Mohon tunggu...
Zuke Kristiana
Zuke Kristiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai aku Zuke

Berusaha menjadi yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perkembangan dan Manfaat Media Sosial

30 Juli 2021   12:55 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:53 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Media sosial merupakan media online yang terhubung secara otomatis di suatu jaringan. Media sosial digunakan oleh manusia untuk berinteraksi dengan orang lain secara cepat dan mudah. Media sosial sangat praktis digunakan dan tidak mengenal batas waktu dan cakupan wilayah. Dewasa ini, perkembangan media sosial sangat pesat, berbagai macam media sosial dapat dijumpai dalam keseharian. Contohnya, seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Pinterest, Line, dan lain-lain. Media tersebut tentu memiliki sejarah perkembangan yang menarik untuk di bahas. Berikut pembahasan mengenai beberapa media sosial :

Instagram

Perusahaan pendiri Instagram bernama Burbn, Inc. Berdiri pada tahun 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang saat ini menjadi CEO Instagram.  Kata instagram berasal dari dua kata yakni "insta" yang artinya instan, seperti kamera polaroid yang dikenal pada masanya dan  "gram"  berasal dari kata "telegram" artinya cara kerjanya mengirimkan informasi kepada orang lain.

Facebook

Facebook berdiri pada 4 Februari 2004 didirikan oleh Mark Zuckerberg. Awalnya, ia membuat aplikasi bernama The Facebook yang bertujuan untuk menghubungkan mahasiswa Harvard University satu sama lain. Saat itu dalam satu hari 1000 orang telah mendaftar. Hal ini merupakan sesuatu yang fantastis!

Whatsapp

Whatsapp didirikan pada 24 Februari 2009. Brian Acton dan Jan Koum adalah pelopor berdirinya aplikasi ini. Whatsapp memiliki beberapa fitur, yakni  mengirimkan pesan, foto, video, berkas-berkas penting, menelpon suara, video call, dan sebagainya.

Pinterest

Pendirian pinterest dipelopori oleh Ben Silberman, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Perkembangan pertama kalinya pada Desember 2009. Pinterest memiliki fitur utama untuk mengoleksi dan berbagi foto. Selain itu, terdapat juga fitur pesan yang dapat digunakan pengguna untuk berbagi pin kepada pengguna lain.

Line

Line adalah aplikasi untuk mengirim pesan secara gratis yang dapat digunakan di ponsel pintar, laptop, dan tablet. Saat kita menggunakan line, kita dapat mengirimkan pesan teks, pesan suara, video, gambar, dan lain-lain. Line didirikan oleh perusahaan bernama NHN Corporation yang berpusat di Jepang. Kemunculan line pertama kali pada tahun 2011. Saat itu, line hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan android saja.

Shopee

Shopee didirikan tahun 2015 di Singapura. Shopee memperluas jangkaun ke negara lain seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. CEO Shopee adalah Chris Feng, seorang mantan roket internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.

MANFAAT MEDIA SOSIAL

Koneksi
Tak bisa dipungkiri media sosial tentu mempermudah manusia berinteraksi dengan orang lain tanpa batas waktu dan cakupan wilayah. Misal, orang yang tinggal di Indonesia bisa dengan mudah berinteraksi dengan saudaranya yang berada di luar negara seperti Australia.

Pendidikan
Perkembangan pendidikan yang pesat tentu tidak lepas dari pernanan media sosial. Seorang siswa dapat menambah pengetahuan ketika mencari suatu informasi. Hal tersebut menambah pengetahuan yang ada. Seseorang yang sebelumnya tidak mengetahui informasi mengenai sesuatu dengan adanya media sosial, ketidaktahuan tersebut bisa terjawab.

 

Bantuan
Media sosial dapat mempermudah ketika seseorang mengalami kesulitan. Mereka bisa dengan mudah membagikan hal yang sedang mereka hadapi dan bisa dengan mudah mendapat respon yang cepat dari responden. Misal, ketika ada informasi orang hilang, media sosial memiliki peranan untuk membagikan informasi tersebut kepada orang banyak dan orang lain dapat membantu mencari orang yang hilang tersebut.

Informasi
Berbagai macam informasi dapat ditemukan seperti informasi olahraga, kesehatan, gaya hidup, dan banyak lainnya. Hal tersebut tentunya memberikan banyak hal positif kepada pembaca

Promosi
Di era globalisasi seperti sekarang, media sosial menjadi pilihan yang tepat jika ingin melakukan promosi. Banyak sekali perusahaan atau platform digital yang bergerak secara online untuk memasarkan sekaligus mempromosikan produknya. Konsumen pun dapat dengan mudah membeli barang dan memilih barang tanpa harus pergi ke toko secara langsung

Media sosial telah mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai jenis media sosial dapat kita gunakan dan jumpai dalam keseharian. Media sosial juga membawa manfaat bagi pengguna antara lain dalam hal konektivitas jauh lebih mudah. Dalam sarana promosi media sosial juga turut membantu para pengusaha dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Begitu pula dengan konsumen, konsumen dapat berbelanja dengan mudah dan praktis tanpa harus mengunjungi toko secara langsung. Dalam sarana pendidikan media sosial juga turut membantu para siswa/i dalam mendapatkan informasi yang ada di media sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun