Aku pernah berkesempatan hadir pada kumpul komunitas di Medan yang digelar oleh tim YouTube. Pada acara tersebut tim YouTube datang untuk menyebarkan kampanye mengenai fitur terbaru mereka YouTube Shorts. Ada banyak rahasia untuk bisa berhasil di YouTube Short. Nah, baca sampai habis ya karena aku akan bahas rahasianya sambil ngobrolin soal IndiHome, internet provider.
Kini sebuah brand khususnya yang bergerak dalam jasa layanan sangat mustahil jika tidak memiliki akun sosial media. Terkadang fungsi dari sosial media brand tidak hanya pada target penjualan semata tetapi juga misi membangun awareness.
Dalam membangun awareness pada setiap sosial media yang dimiliki pastinya perlu treatment yang berbeda-beda. Karena riskan sekali bila satu konten tapi diunduh dalam waktu bersamaan pada semua platform. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan sosial media kita, lagi pula follower zaman now juga sudah cerdas.
Lalu, apa yang harus dilakukan tim konten IndiHome sebagai internet provider dalam merawat sosial media yang bilang masih baru yaitu YouTube Shorts?
Sebelum aku bongkar satu per satu tips dan trik tentang berkonten ria bersama IndiHome di YouTube Shorts dimana tipsnya langsung aku dapat dari tim YouTube Indonesia, mari kita bahas sekilas supaya lebih kenal dengan IndiHome.
Sekilas Tentang IndiHome
IndiHome merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home yang menjadi salah satu produk layanan PT Telkom Indonesia. Layanan digital yang disediakan IndiHome ada internet, telepon rumah dan TV interaktif dengan varian pilihan paket serta layanan add on yang dapat kita pilih sesuai budget dan kebutuhan.
Pada tahun 2023, IndiHome telah berusia 8 tahun sejak resmi menggantikan layanan Speedy pada tahun 2015. Kini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Impian Telkom mewujudkan rumah berkonsep digital akan terus berinovasi dalam pemenuhan kebutuhan internet terbaik untuk masyarakat.
Untuk produk dari IndiHome dapat diakses pada website resminya. Pada website ada informasi sediaan produk, yakni ada paket 3P, 2P, 1P. Pelanggan tinggal pilih saja. Paket 3P adalah bundle paket internet, telepon rumah dan tv interaktif, untuk paket 2P yaitu bundle paket internet dan telepon rumah, sedangkan 1P hanya paket internet saja.
Bersiap Untuk Konten Inspiratif dan Kreatif IndiHome di Platform YouTube Shorts
Kalau diperhatikan dari akun YouTube IndiHome yang sudah memiliki 38 ribu follower ternyata untuk konten Shorts baru ada 5 video pendek terbaru. Semoga setelah ini bisa lebih sering buat konten Shorts ya IndiHome.
Best Practice untuk mahir hasilkan konten inspiratif dan kreatif di Shorts, berikut informasi dari Mba Hana selaku Shorts Community Partner Manager. Shorts sendiri merupakan solusi bagi pemula yang baru main YouTube, tapi sekaliber IndiHome mah sudah oke tinggal perbanyak konten Shorts-nya nih.
1. Manfaatkan Fitur Green Screen
IndiHome sebagai brand jasa layanan internet, pastinya ada banyak ide seputar internet atau kasus yang bisa diangkat jadi konten dengan menggunakan fitur green screen saja, jadi gak perlu turun ke lapangan. Baru-baru ini marak lagi penipuan oknum IndiHome, nah bisa jadi bahan konten agar semakin banyak yang waspada terhadap isu ini.
2. Kreasikan Video Panjang Menjadi Konten Shorts
Serial Teknisi Magang IndiHome bisa dibuat jadi konten Shorts loh. Sekarang serial Teknisi Magang sudah season 4, nah aku yakin semakin banyak konten Shorts serial ini bakal semakin banyak yang nonton.
3. Balas Komentar dengan Video
Jika diperhatikan, akun YouTube IndiHome tidak menyalakan fitur komentar. Aku gak tahu kenapa juga sih, tapi balik lagi ke pemilik akun. Namun, best practice untuk balas komentar dengan video bisa dilakukan untuk menambah konten Shorts kita ya.
4. Tarik Perhatian Penonton
Kalau naik pesawat ada critical eleven namanya, sedangkan pada konten, ada 3 detik pertama yang mengikat mata penonton. Pada YouTube Shorts tidak bisa menerapkan Thumbnail jadi konten kreator mesti kreatif membuat video yang visualnya penuh daya tarik dan ide menarik serta unik, atau bisa dibantu dengan suara.
5. Singkat dan Berdiri Sendiri
Konten Shorts ini memang unik, kadang yang dengan hp biasa dan pencahayaan seadanya bisa jadi viral sebaliknya malah gak viral, sekali lagi viral itu memang kayak jodoh ya. Jadi, buatlah konten singkat, editan padat, dan cerita yang mudah dipahami. Sebab, penonton video pendek udah gak sempat lagi mikir yang berat-berat karena memang tujuan nonton shorts adalah cari hiburan.
6. Bikin Konten yang Relate Sama Semua Orang
Manusia itu paling senang mencari persamaan dengan manusia lainnya begitu juga dengan ide konten. Misal, konten yang berbau 'anak tahun 90'an mana nih suaranya', atau konten sebelum ada internet dan sesudah ada internet, nah pasti seru banget tuh.
7. Show It, Don't Tell
Uniknya lagi dalam berkonten format video, justru yang gak ada suara aja kadang views-nya banyak. Bener gak? Nah, biarkan visual bercerita.
Demikian, 7 best practices agar IndiHome makin semangat bikin konten inspiratif dan kreatif di platform YouTube Shorts. Oiya, tips tersebut juga bisa diterapkan siapa saja yang mau mencoba peruntungan jadi konten kreator di YouTube Shorts ya.
Semoga bermanfaat!
Sumber tulisan:
https://indihome.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome
https://selular.id/2022/09/sejarah-indihome-penerus-speedy-yang-kini-berjaya-di-segmen-internet-fixed-broadband/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H