Mohon tunggu...
Zida Sinata Milati
Zida Sinata Milati Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer, Content Creator, Writer

Seorang freelancer yang menyenangi dunia content creator dan kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

5 Alasan Mengapa Anda Harus Pelihara Kucing, Based on True Story

16 Januari 2024   12:20 Diperbarui: 16 Januari 2024   12:22 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Supercat (Dok. petcostumecenter.com)

Sebagai Alarm Bahaya 

Sudah dua kali ini kucing-kucing pintar saya berhasil menyelamatkan saya dan keluarga dari ular sendok ukuran kecil yang sering ke rumah sepanjang musim penghujan. Maklum rumah berada di desa dan masih banyak area persawahan dan perkebunan yang ditumbuhi rumput-rumput lebat.

Memang kucing saya tidak bisa mengusir ataupun membunuh ular, namun berkat indra penciuman dan pendengarannya yang tajam akan hadirnya hewan berbahaya ke rumah, kucing mampu memberikan respon seperti diam mengamati ular dari kejauhan dan seolah sedang bersiap siaga akan kemungkinan penyerangan ular tersebut.  

Kucing saya adalah yang pertama menyadari akan kehadiran ular tersebut, awalnya saya berpikir itu hanyalah cicak atau belalang yang sering mereka dapatkan saat perburuan, namun setelah saya mendekat, mereka nampak serius dan ketika saya pegang salah satu tubuh kucing, dia terasa kaku dengan bulu berdiri. Setelah saya amati dengan seksama, barulah saya menyadari bahwa mereka menemukan ular.

Karena kucing saya lebih dari satu, mereka seakan-akan mengepung ular dari berbagai sisi, sehingga ular hanya bisa diam di tempat, sembunyi, mereka tetap fokus terus melihat tingkah ular. Tidak mau kalah dengan kucing-kucing yang pintar mengepung, saya juga memberanikan diri untuk mencari tongkat kayu panjang untuk membunuh ular dalam sekali sodokan, karena posisi di rumah juga sepi tidak ada orang.

Dengan tangan gemetar, saya izin dan minta maaf kepada ular dan Tuhan sebelumnya untuk membunuh dan meyakinkan ular bahwa dunia akhirat akan lebih baik, lalu dengan mata yang sedikit tertutup saya mulai memberanikan diri untuk membuatnya pergi dengan tenang.

Mungkin bagi pecinta hewan, ada yang menyalahkan perbuatan saya, karena tidak melepas liarkan ular kembali ke habitatnya. Namun dalam ajaran saya, ular adalah hewan yang boleh untuk dibunuh jika memang membahayakan keselamatan sendiri, serta banyak penduduk di desa saya yang mengalami ayamnya mati secara mendadak karena dugaan diserang ular, dan membuatnya mengalami kerugian.

Setelah perurusan ular selesai, saya cukup menyadari bahwa ternyata kucing yang selama ini saya pelihara tidak hanya memberikan hiburan haha hihi saja bagi saya, tetapi mereka adalah yang pertama menyadarkan saya bahwa ada keadaan berbahaya di rumah dan berhasil menyelamatkan saya serta keluarga.

Teman Kesepian 

Ilustrasi Kucing dan Pemiliknya (Dok. Kompas.com)
Ilustrasi Kucing dan Pemiliknya (Dok. Kompas.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun