Mohon tunggu...
Zulfa Hanifah
Zulfa Hanifah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cyber Public Relations

26 November 2016   14:13 Diperbarui: 26 November 2016   14:40 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

E-PR adalah Public Relations yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya. Di Indonesia dikenal dengan istilah Cyber Public Relations.

Electronic
 Mengacu pada media elektronik internet. Media ini dimanfaatkan PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust).

Public
 Media internet membantu perusahaan menjangkau publik lebih cepat dan luas serta sebaliknya.

Relations

Melalui media internet hubungan yang sifatnya one-to-one dapat dibangun dalam waktu yang cepat karena sifat internet yang interaktif.

Ribuan one-to-one relations dapat dibangun melalui internet karena sifatnya yang interaktif. Dalam dunia nyata, perusahaan dapat menyembunyikan perusahaan dan hanya mengedepankan produk. Namun, dengan internet, seperti apapun perusahaan, karakternya, reputasinya, dapat langsung dilihat oleh siapa saja, mulai dari pelanggan, kompetitor, investor, wartawan, dan bahkan musuh bisnis perusahaan.

Manfaat internet bagi PR:

  • Komunikasi konstan
  • Respons yang cepat
  • Pasar Global
  • Interaktif
  • Komunikasi dua arah
  • Hemat

Email yang efektif:

Membuat Pesan Email yang Efektif (Bob J. Onggo).

1. Perhatikan subject Line email

- Subjek line hendaknya singkat

- Jangan mirip iklan

- Hendaklah positif

- Tonjolkan manfaat yang paling penting

- Jika tahu nama sipenerima email, sapa nama mereka di subjek line.

- Jangan mengunakan huruf besar

- Taruh kata-kata yang paling penting lebih dahulu

2. Gunakan Email Merge (Personalisasi)

3. Gunakan nama pribadi

4. Lebih difokuskan pada satu topik

5. Penggunaan .HTML atau .Txt

6. Penggunaan Sig.File (kartu nama elektronik)

7. Penggunaan attachment.

8. Penggunaan emoticon

SIGNATURE FILE (SIG.FILE)

Signature File atau kartu nama elektronik merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan oleh PR dalam mempromosikan situs web korporat.

â–ªMenaruh sig.file di akhir e-mail dan terlibat dalam suatu diskusi di newsgroup (komunitas online) akan menggugah orang lain untuk masuk ke dalam situs Web Anda.

â–ªDesain dan isi sig.file dapat dimanfaatkan untuk memposisikan bisnis dan sebagai pengganti logo perusahaan

â–ª Menggunakan sig.file dapat membangkitkan reputasi dan kesan yang bagus apalagi jika isi email

mengandung hal informatif dan edukatif.

â–ª Sig.file dapat memberi kesan kepada komunitas maya bahwa anda seorang yang memiliki etika maya yang bagus.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN SIG.FILE

â–ª Sebutkan informasi identitas Anda secukupnya

â–ª Singkat, tidak lebih dari 8 baris

â–ª Jangan menyebutkan harga produk tertentu

â–ª Jangan menggunakan terlalu banyak simbol

â–ª Jangan menuliskan nada-nada penjualan secara langsung

â–ª Jangan menuliskan sederetan produk yang Anda jual

â–ª (Bob Julis Onggo, 2004:33)

AUTORESPONDER

Autoresponder merupakan suatu program penjawab email secara otomatis dan cepat. Program ini adalah program yang terletak pada mail server yang akan mengirimkan jawaban yang sudah diprogram untuk menjawab pertanyaan dari resipien pengirimnya. Jawaban bisa berupa satu pesan tunggal atau serangkaian pesan

Program ini memiliki banyak nama, tetapi maksudnya sama. Beberapa nama tersebut adalah: infobots, responders, mailbots, autobots, automailers atau e-mail on-demand.

BEBERAPA TIP UNTUK MENGHASIL PESAN-PESAN EFEKTIF YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN AUTORESPONDER

â–ª Sapa nama penerima email secara personalisasi

â–ª Gunakan gaya menulis percakapan

â–ª Fokus pada kebutuhan penerima email

â–ª Perhatikan subject line-nya

â–ª Ingatkan mereka untuk bertindak

â–ª Perhatikan tanda baca dan ejaan

â–ª Langsung ke tujuan

â–ª Gunakan banyak paragraf, namun sedikit baris dalam paragrafnya

â–ª Jangan melebihi 75 karakter

â–ª Manfaatkan multiple follow up sehingga anda bisa melakukan follow up tanpa harus berada di depan komputer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun