Mohon tunggu...
Zakia Mizar
Zakia Mizar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercu Buana

43221010128 - Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Akuntansi. Mata Kuliah: Sistem Informasi Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

4 Weton Sedulur Papat Limo Pancer Ayo Mulai Cari Tahu

26 Oktober 2022   19:02 Diperbarui: 26 Oktober 2022   19:09 970
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Foto Pribadi 

Nama : Zakia Mizar

Nim : 43221010128

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Mata Kuliah : Pendidikan Anti Korupsi Dan Etik UMB 

Jurusan : Akuntansi 

Universitas Mercu Buana 

https://drive.google.com/file/d/1Z6PUvV_6E4vSYKOtVX-yrXzKMH2DBDVV/view?usp=drivesdk

SADULUR PAPAT LIMO PANCER KEARIFAN LOKAL INDONESIA

Kata kata roh atau Latin spiritus tidak dimaknai tunggal tetapi bisa dimaknai tunggal tetapi berarti semangat,nafas,batin,jiwa,sukma,kesadaran rasionalitas,empiris,sesuai kenyataan(fakta).

Jawa yang artinya mengerti dan memahami Bahasa batin,tentu dengan tidak mengabaikan peran rasionalitas,dan seni tiruan. 

Sedulur papat sangat di percayai sebagai salah satu makhluk gaib yang selalu menjaga seseorang mulai dari orang itu lahir ke dunia. Dari perhitungan primbon Jawa, ada weton yang digadang-gadang sebagai weton yang di kawal Sedulur Papat Limo Pancer paling sakti karena sikapnya.

Setiap weton dipengaruhi atau diwakili oleh benda langit tertentu yang kemudian menentukan karakternya.

Mereka yang memiliki Sedulur Papat Limo Pancer paling tinggi dan sakti ini bisa meraihnya karena adanya keselarasan karakter yang bisa dibilang termasuk orang pilihan.

Berikut ini adalah 5 weton dibawah ini :

1. Selasa Kliwon

Weton Selasa Kliwon memiliki jumlah neptu 11 dengan diiringi karakter giat dan tekun yang patut dicontoh.

Mereka juga termasuk weron yang mistis dalam Jawa sehingga secara otomatis wadah gaib mereka sudah sangat tinggi.

Dapat dibilang, melalui sifat alamiahnya tersebut, Selasa Kliwon punya Sedulur Papat Limo Pancer paling sakti dibanding yang lain.

2. Senin Legi

Neptu yang berjumlah 9, kelahiran Senin Legi umumnya manusia yang taat beribadah sesuai agama dan kepercayaan mereka masing-masing.

Dengan berdasarkan mereka yang taat beribadah dan punya energi yang selaras dengan Sedulur Papat Limo Pancer.

Ini akan lebih bagus bila Senin Legi gemar bersedekah dan selalu bersabar apabila diberi ujian hidup.

3. Sabtu Pon

Dengan jumlah neptu 16. Mereka  yang lahir pada sabtu pon merupakan orang yang pekerja keras dan tahan ujian meski hidupnya dipenuhi dengan jatuh dan bangun.

 4. Senin Kliwon

Senin Kliwon diberikan  karakter yang mempunyai cita-cita yang sangat amat tinggi dan berwawasan luas dengan neptu yang berjumlahkan 12.

Mereka mempunyai punya jasmani dan mental yang sehat dan kuat karena sudah bisa menghadapi beberapa masalah yang tidak sesuai dengan usia mereka kesaktian weton satu ini akan lebih maksimal bila melakukan tirakat berupa puasa weton.

Sedulur Papat Lima Pancer Kearifan Lokal Indonesia

Sedulur Papat yang berartikan salah satu sesaji yang berupa aneka macam macam jenis nasi atau sega untuk menghormati empat saudara gaib yang berada di empat penjuru mata angin  biasa disebut dengan sedulur lima pancer. Secara turun temurun,orang Jawa lekat dengan kepercayaan bahwa setiap orang memiliki empat gaib yang ada di utara,selatan,timur dan barat sesuai arah mata angin. Sedulur yang ada di timur disebut Tirtanta,sedulur yang ada di sisi utara disebut Warudijaya,sedulur yang ada di sisi selatan disebut Purbangkara dan sedulur yang ada di barat disebut Sinotobrata. Sedangkan Pancer adalah diri sendiri atau hati Nurani. Sedulur Papat ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan hati Nurani masing-masing orang.

Macam-Macam Sajen Sedulur Papat Lima Pancer Kearifan Lokal Indonesia

-Sega putih atau ubo rampe yang berupa nasi putih. Ubo rampe sega putih dimaksudkan untuk mengetahui atau menghormati sedulur yang berada diarah timur atau orang jawa menamainya Tirtanata. Sega putih ini menggambarkan kakang sawah.

-Sega cemeng atau nasi hitam adalah ubo rampe yang berupa nasi hitam. Ubo rampe nasi hitam dimaksudkan untuk mengetahui atau menghormati sedulur yang berada di arah utara atau biasa disebut  Warudijaya. Sega cameng ini untuk menggambarkan tali pusar.

-Sega abang atau nasi merah adalah ubo rampe yang berupa nasi merah. Ubo rampe nasi merah dimaksudkan untuk mengetahui atau menghormati sedulur yang berada di arah selatan atau biasa disebut Purbangkara. Sega abang ini untuk menggambarkan darah.

-Sega kuning atau nasi kuning adalah ubo rampe yang berupa nasi kuning. Ubo rampe nasi kuning ini dimaksudkan untuk mengetahui atau menghormati sedulur yang berada diarah barat atau biasa disebut Sinobrata. Sega kuning ini untuk menggamabarkan adi ari-ari.

"Sadulur Papat Lima Pancer (Kajian Filsafat Roh Jawa atau Jiwa) Untuk memahami mental (Gesit) Jawa tidak bisa satu kata, konsep, kalimat dimaknai secara tunggal, tetai bersifat Dasanama berasal dari kata dasa yang berarti sepuluh dan nama yang berarti sebutan atau nama kata dll bersifat banyak arti makna, dan bersifat Metafora.

Siklus manusia :

-Maskumbangan yang bermakna kan Manusia dalam kandungan.

- Mijil yang bermakna kan Bayi lahir ke dunia.

- Sinom yang bermakna kan Anak-anak remaja.

- Kinanthi yang bermakna kan Pelatihan hidup jiwa manusia.

- Asmarandana yang bermakna kan Masa Jatuh Cinta manusia.

- Gambuh yang bermakna kan Pasangan Hidup Yang Menikah.

- Dhandhanggula yang bermakna kan Gula atau manis kehidupan karir.

- Darma yang bermakna kan Memberikan kebaikan optimal pada apapun .

- Pungkur yang bermakna kan Melepaskan hal-hal yang berurusan dengan duniawi.

- Megat roh yang bermakna kan Putusnya roh dari badan Jasmani.

- Pucung yang bermakna kan kematian di tutup dengan  pucung.

Metafora Jiwa : Neng,Ning,Nung,Nang,Gong

Musik Aesthetics Gamelan "Nang Ning Nung Neng Gong". Kata "Nang yang artinya wenang,tirakat,raga,jiwa dan akal budi. "Ning yang artinya wening atau hening, "Nung yang artinya kesinungan."Neng yang artinya heneng atau kemampuan totalitas jiwa (berserah diri ), "Gung artinya agung atau keagungan atau kemuliaan Tuhan sebagai segala sesuatu.

Nang Ning Nung Neng Gong "Menyatakan kehidupan manusia ini ada dalam siklus,dan berreinkarnasi menuju "kekembalian hal yang sama secara abadi",tidak mungkin memahami seni tanpa ilmu kebijaksanaan sama saja dengan nihil ".

Cara Rawat Alam (3N)

1.Ni Teni bermakna mengingat,mengenali,memahami.

2.Ni Rokake bermakna meniru,memedomani,mengikuti.

3.Na Mbah bermakna memberi nilai kebaikan pada alam.

Aksara Jawa Kuna Hanacaraka

-Manusia itu utusan

-Jangan bertentangan atau membantah atau bertentangan dengan Tuhan.

-Maka akan sama-sama berhasil baik (Korelasi) antara  Tuhan dan Manusia (MKG)

-Menempuh jalan menuju kematian.

Watak Diri Manusia Sifat-Sifat Aluamah Supiah Amarah , Mutmainah.

"Timur" menjadi warna putih yang memiliki arti kekayaan,materi,property dan kepemilikan,wanita,tahta,harta,tapi lupa asal usul,dan egoism.

"Barat" menjadi warna kuning yang memiliki arti suka pada metafisik,beda pusaka,ilmu kanuragan,bakar menyan,makhluk gaib,menemukan alam gaib ditempuran 4 sungai dst.

"Selatan" menjadi warna merah yang memiliki arti suka rebut berantam dan konflik, tidak harmonis,antagonis.

"Utara "menjadi warna hitam yang  memiliki arti biasanya suka makan enak atau isi perut.ngomongin orang,mengkritik mencari kesalahan orang lain.

Sadulur Papat Lima Pancer Metafora Dimensi Ruang,Waktu

-Udara :Timur Legi atau arah timur maka ada hari pasar "Legi".

-Air : Barat Pon atau arah barat maka ada hari pasar "Pon".

-Geni_Api : Selatan Pahing , atau arah selatan maka ada hari pasar "Pahing".

-Tanah : Utara Wage atau arah utara maka ada hari pasar "Wage".

Metafora Jiwa : Tubuh , Jiwa , dan Simbol 

Tatanan Mikro Kosmos Jagat Gumulung

1.Lobang Hidung (Timur)  : menjadi warna putih,sukma purba,dihuni oleh Batara Bayu,atau teks Sunda Wiwitan Sang Hyang Wening_Wisnu.

2.Telinga (Barat) : menjadi warna kuning dihuni  batara Sambu atau teks Sunda Wiwitan Sang Hyang Wenang_Brahma.

3.Bibir dan Mulut (Selatan) : sukma wasesa,berwarna,berwarna merah suka rebut berantam dan konflik dihuni oleh Batara Brahma atau teks Sunda Wiwitan Sang Hyang Guring Tunggal_Sang Hyang Guru Siwa.

4. Mata dismbolkan wilayah (Utara),warna hitam,sukmanya langgeng,dihuni oleh Batara Sriten atau teks Sunda Wiwitan Sang Hyang Tunggal_Mandala Agung.

Dengan 4 pancer ini memungkinkan dipahami menjadi kenyataan jika dibantu oleh unsur ke 5 yakni "Sang Hyang Batara Kala " atau "Waktu".

Metafora : Penyatuan Manusia Dengan Alam

Sajen Sedulur papat adalah bentuk lain dari mahakarya seni agung ,ingin menyatakan ada sesuatu yang fixed,misalkan manusia tidak mungkin membikin padi,membuat nasi,dan seterusnya. Sajen Sedulur Papat adalah ungkapan Nirkata,meniru dengan meminjam "tata" (menata karya seni ) atau karya sastra non kata dalam bentuk proses atau jika dikaji secara ilmiah adalah bentuk aplikasi Aristotle's Four Causes (dari bentuk material,formal cause : efficient cause  dan final causes).

-Timur Simbol kakang kawah sega putih.

-Barat Simbol Ari-ari Sega Kuning.

-Selatan Sega Abang symbol darah.

-Utara Sega cemeng hitam Simbol tali pusar.

KEARIFAN LOKAL INDONESIA

Pengertian   Kearifan   Lokal   dilihat   dari   kamus   Inggris   Indonesia,

terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan  lokal (local). Local berarti

setempat dan wisdom sama dengan kebijaksanaan. Dengan kata lain maka

local   wisdom   dapat   dipahami   sebagai   gagasan-gagasan,   nilai-nilai-nilai,

pandangan-pandangan   setempat   (local)   yang   bersifat   bijaksana,   penuh

kearifan,   bernilai   baik,   yang   tertanam   dan   diikuti   oleh   anggota

masyarakatnya. Dalam disiplin antropologi dikenal istilah local genius. Local

genius ini merupakan istilah yang mula pertama dikenalkan oleh Quaritch

Wales.   Para   antropolog   membahas   secara   panjang   lebar   pengertian   local

genius  ini   (Ayatrohaedi,  1986).

 

Sumber : Foto Pribadi 
Sumber : Foto Pribadi 

https://drive.google.com/file/d/1_oqBTKUI9AUiOAN7B4S0pRDDvAtokEQ1/view?usp=drivesdk

Kearifan Lokal adalah identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap,bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar atau bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Kearifan lokal juga merupakan ciri khas etika atau nilai budaya dalam masyarakat lokal yang diturunkan dari generasi ke genearasi. 

Di Indonesia,kesadaran akan kearifan lokal mulai tumbuh subur pasca jatuhnya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto pada tahun 1998. Keunikan Indonesia sendiri berasal dari adat istiadat,tradisi ,dan kearifan local yang ada di Indonesia. Bukan hanya satu,di setiap daerah bahkan memiliki kearifan lokalnya masing-masing. 

Kearifan lokal bisa juga di definisikan dengan kemampuan adaptasi dan menumbuhkan pengaruh alam serta budaya lain yang menjadi  penggerak transformasi dan penciptaan keanekaragaman budaya Indonesia yang luar biasa. Hal ini juga bisa menjadi suatu bentuk pengetahuan, kepercayaan, pemahaman atau persepsi beserta kebiasaan atau etika adat yang menjadi pedoman perilaku manusia dalam kehidupan ekologis dan sistemik. 

Nilai-nilai yang mengakar dalam suatu budaya jelas bukan objek material yang konkret, tetapi cenderung menjadi semacam pedoman bagi perilaku manusia. Dalam pengertian itu, untuk mempelajarinya kita harus memperhatikan bagaimana manusia bertindak dalam konteks lokal. 

Dalam keadaan normal, perilaku orang terungkap dalam batas-batas norma, etika, dan hukum yang terkait dengan wilayah tertentu. Namun, dalam situasi tertentu di mana budaya menghadapi tantangan dari dalam atau dari luar, respons dalam bentuk reaksi dapat terjadi. Tanggapan dan tantangan adalah cara normal untuk melihat bagaimana perubahan terjadi dalam budaya. Struktur dan nilai sosial, serta tata krama, norma dan hukum setempat akan berubah sesuai dengan kebutuhan situasi sosial. 

Tantangan dalam suatu budaya dapat terjadi karena umpan balik yang terjadi dalam jaringan kehidupan suatu sistem sosial. Hal ini menandakan sedang berlangsungnya autopoesis yang menandakan bahwa suatu sistem sosial dalam suatu budaya mengatur dirinya sendiri, suatu tanda bahwa suatu masyarakat dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang hidup. Dalam menghadapi perubahan inilah kearifan lokal memainkan peran dan fungsinya. Apa saja sih fungsi fungsi kearifan lokal?  Berikut ini adalah fungsi dari kearifan lokal.

Fungsi kearifan lokal 

-Yang berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam.

- Yang berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia.

- Yang berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

- Yang berfungsi sebagai petuah dan pantangan. Bermakna sosial, misal upacara integrasi komunal atau kekerabatan dan pada upacara pertanian. Bermakna etika, yang berwujud dalam upacara Ngaben dan selametan roh. Bermakna politik atau hubungan kekuasaan patro-client, dsb.

Di bawah ini adalah beberapa karakteristik kearifan lokal

-Harus menggabungkan pengetahuan kebajikan yang mengajarkan orang tentang etika dan nilai-nilai moral.

-Kearifan lokal harus mengajar orang untuk mencintai alam, bukan untuk menghancurkannya; -Kearifan lokal harus berasal dari anggota komunitas yang lebih tua. 

-Kearifan lokal dapat berbentuk nilai, norma, etika, kepercayaan, adat-istiadat, hukum, adat, aturan-aturan khusus.


Ada beberapa contoh Kearifan Lokal Nusantara, yuk kita simak!


Ada beberapa kekayaan budaya, kearifan lokal nusantara yang terkait dengan pemanfaatan alam, diantaranya :

-Masyarakat Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Tanah dianggap sebagai bagian hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam haruslebih  berhati-hati.
-Masyarakat Serawai, Bengkulu, terdapat keyakinan celako kumali. Kelestarian lingkungan terwujud dari kuatnya keyakinan tata nilai dalam berladang dan tradisi tanam.
-Masyarakat Dayak Kenyah, Kalimantan Timur. Terdapat tradisi tana' ulen. Kawasan hutan dikuasai dan menjadi milik masyarakat adat.
-Masyarakat Bali dan Lombok. Mempunyai kearifan lingkungan awig-awig. Awig-awig adalah patokan tingkah laku yang dibuat masyarakat berdasarkan rasa keadilan dan kepatutan masyarakat setempat.
-Masyarakat Baduy mempunyai kearifan lingkungan yang mendasari mitigasi bencana dalam bentuk pikukuh (ketentuan adat pokok) yang mengajarkan antara lain: gunung teu meunang dilebur, lebak teu meunang dirusak (gunung tidak boleh dihancurkan, sumber air tidak boleh dirusak.

Ciri-ciri kearifan budaya lokal Indonesia

1. Dapat bertahan terhadap budaya asing Kearifan lokal berasal dari nilai-nilai budaya setempat yang telah bertahan secara turun temurun diwariskan dan menjadi bagian dari kehidupan suatu masyarakat dan bangsa. Hal ini membuat budaya asing yang masuk melalui berbagai media tidak akan membuat kearifan lokal menjadi hilang dari masyarakat, kecuali memang dirasakan tidak dibutuhkan lagi.

 2. Memiliki kemampuan untuk mengakomodasi unsur budaya asing terhadap budaya asli Kearifan lokal adalah sesuatu yang luwes dan fleksibel, sehingga adanya unsur budaya asing dapat diakomodir tanpa merusak kearifan lokal yang ada di masyarakat tersebut.

3. Memiliki kemampuan mengintegrasi unsur budaya asing ke dalam budaya asli Kearifan lokal selain mengakomodir juga mampu mengintegrasikan budaya asing dalam karakteristik kearifan lokal yang ada menjadi satu kesatuan. Misalnya, dalam pembangunan gedung, bentuk desain dan arsitektur memadukan budaya lokal tetapi cara dan prosesnya mengikuti pembangunan modern.

4. Mempunyai kemampuan untuk mengendalikan Kearifan lokal adalah suatu warisan adat istiadat dan budaya yang telah turun temurun. Hal ini menyebabkannya sulit dihilangkan dalam waktu yang cepat. Dengan demikian, kearifan lokal mampu mengendalikan salah satu dampak negatif globalisasi, yaitu masuknya budaya asing

 5. Memiliki kemampuan untuk memberi arah pada perkembangan budaya Kearifan lokal merupakan nilai Memiliki kemampuan untuk memberi arah pada perkembangan budaya Kearifan lokal merupakan nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang menjadi pedoman untuk bersikap dan bertindak. Melalui kearifan lokal, masyarakat akan mampu mengembangkan budaya secara terarah.

Sitasi :

Gramedia, Kearifan Lokal 

https://www.gramedia.com/literasi/kearifan-lokal/ 

Sonora.id, (2022) , 4 Weton Sedulur Papat 

https://www.sonora.id/read/423319067/4-weton-yang-dikawal-sedulur-papat-limo-pancer-paling-sakti-cuma-untuk-orang-pilihan 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun