Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
                              Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Tujuan yang ingin dicapai :Â
Meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui kegiatan mengurutkan angka 1-10
Penulis  :
Zubdatul Aulia
Tanggal :Â
15 Oktober 2022
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan yaituÂ
Anak merasa kesulitan dalam memahami urutan bilangan 1-10 dalam hal ini seringkali terloncat dalam mengurtkan angka
Praktik ini menjadi penting untuk dibagikan karena
 kemampuan dalam mengenal konsep bilangan dapat mengembangkan keterampilan berfikir, bernalar serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Masalah ini jika tidak segera diatasi menjadikan dampak karena dalam kehidupan sehari-harinya, anak terlibat langsung dalam penggunaan lambang bilangan sebagai contoh ketika anak membilang benda, merapikan mainannya membaca lambang bilangan atau angka dalam jam sehingga anak mengetahui waktunya. Â
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktek pembelajaran ini adalah
sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif, Â melakukan evaluasi dengan memberikan stimulasi yang sesuai terhadap kebutuhan dan perkembangan anak sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada aspek perkembangan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10
Adapun tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan tersebut yaitu:
- Â Motivasi belajar peserta didik itu sendiri
- Â Cara guru dalam mengajar serta mengelola bahan ajar yang kurang inovatif
-  Dari tantangan yang disebutkan di atas, maka untuk mencapai tujuan pada praktik pembelajaran ini tentunya melibatkan guru   dan peserta didik itu sendiri.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengahadapi tantangan tersebut diantaranya :
      Guru harus meningkatkan kompetensi mengajarnya, dalam hal ini pada penggunaan model pembelajaran yang inovatif,               memanfaatkan serta mengelola media pembelajaran yang menarik sehingga berdampak pada peserta didik dalam kegiatan dan        hasil pembelajaran.
Adapun strategi yang dapat digunakan diantaranya: Â
      Pengenalan konsep bilangan dilakukan menggunakan metode bermain
      Pemanfaatan media pembelajaran menggunakan media konkrit/nyata dengan memanfaatkan media loose part  melalui                permainan Number Weave
- Proses pelaksanaanya yaitu dengan menunjukkan kartu angka kemudian peserta didik diminta untuk menyebutkan angka tersebut. Proses selanjutnya yaitu menulusuri urutan angka menggunakan tali yang telah disediakan. Dalam hal ini peserta didik dapat saling bekerja samaÂ
Siapa Saja yang terlibat ?
- Guru sebagai perancang dan pelaksana praktik pembelajaran.
- Rekan guru yang membantu dalam mempersiapkan praktik pembelajaran, merekan , dan juga memberikan masukan dan semangat.
- Kepala sekolah yang memberikan izin, dan bersedia menjadi narasumber yang diwawancarai dalam menentukan solusi dari masalah yang dihadapi serta mendukung dalam praktik pembelajaran.
- Siswa yang bersemangat dan antusias mengikuti praktik pembelajaran ini.
- Wali murid yang mendukung proses pelaksanaan kegiatan praktik berikut
Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu :
- RPP yang telah dirancang menggunakan Kurikulum 13 dan Model Pembelajaran SentraÂ
- Pemanfaatan TIK dalam menampilkan terkait materi Video pembelajaran
- Pemanfaatan bahan Loosepart dalam media pembelajaran
Dampak dari aksi lagkah-langkah yang dilakukan yaitu :
- Motivasi belajar peserta didik yang menunjukkan peningkatan
- Peserta didik dapat bekerja sama selain itu kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan
- Peserta didik jadi lebih mandiri
- Hasil belajar peserta didik meningkat mereka dapat meyelesaikan kegiatan lebih cepat serta hasilnya mereka dapat menyelesaikannya dengan benar.
- Respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah dengan adanya kegiatan pembelajaran ini sangat memotivasi untuk lebih meningkatakan dalam membuat rencana pembelajaran yang menarik.
- Respon positif juga ditunjukkan oleh orang tua dengan adanya kegiatan pembelajaran ini jalinan komunikasi semakin baik. Hal ini ditunjukkan dengan komentar positif pada group orangtua dan guru dari hasil rekaman video Â
Dampak melalui mengguakan metode bermain pada peserta didik yaitu
 mereka dapat menyelesaikan kegiatan dengan lebih cepat dan lebih termotivasi. Selain itu peserta didik lebih bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran karena dalam hal ini peserta didik dapat saling bekerja sama. Guru menyiapkan 2 media pembelajaran yang mana peserta didik dapat berlomba untuk menyelesaikan kegiatan.
Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif karena pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H