Mohon tunggu...
Zakila AlyaFairus
Zakila AlyaFairus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Zakila Alya Fairus

Rainbow

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Riview Materi Pasar Persaingan Sempurna

19 Desember 2022   03:43 Diperbarui: 19 Desember 2022   06:56 934
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) merupakan salah satu pasar yang paling ideal di kalangan masyarakat karena dianggap bisa menjamin terwujudnya efisiensi pasar. Pasar persaingan sempurna juga kerap memiliki banyak penjual dan pembeli, namun trnsaksi kedua pihak sangat kecil di bandingkan dengan output industry total sehingga tidak dapat memengaruhi harga, karena harga sudah di tentukan oleh pasar itu sendiri (keseluruhan permintaan dan penawaran). 

Ciri -- ciri pasar persaingan Sempurna

1.Jumlah penjual dan pembeli banyak , setiap perusahaan dalam pasar ini dapat menghasilkan bagian yang kecil di bandingkan output indusrti secara menyeluruh dan setiap pembeli itu hanya akan membeli bagian yang sangat kecil pula dari output tersebut.

2.Produk yang homogen, produk ini merupakan produk serupa yang bisa memuaskan atau mendapatkan kegunaaan barang dan jasa untuk konsumen.

3.Penyebaran informasi yang sempurna, 

4.Produsen dan konsumen menerima harga

5.Bebas keluar masuk pasar, tidak akan memngaruhi naiknya harga produk di pasar apabila pelaku pasar tidak melakukan aktivitas jual beli.

Penawaran dan Permintaan dalam Pasar Persaingan Sempurna 

Dalam pasar persaingan sempurna, harga di tentukan oleh interaksi permintaan dan penawaran melalui transaksi pembeli dan penjual.  Sebanyak apapun pasar harga tidak akan berubah. 

Penjelasan :

Dalam kurva permintaan berbentuk horizontal dan garis lurus mendatar, ada berapapun jumlah permintaan produk, karena harga dari produk tidak akan berubah.

Dalam kurva penwaran merupakan gabungan dari setiap kurva penawaran produsen yang ada di dalam pasar persaingan sempurna. 

Contoh pasar persaingan Sempurna dalam kehidupan sehari-hari

Contoh pasar persaingan sempurna paling sederhana yaitu pada operasional perusahaan beras. Karena ciri-ciri pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli dan penjual beras sangat banyak karena beras merupakan kebutuhan pokok yang ada di Indonesia. Demikiannya pembeli atau penjual tidak memiliki kemampuan unutk memengaruhi harga.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun