Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi :SMK N 1 Agrabinta Kabupaten Cianjur
Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai:
Meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI OTKP dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran mengonstruksi teks LHO kelas X MPLB A menggunakan model pembelajaran Projek Based Learning
Penulis: Yayi Solihah DM, S.Pd
Tanggal: Jumat, 09 Desember 2022 Pukul 10.30-12.00
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar Belakang Masalah
Masalah kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerita dan mengonstruksi teks LHO disebabkan oleh beberapa hal:
1. Bahan bacaan yaitu kurangnya koleksi buku di perpustakaan;
2. Model pembelajaran masih menggunakan model yang konvensional atau klasik;
3. Media yang digunakan belum membuat anak semangat untuk belajar. Contohnya hanya menggunakan buku pelajaran saja;
4. Kurangnya pemanfaatan teknologi seperti penggunaan sumber belajar berbasis internet atau kurangnya penggunaan TIK pada alat pembelajaran.
Mengapa praktik ini perlu dibagikan?
Praktik ini penting untuk dilakukan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran diantaranya :
Dengan menerapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dari pembukaan, kegiatan inti dan penutup
Media yang digunakan dapat memotivasi anak untuk berfikir HOTS dan dapat mengali fenomena yang terjadi di sekitarnya.
Media inovatif yang digunakan dapat menstimulus anak
Proses pembelajaran yang dilaksanakan lebih terstuktur dan terarah
Guru berperan sebagai fasilitator dan berpusat kepada siswa
Tercapainya pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajara PPL siklus 1 dan 2 dan Melakukan diskusi serta mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 1 dan 2 dengan dosen, guru pamong dan teman-teman mahasiswa untuk diberikan saran dan masukan agar pelaksanaan ppl aksi 1 dan 2berjalan lancar.
Mengunggah perangkat pembelajaran PPL siklus 1 dan 2 di LMS sesuai waktu yang telah ditentukan
Melakukan aksi PPL siklus 1 dan 2 sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah di buat dan di upload
Melakukan proses KBM secara efektif dengan menggunakan media, metode dan model pembelajaran yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai yang di harapkan.
Menggunggah video full tanpa editing di google drive/youtube dan mencantumkan link di LMS
Mengunggah video yang telah di edit dengan durasi 10-15 menit di youtobe dan mencantumkan link di LMS
Membuat refleksi
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangannya:
Terbatasnya sarana pendukung seperti belum ada wifi di sekolah sehingga siswa dan guru menggunakan kuota sendiri dan adanya siswa yang tidak memiliki ponsel android
Siswa yang masih kesulitan dalam mengontruksi teks LHO dan menganalisis unsur ekstrinsik cerpen dibanding menganalisis unsur intrinsik.
Adanya siswa yang masih kurang aktif dalam berdiskusi dan hanya mengandalkan temannya.
Ada siswa yang masih kurang responsif dalam menanggapi presentasi kelompok lain
Proyektor hanya ada di ruang komputer dan tidak portabel sehingga pelaksanaan PPL aksi 1 dilaksanakan di ruang lab komputer
Kondisi pembelajaran yang kurang kondusif karena dilaksanakan saat PAS
Kamera saat perekaman hanya mengandalkan kamera statis.
Jaringan kurang stabil sehingga sempat terhambat mengakses video di Youtube
Siapa Yang terlibat:
Yang terlibat dalam praktik pembelajaran yaitu : Guru mata pelajaran bahasa indonesia dan Siswi- siswi kelas XI OTKP dan X MPLB A SMK N 1 Agrabinta Kabupaten Cianjur.
Pihak-pihak yang membantu dalam perekaman dan
pengeditan video yaitu Ibu Risnayanti, S.Pd(Guru sejawat)
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya?
Langkah-langkahnya:
Mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan pada proses pembelajaran, seperti menyiapkan kelas yang representatif, menyiapkan rombongan belajar, berkoordinasi dengan kepala lab komputer, berkoordinasi dengan kameramen, dan menyiapkan media yang dibutuhkan, seperti handphone, kamera, tripod, infokus, layar, dan laptop.
Menggunakan waktu yang ada walaupun sangat terbatas dengan sebaik mungkin dalam membimbing siswa dan menyiapkan proses pembelajaran saat PPL siklus 1 dan 2
Menggunakan model pembelajaran problem based Learning dalam pembelajaran di kelas pada PPL siklus 1. Dan project Based Learning pada siklus 2.
Menggunakan media yang dapat menstimulus kreativitas siswa
Melakukan diskusi dan mendapat bimbingan dari dosen dan guru pamong selama kegiatan
Materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Strategi yang di gunakan:
Strategi yang digunakan yaitu:
RPP disusun sesuai dengan kurikulum dan di lengkapi dengan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat.
Memilih kelas yang telah terpasang infokus dan layar agar memudahkan dalam persiapan pembelajaran.
Pemilihan model pembelajaran
Guru memilih model pembelajaran Problem based Learning yang sesuai dengan karakteristik Siswa dan materi ajar. Pada PPL siklus 1, guru memilih model pembelajaran Problem based Learning, dan project based learning sesuai dengan hasil wawancara dan kajian literatur bahwa model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar dalam materi menganalisis unsur pembangun cerpen.
Meningkatkan motivasi siswa
Guru menyampaikan manfaat pembelajaran saat pelaksanaan dalam kehidupan sehari-hari. Serta pembelajaran berpusat ke siswa yang menuntut siswa untuk terlibat aktif.
Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :
Video pembelajaran yang diakses dari youtube, teks cerpen digital, aplikasi untuk mengakses materi pembelajaran yaitu Zenius
Laptop, infokus, layar, handphone
Perangkat pembelajaran RPP sesuai dengan kurikulum
Pengembangan Media ajar
LKPD
Bagaimana Prosesnya?
1.Guru menayangkan video dari youtube untuk disimak oleh siswa
2.Guru melontarkan pertanyaan terkait video
3.Guru membagi kelompok
4.Guru memberikan LKPD kepada siswa
5.Guru membagikan link teks cerpen digital yang akan didiskusikan. Dan untuk yang aksi 2 siswa mengobservasi tanaman di lingkungan sekolah.
6.Guru meminta setiap kelompok untuk memecahkan masalah yang ada pada LKPD
7.Siswa mengamati dan mendiskusikan untuk menyelesaikan LKPD.
8.Setiap kelompok mempresentasikan ke depan kelas dan kelompok lain bertanya.
9.Siswa mengerjakan evaluasi/post test di aplikasi Google Classroom. https://classroom.google.com/c/NTA3Njg3Mjc1NzY1?cjc=ybauy5d
Sumber daya/ materi:
1.Youtobe, mengenai video teks cerpen dan video meneliti objek.
2. Aplikasi zenius untuk materi/referensi siswa
3. Laptop digunakan untuk menampilkan PPT
4. Proyektor digunakan untuk tayangan PTT
5. Handpone/ Gawai untuk aplikasi Zenius dan Google Clasroom dan mengakses materi digital
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan :
Dampak dari penerapan model pembelajaran problem based Learning serta penyusunan skenario pembelajaran yang sitematis menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan lebih memahami konsep saat pembelajaran karena proses pembelajaran yang padat dan menitik beratkan pada aktifitas siswa sehingga sekitar 90% dari 20 siswa mendapat nilai diatas KKM dengan KKM 81, yakni 18 0rang siswa dengan rincian, 5 siswa mencapai rata-rata nilai 82.00, 7 siswa mencapai nilai rata-rata 86.00 dan 6 siswa mencapai nilai 91.00 Sisanya 2 siswa hanya mencapai nilai rata-rata 78.00.
Hasil penilaian sikap religius 95 persen siswa dapat menerapkan nilai-nilai religius dalam pembelajaran dan hasil penilaian pada sikap gotongroyong sebanyak 98 % siswa mampu bergotongroyong dengan baik dalam melaksanakan tugas. 96% siswa mampu menerapkan sikap tanggungjawab dalam melaksanakan pembelajaran.
Dampak dari penerapan media pembelajaran berbasis TPACK yang diimplementasikan yaitu membuat peserta didik lebih semangat dan tidak cepat bosan dalam proses pembelajaran serta mampu memberi stimulus sehingga siswa mampu mengembangkan imajinasinya
Siswa mampu mengembangkan pemikirannya yang kemudian dituangkan melalui tulisan
Siswa belajar untuk lebih aktif bertanya dan menjawab di kelas dengan percaya diri dan bertanggungjawab pada penyelesaian tugas.
Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusinya dengan percaya diri
Efektifitas proses pembelajaran :
Pembelajaran sudah efektif karena siswa mulai aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih berpusat kepada siswa.
Siswa dengan semangat belajar tentang menganalisis unsur pembangun cerpen.
Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan :
Respon dari rekan rekan guru di sekolah sangat baik dan tertarik mencoba menerapkan model pembelajaran Problem based Learning yang berpadu dengan TPACK dalam kegiatan pembelajajaran. Menurut rekan rekan guru, siswa akan lebih mudah memahami materi jika proses pembelajaran nya menggunakan Metode dan Model pembelajaran serta menerapkan unsur TPACK.
Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan :
Penggunaan model dan media serta penerapan unsur TPACK dalam pembelajaran
Siswa mendapat nilai diatas KKM
Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :
Harus dipersiapkan lebih maksimal lagi meskipun banyak tantangan yang di hadapi pada pelaksanaan PPL siklus 1 dan 2 ini.
Memastikan RPP sesuai untuk dilakukan Aksi
Memilih strategi dan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
Link Google Drive Best Practice:
https://drive.google.com/file/d/1Ic62TlGGPnMydXYt0x-KFOw2UZzUMglt/view
Cianjur, 15 Januari 2023
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI