Mohon tunggu...
Zuhrotun Nisa
Zuhrotun Nisa Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Pekalongan

Mahasiswa Peminatan Epidemiologi || Kesehatan Masyarakat || Fakultas Ilmu Kesehatan. Email : zuhrotunnisa11@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) terhadap Kesehatan Jiwa pada Anak Remaja

28 Oktober 2020   17:15 Diperbarui: 28 Oktober 2020   18:09 900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dikutip dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Beberapa kasus yang tengah marak akhir-akhir ini terkait gangguan kejiwaan (mental, emosional dan perilaku) yang dialami anak akibat kecanduan gadget pada anak merupakan masalah yang dianggap penting dan harus di waspadai oleh seluruh orang tua yang memiliki anak terutama usia pre sekolah dengan kebiasaan memainkan gadget (Wulandari & Hermiati, 2019).

Dari riset yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), anak-anak Indonesia yang kecanduan gadget jumlahnya sekitar 20%. Ini belum termasuk yang masih pada tahap problematic level (sudah tampak bermasalah meski belum sampai level kecanduan). Saat ini populasi anak dan remaja Indonesia berkisar 90 juta jiwa, jumlah 20% dari 90 juta rasanya sudah harus membuat kita waspada, karena ini banyak sekali (Mega, Sulastri, & Khodijah, 2020).

Kecanduan gadget dapat mempengaruhi perkembangan otak anak karena produksi hormon dopamine yang berlebihan menganggu kematangan fungsi prefrontal korteks yaitu mengontrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan dan nilai-nilai moral lainnya. Orang yang sering menggunakan gadget cenderung mengalami hambatan interaksi sosial dengan lingkungan sekitar Salah satunya perihal berkurangnya aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan sang anak (Rini & Huriah, 2020).

Untuk itu perlu adanya batasan dalam menggunakan gadget pada anak. Perilaku penggunaan gadget dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pengetahuan. Kurangnya pemahaman tentang dampak penggunaan gadget  menjadikan anak-anak berperilaku menggunakan gadget secara berlebihan (Anggraeni, 2019).

A. Definisi Gadget

Kata gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus. Pengertian lain gadget yaitu sebuah perangkat atau teknologi elektronik yang berkembang pesat dan mempunyai fungsi tertentu dengan berbagai jenis diantaranya yaitu smartphone, mobile phone, iphone, blackberry, ipad, tablet, dan netbook (Zaini, 2019).

B. Definisi Kesehatan Jiwa

Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa, kesehatan jiwa didefinisikan sebagai kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. 

C. Sisi Positif dan Negatif dari Penggunaan Gadget

Sisi positif dari penggunaan gadget adalah hidup menjadi praktis selain itu ada:

Edukasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun