Mohon tunggu...
Miranda Fitria
Miranda Fitria Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

bingung mau ngisi deskripsi kayak gimana, awalnya buat akun karena harus upload tugas Bahasa Indonesia aja hehe.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Kualitas Bangsa Melalui Budaya Literasi

27 Januari 2023   00:04 Diperbarui: 27 Januari 2023   00:05 560
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

“AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS,”

–MOHAMMAD HATTA.

Globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) menjadi tuntutan zaman yang tidak dapat dihindari. Seiring dengan berjalannya waktu, dunia memasuki zaman milenial saat masyarakat terjebak dalam lingkar masyarakat multimedia (cyber society). Akibatnya daya pengaruhnya cukup kuat terhadap perubahan perilaku sosial yang mendasar dalam kehidupan kita.

Tren sosial rupanya lebih mudah diterima daripada nasihat orang tua yang terlanjur dianggap klasik di kalangan remaja. Tren sosial yang ditandai dengan era kecanggihan teknologi memang menjadi bumerang jika tidak bijak dalam menyikapinya. Di era serba digital saat ini, yang menjadi daya tarik bagi kita bukan lagi kegiatan literasi (baca tulis), namun gawai dan televisi. Hal ini menunjukkan fenomena tersingkirnya budaya literasi dari diskusi publik. Sudahkah pemerintah memaksimalkan peranannya untuk bangsa Indonesia di masa depan?

Hasil survei tahun 2016 yang dilakukan US Agency For International Development (USAID) cukup mencengangkan. Rata-rata orang Indonesia menonton tayangan televisi selama 300 menit per hari (5 jam per hari), bandingkan dengan rata-rata negara maju, yang penduduknya hanya butuh waktu 60 menit (1 jam per hari). Di sisi lain, anak-anak yang dulu gemar membaca, kini lebih asyik merunduk khusyuk bermain game dan aktif di dunia media sosial (medsos) melalui gawainya.

Selain itu hasil survei yang dilakukan oleh United Nations Educational, Scientific And Cultural Organization (UNESCO) mencatat indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, pada setiap 1.000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat membaca. Masyarakat di Indonesia rata-rata membaca nol sampai satu buku per tahun. Angka tersebut kian timpang saat disandingkan dengan warga Amerika Serikat yang terbiasa membaca 10-20 buku per tahun. Saat bersamaan, warga Jepang membaca 10-15 buku dalam setahun (Republika, 29 April 2016).

Kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kecerdasan dan pengetahuan. Kecerdasan dan pengetahuan dihasilkan oleh seberapa ilmu pengetahuan yang didapat, sedangkan ilmu pengetahuan diperoleh dari informasi lisan maupun tulisan. Namun, ironisnya jumlah terbitan buku di Indonesia tergolong rendah tidak sampai 18.000 judul buku per tahun. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan Jepang yang mencapai 40.000 judul buku per tahun. (Sumber: Majalah Oase Edisi April 2014).

Secara sederhana literasi dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan membaca dan menulis. Kita mengenalnya dengan ‘melek aksara’ atau keberaksaraan. Namun, sekarang ini literasi memiliki arti luas sehingga keberaksaraan bukan lagi bermakna tunggal melainkan mengandung beragam arti (multi literacies). Ada bermacam-macam keberaksaraan atau literasi, yaitu literasi komputer, literasi media, literasi teknologi, literasi ekonomi, dan literasi informasi. Jadi keberaksaraan atau literasi dapat diartikan melek teknologi, melek informasi, berpikir kritis, dan peka terhadap lingkungan.

Salah satu yang perlu diperhatikan secara khusus di zaman sekarang yaitu literasi media khususnya media sosial atau medsos. Apa itu medsos? Medsos merupakan salah satu sarana melakukan komunikasi antar manusia di zaman modern ini. Munculnya medsos memang berwajah ganda. Satu sisi media ini bisa meningkatkan hubungan pertemanan yang lebih erat, bisnis, dan beragam layanan jasa daring lainnya. Namun, pada wajahnya yang lain medsos juga sering menjadi pemicu munculnya berbagai persoalan. Maraknya berita bohong, ujaran kebencian, hasutan, caci maki, dan adu domba telah mengancam persatuan dan ideologi bangsa.

Sungguh ironi, ketika era digital dengan segala tawaran potensialnya digadang-gandang dapat mempermudah akses informasi dan bacaan malah berbalik arah menjadi darurat minat baca. Padahal minat baca adalah kunci utama dalam keberaksaraan. Seperti pendapat Ratnasari (2011:16) yang mengatakan bahwa minat adalah suatu perhatian yang kuat terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri. Namun, pada kenyataannya minat baca saat ini telah pudar. Tergusur oleh tren gawai budaya instan yang berakibat fatal dapat menurunkan minat baca dalam berliterasi.

Banyak pengguna medsos yang tidak mampu memilah mana informasi yang benar dan mana pula yang palsu (hoax). Kondisi ini diperburuk dengan banyaknya orang yang tergantung pada medsos. Mayoritas mereka tidak memahami bagaimana menggunakan medsos yang bijak. Sebagai dampak dari ketergantungan pada medsos adalah terjadinya penurunan literasi (the decline of literacy).

Salah satu hal yang serius dari akibat penggunaan medsos yang kurang bijak dapat menyebabkan penurunan kemampuan berbicara di muka publik. Dampak ini dapat saja terjadi karena dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia cenderung lebih suka bermain dengan medsos daripada melakukan interaksi langsung antar sesama. Hal ini bisa dihindari, dengan menjaga privasi dan keamanan akun pengguna media, menghindari hoax, menyebarkan informasi positif, menggunakan media sosial seperlunya. Beberapa program solusi yang layak dijalankan dalam meningkatkan daya baca masyarakat Indonesia sehingga akan terbentuk budaya literasi, yaitu memperbaiki kualitas dan pemerataan pendidikan, memperbanyak perpustakaan di semua daerah, dibutuhkan program berkelanjutan untuk mendorong bagi penerbit buku dan merangkul para aktivis media sosial.

Penguasaan literasi dalam segala aspek kehidupan memang menjadi tulang punggung kemajuan peradaban suatu bangsa. Karena itulah sudah saatnya, budaya literasi harus lebih ditanamkan sejak usia dini agar anak bisa mengenal bahan bacaan dan menguasai dunia tulis-menulis.

Oleh karena itu minat membaca berbanding lurus dengan tingkat kemajuan pendidikan suatu bangsa. Kegiatan membaca merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Belajar selalu identik dengan kegiatan membaca karena dengan membaca akan bertambahnya pengetahuan, sikap dan keterampilan seseorang. Pendidikan tanpa membaca bagaikan raga tanpa ruh. Fenomena pengangguran intelektual tidak akan terjadi apabila masyarakat memiliki semangat membaca yang membara. Semakin banyak penduduk suatu wilayah yang haus akan ilmu pengetahuan, maka semakin tinggi kualitasnya. Kualitas suatu bangsa biasanya berjalan seiring dengan budaya literasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun