Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Jakarta Hari Ini

22 Juni 2021   19:01 Diperbarui: 23 Juni 2021   07:04 661
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Jakarta di Waktu Malam Hari (sumber gambar: pixabay.com)

I/.
Jakarta hari ini belumlah tua. Hanya beranjak tua. Nanti, carilah cerita tentang kota tua dunia di pustaka. Diam-diam kau akan percaya, tua hanya barisan angka.

Bila kota ini sempat membuat dahi berkerut, mata berkabut, dan mulut kusut. Mungkin kaulah yang tampak tua. Tanyakan saja pada anak-anak muda yang rela berkorban jiwa raga menumpang tua.

Terkadang, tak perlu menunggu rabun dan menuai uban untuk menjadi tua.

II/.
Jakarta hari ini belumlah lelah. Hanya tampak lelah. Nanti, kau pasti terbiasa membedakan pemilik wajah yang ramah dan marah.

Jika kota ini dianggap tak murah, mungkin karena bentuk senyummu ketlisut, atau ruang hatimu lagi tersudut. Sesekali, coba tanyakan pada orang-orang yang masih betah bertahan di setiap lampu merah.

Terkadang, tak semua mampu direngkuh. Ini bukan tentang lagak angkuh atau butuh tangguh.

III/.
Jakarta hari ini adalah kota bahagia. Hanya masih tertunda. Di bilik asa. Kau lupa, memiliki cita-cita salah satu tanda bahagia?

Andai kota ini sempat membuat asamu berduka dan terluka, kau mungkin melupakan cerita lama. Kota ini dibangun sebagai tempat berniaga, bukan untuk mengejar cita-cita.

Terkadang, tak harus meraih cita-cita untuk bahagia. Entahlah, jika kau berpikir tentang cinta.

IV/.
Sesungguhnya, Jakarta hari ini masih tempat berlindung. Dari segala impian anak-anak kandun. Namun, terkurung perasaan diasuh ibu tiri yang murung.

Kota ini belumlah tua. Hanya beranjak tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun