ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Hallo gaess ! assalamualaikum, tak kenal maka tak sayang, perkenalkan nama saya Muhammad Zaky Febriansyach, sedang berjuang menjalani study s1 di Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta dengan prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra budaya dan komunikasi angkatan 2019.
 disini aku akan berbagi sedikit pengalaman sebagai konten kreator. Nah jadi sebelumnya apasi itu content crator ?
Content creator adalah Pembuat konten merujuk pada orang yang memproduksi berbagai materi konten dalam bentuk teks, gambar, video, suara, atau kombinasi dari dua atau lebih materi. Konten yang Anda buat juga diharapkan menjadi trendsetter.
Dan buat kalian yang belum tau atau masih awam mengenai content creator dan masih bertanya-tanya apasih tugas content creator dan ngapain aja kerjaanya ?Â
 Yang pasti Peran dan Tanggung Jawab. Membuat konten yang disajikan secara fakta dan menarik kemudian dipublikasikan di berbagai media sosial. Menciptakan konten yang bermakna bagi para penonton maupun pembacanya. Entah content berisi tentang hiburan, pendidikan, pengalaman hidup, motivasi.
Lantas, skill untuk jadi content creator apa saja yang dibutuhkan untuk bisa jadi sukses? Tentunya kreativitas yang bisa diandalkan lalu melek berita atau mengetahui berita apa yang sedang rame dibicarakan masyarakat, buat dengan gayamu sendiri dan jangan terpaku oleh orang lain, jangan malu untuk bertanya atau sharing sharing kepada sesama content creator, berikan solusi bukan hanya mengkritik dan berkomentar.
Bagiku, menjadi  content creator itu ya bisa dibilang gampang-gampang susah. Boleh dibilang, pekerjaan ini bukan untuk orang banyak. Apa yang di-posting di media sosial ngga sembarangan apalagi hanya memberi foto dan kutipan quotes akan tetapi juga harus memahami apa saja yang harus dilakukan oleh seorang content creator. Dan sebenernya seberapa penting si atau kenapa konten itu penting bagi konten creator?
Sebelumnya dijaman era digital atau serba online seperti sekarang ini para content creator memposting hasil content nya atau  Konten yang dihasilkan oleh content creator bisa dalam bentuk artikel, video, ebook, infografik, foto, dan lain lain. Dan kalian bisa menggunakan konten tersebut untuk diposting di beberapa media seperti blog, email, Instagram,Facebook,Twitter, YouTube,Tiktok dan jejaring media social sejenisnya.
content atau isi yang disajikan oleh content creator berpengaruh sangat penting untuk menarik minat penonton atau pembacanya. Mungkin banyak dari kalian mikir bahwa menjadi content creator enak, tiap bulan dapet adsense atau mendapat bayaran yang bisa dibilang banyak dan juga famous. padahal juga ngga gitu konsepnya ada beban tersendiri bagi seorang content creator dalam menjalani pekerjaanya, sepengalamanku menjadi content creator dan secara seharusnya jika dipikir pendek juga awal mula memulai merintis sebuah content ada modal awal yang lumayan, sebagai contohh camera yang memadai alat edit yang mempunyai spek unggul, lighting dan penempatanya.
Tidak hanya budget awal untuk modal merintis sebagai seorang content creator, ada hal lain yang harus dipikir secara matang. Hal itu adalah apa konten yang akan disajikan, menarik atau tidak, ada ngga ya yang mau nonton atau membacanya, dan berapa hasil yang didapatkan apakah nutup buat modal awal.Â
Selain itu jika seorang content creator sudah terbilang banyak peminatnya, disisi lain seorang content creator juga harus konsisten dalam menjaani pekerjaanya, karena tentunya tidak ingin membuat penikmat kecewa. selain konsisten seorang content creator juga diharuskan bertanggung jawab atas apa yang mereka buat.Â
Suka duka menjadi content ceator menurutku dan teman teman yang juga terjun dan berkreasi sebagai content creator meliputi,Â
dimulai dari suka dulu, Ketika berhasil memikat pembaca atau penonton untuk komen dan bertanya-tanya tentang konten yang kita buat. Ini salah satu kesenangan utama bagi seorang content creator, sebab content creator akan merasa ada yang benar-benar membaca tulisan atau menanggapi serius konten di media sosial.
Apalagi jika  terjadi dengan konsisten dan berkala. Dan lebih apalagi saat pembaca atau penonton berkata terima kasih karena konten yang kita buat membantu dia untuk mengambil keputusan atau meningkatkan salah satu aspek kehidupannya.
Ketika mendapatkan bayaran atau gajian dari adsense atau sponsored content. satu-satunya yang kepikiran bisa mendapat duit dari profesi content creator adalah harus naik daun dan terkenal seperti content crator yang sudah terbilang sukses dan mempunyai banyak followers diantaranya seperti mael lee, jess no limit.Â
Bisa berkesempatan untuk berkoneksi dengan content creator lain dan bisa bertukar pikiran atau pendapat dari masing masing pribadi. tentunya akan lebih asik bukan jika ngobrol dengan orang yang sefrekuensi
Ketika content kita bisa dijadikan portfolio untuk membantu mencari pekerjaan baru, terutama jika pekerjaan tersebut berhubungan erat dengan pengalaman kita dibidangnya.
Bekerja bisa dilakukan di mana saja, tidak harus berangkat ke kantor tiap pagi dan pulang sore hari. pekerjaan ini terkecuali untuk talent dan videografer karena mereka harus tetap menjalani pekerjaan di tempat yang sudah direncanakan di awal.
Menjadikan kita lebih up to date karena ya memang pekerjaan kita dituntut untuk mengikuti trend yang lagi rame dan berita, info terkini.
mungkin suka dari seorang content creator bisa digambarkan seperti diatas gaess, yang terlintas di kepalaku dan sebenarnya masih banyak lagi.
Tentunya tidak hanya suka doang dong, dalam segala pekerjaan pasti ada suka adapun duka. sebagai sepengalamanku menjadi content creator. banyak pula duka yang kami alami.Â
Jika ingin menjadikan pekerjaan ini menjadi sumber penghasilan utama, maka harus siap-siap dengan pemasukan yang tidak jelas. Karena memnag sebenarnya pekerjaan ini jugahampir sama dengan berbisnis.Â
Pasang surut pemasukan sudah menjadi pemandangan yang biasa. sebagai contoh jika membuat content di youtube tidak selalu mendapat viewers yang banyak di setiap video, iklan yang masuk juga belum tentu. Bisa saja di video yang sekarang rame viewers banyak iklan yang masuk, akan tetapi di video yang berikutnya sepi viewers, kurang menarik, dan kembali lagi ke modal produksi video tersebut.
Otak dikuras abis, untuk mencari ide kreatif agar membuat para pelanggan tertarik akan content yang kita sajikan
Di hari libur seorang content creator biasanya harus tetap kerja dan dikejar deadline
Yang terakhir, ini bukan kami alami langsung sih, tapi ada beberapa teman blogger yang suka mengeluh kena jingling. Jadi ada yang sengaja mengirim lonjakan traffic bot ke blog yang bersangkutan, sehingga mengacaukan traffic analytic. Ini juga bisa digunakan untuk 'menyerang' adsense yang dipasang di blog, sehingga ada kemungkinan si blogger akan diblokir oleh google adsense karena lonjakan klik yang tidak wajar (meskipun katanya google bisa mengetahui bahwa itu bukan disengaja oleh pemiliknya, tapi kami pun belum tahu kebenarannya)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H