Mohon tunggu...
Zhafira Jaizah Amany
Zhafira Jaizah Amany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2023

Impossible is just an opinion

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tips Meningkatkan Penjualan Online pada UMKM dengan Digital Marketing

30 Juni 2024   15:30 Diperbarui: 30 Juni 2024   15:49 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang tim sedang berdiskusi mengenai tips. Kredit foto: pexels.com

Di era digital ini, peluang bagi UMKM untuk berkembang pesat semakin terbuka lebar. Dengan memanfaatkan digital marketing, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan online.

Dalam Artikel ini, kita akan membahas mengenai tips meningkatkan penjualan online pada UMKM dengan digital marketing. Mari, pelajari tips jitu digital marketing untuk meningkatkan penjualan online UMKM Anda!

Membuat dan Menyertakan Live Chat di Website

Membuat dan menyertakan live chat di website menjadi salah satu cara bagi UMKM untuk mempertahankan bisnis online mereka. Sebab, live chat dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dalam memperkenalkan produk Anda.

Berikut langkah-langkah menggunakan live chat di website UMKM Anda:

1. Pastikan live chat Anda mudah diakses.

2. Berikan waktu respons yang cepat.

3. Gunakan gambar dan video.

Memanfaatkan Email Marketing

Memanfaatkan email marketing juga manjadi faktor dalam pemasaran untuk meningkatkan hubungan terhadap klien. Lalu, bagaimana meningkatkan penjualan UMKM dengan email marketing?

Anda dapat menggunakan untuk mempromosikan produk baru dan penawaran spesial, menawarkan diskon eksklusif kepada klien Anda, meminta umpan balik dari klien Anda melalui email. Perlu diingat, bahwa email marketing hanya salah satu bagian dari strategi digital marketing. Untuk memperoleh hasil yang baik, gabungkan email marketing dengan SEO, media sosial, dan iklan online lainnya.

Membuat Video Marketing

Membuat video marketing yang efektif membutuhkan waktu dan usaha, akan tetapi hal itu dapat menjadi cara yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan online bagi UMKM. Selain itu, video marketing juga mampu menjangkau klien dan memromosikan produk Anda. Lalu, jenis video marketing apa yang bisa dibuat oleh UMKM?

Anda dapat membuat video seperti, video produk, testimonial, explainer, behind the scenes, tips dan trik. Namun, dalam membuat video tersebut, perlu adanya kombinasi kreativitas, keterampilan teknis, dan perencanaan strategis dalam pemasaran video secara efektif untuk meningkatkan klien dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Dengan menerapkan tips-tips diatas, UMKM dapat berkembang di era digital dan meningkatkan penjualan online Anda secara signifikan. Ingatlah, digital marketing adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah belajar, berinovasi, dan beradaptasi untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun