang menjamur hingga Indonesia. Derasnya aliran musik asal negeri gingseng ini hadir karena grup-grup tersebut memiliki perawakan yang sempurna serta lagu-lagu yang cukup menarik didengar. 

Sebenarnya, tidak hanya arus musik Korean Pop saja yang menggema di Indonesia, tapi juga semua yang berasal dari Korea Selatan diminati oleh warga negara Indonesia. Mulai dari drama, makanan sampai menjadi destinasi wisata yang merupakan harapan para pecinta budaya Korea di Indonesia.

Melihat maraknya industri Korea Selatan di Indonesia dilihat sebagai sebuah kesempatan bagi para pemilik brand untuk menggunakan jasa artis Korea Selatan demi menggaet konsumen lokal mereka. Hadirnya para artis K-Pop ini diyakini dapat mendulang keuntungan bagi pemilik brand. Meski tujuannya berbeda-beda, menjadikan artis K-Pop sebagai bintang iklan mereka mampu mendulang konsumen yang mungkin sebelumnya belum tersentuh.

Industri e-commerce kini semakin besar dengan makin banyaknya perusahaan marketplace yang menawarkan jasanya. Marketplace merupakan sebuah perusahaan berbasis internet yang menawarkan jasa sebagai wadah untuk melakukan jual-beli melalui situs internet. Perusahaan marketplace ini ada yang asli karya anak bangsa dan juga ada yang masuk sebagai perusahaan yang telah melebarkan sayapnya di Indonesia. 

Meski produk dari marketplace ini tersedia dalam situs Internet, namun mereka tidak lupa untuk melakukan pemasaran secara offline. Pemasaran secara offline dirasa masih dianggap penting demi menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi. Semakin banyak yang mengunjungi situs mereka, berarti semakin banyak pula transaksi jual-beli disitus tersebut terjadi. 

Perusahaan marketplace pun tergoda menggoda menggunakan artis K-Pop dalam pemasaran mereka. Ada yang menjadikannya brand ambassador ada juga yang menggunakan jasanya dalam acara mereka. 

Tokopedia.

Siapa yang tidak mengenal Tokopedia, marketplace asli buatan anak bangsa ini mulai di launching tahun 2009. Meski dijaman itu orang jual-beli melalui online belum terasa familiar namun Tokopedia sudah berani meluncurkan marketplace. Saat ini Tokopedia memilih menggunakan BTS sebagai brand ambassador mereka. Hampir disemua iklan Tokopedia berbasis online dan offline menampilkan personil BTS dan juga dalam aplikasi mereka. BTS merupakan boy grup K-Pop yang memiliki lagu-lagu hits dan juga sudah dikenal di benua Amerika dan Eropa.

Shopee

Shopee adalah situs jual-beli yang berasal dari Singapura yang mulai beroperasi pada 2009. Shopee kini sudah berkembang ke negara-negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam hingga Taiwan. Marketplace yang memiliki ciri warna oranye ini menggunakan Gfriend sebagai bintang iklan mereka. Shopee Indonesia pun mengundang girl group asal Korea Selatan di dalam konser yang bertajuk Shopee Gfriend show di Jakarta. Mengundang Gfriend dalam acara Shopee membuat mereka kini semakin dikenal sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia.

Lazada 

Lazada merupakan salah satu marketplace yang kini dimiliki oleh Alibaba Group. Tidak hanya di Indonesia, Lazada juga beroperasi di Malaysia, Vietnam, Filipina, SIngapura dan Thailand. Meski bukan Lazada Indonesia, Lazada turut mengundang Apink di acara yang berjudul lazada 11.11 Super Show yang dilangsungkan di Malaysia. Girl group yang debut pada 2011 membawakan 3 buah lagu dalam acara 11.11 tersebut. 

Besarnya pengaruh artis Korea Selatan khususnya di kawasan Asia Tenggara mendorong para pelaku marketplace ini menggunakan artis Korea sebagai ambassador mereka. Dengan hadirnya para artis Korea Selatan pun diharapkan mampu memberi keuntungan lebih bagi para pelaku usaha marketplace ini dan menarik konsumen para pecinta K-Pop.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun