Mohon tunggu...
Zain Ammar
Zain Ammar Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Hobi saya videography dan bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Stereotip Masyarakat terhadap Karen's Diner

2 Januari 2023   18:06 Diperbarui: 2 Januari 2023   18:25 1280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia. Selain memungkinkan komunikasi yang lebih mudah dengan teman dan keluarga, media sosial juga memiliki dampak yang luas pada perilaku sosial. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa media sosial dapat mempengaruhi bagaimana orang berinteraksi dengan orang lain, bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri dan orang lain, serta bagaimana mereka mengelola hubungan sosial mereka. 

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi bagaimana prespektif masyarakat terhadap Karen's Diner di Jakarta melalui analisis budaya populer dalam sosiologi komunikasi.

Kami akan menjelajahi bagaimana media sosial membentuk pandangan kita tentang realitas sosial, bagaimana ia mempengaruhi interaksi sosial kita, dan bagaimana ia mempengaruhi bagaimana kita memandang diri kita sendiri dan orang lain. 

Kami juga akan membahas beberapa isu-isu yang terkait dengan dampak media sosial pada perilaku sosial, termasuk bagaimana ia dapat mempengaruhi bagaimana kita merasa tentang diri kita sendiri dan bagaimana ia dapat mempengaruhi keputusan kita. 

Karen's Diner merupakan sebuah warung makan kecil yang terletak di sebuah kota kecil di Amerika Serikat. Namun baru-baru ini Karen's Diner baru saja membuka cabang barunya di Indonesia lebih tepatnya ada di kota Jakarta. Warung makan ini terkenal karena pelayanannya yang buruk dan pelanggan yang sering terlibat dalam konflik dengan pelayan. 

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi Karen's Diner melalui analisis sosiologi komunikasi. Kami akan menjelajahi bagaimana interaksi sosial terjadi di Karen's Diner, bagaimana realitas sosial dibentuk di sana, dan bagaimana komunikasi mempengaruhi perilaku sosial di warung makan tersebut. Kami juga akan membahas beberapa isu yang terkait dengan konflik yang sering terjadi di Karen's Diner.

BAGAIMANA INTERAKSI SOSIAL TERJADI DI KAREN'S DINER

Interaksi sosial yang terjadi di Karen's Diner juga dapat dipengaruhi oleh bagaimana pelayan dan pelanggan berkomunikasi satu sama lain. Misalnya, jika pelayan memberikan pelayanan yang buruk kepada pelanggan, maka pelanggan akan bersikap tidak sopan kepada pelayan dan sebaliknya.

Dengan demikian, interaksi sosial di Karen's Diner terjadi melalui komunikasi dan tindakan yang terjadi antara pelayan dan pelanggan, serta antar pelanggan satu sama lain. Interaksi sosial tersebut dapat dipengaruhi oleh kultur dan norma-norma yang berlaku di masyarakat tempat warung makan tersebut berada, serta bagaimana pelayan dan pelanggan berkomunikasi satu sama lain.

BAGAIMANA REALITAS SOSIAL DIBENTUK DI KAREN'S DINER

Interaksi sosial yang terjadi di Karen's Diner juga dapat membentuk realitas sosial bagi pelanggan satu sama lain. Misalnya, jika sekelompok pelanggan sering terlibat dalam konflik dengan pelayan, maka pelanggan lain yang menyaksikan konflik tersebut akan memahami bahwa konflik adalah sesuatu yang biasa terjadi di Karen's Diner. Hal ini akan membentuk realitas sosial bagi pelanggan bahwa konflik adalah sesuatu yang wajar di warung makan tersebut.

Dalam sosiologi komunikasi, realitas sosial dapat dipahami sebagai hasil dari komunikasi yang terjadi di sebuah kelompok sosial. Karen's Diner merupakan contoh kecil dari sebuah masyarakat di mana interaksi sosial yang terjadi di sana dapat membentuk realitas sosial bagi pelayan dan pelanggan yang terlibat. Di Karen's Diner, realitas sosial dapat dibentuk oleh interaksi yang terjadi antara pelayan dan pelanggan, serta antar pelanggan satu sama lain.

Contohnya, jika pelayan Karen's Diner sering memberikan pelayanan yang buruk kepada pelanggan, maka pelanggan akan memahami bahwa pelayanan buruk adalah sesuatu yang biasa terjadi di warung makan tersebut. Hal ini akan membentuk realitas sosial bagi pelanggan bahwa pelayanan buruk adalah sesuatu yang wajar di Karen's Diner. Sebaliknya, jika pelayan Karen's Diner memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, maka pelanggan akan memahami bahwa pelayanan yang baik adalah sesuatu yang biasa terjadi di warung makan tersebut, sehingga realitas sosial bagi pelanggan akan terbentuk bahwa pelayanan yang baik adalah sesuatu yang wajar di Karen's Diner.

BAGAIMANA KOMUNIKASI MEMPENGARUHI PERILAKU SOSIAL DI KAREN'S DINER

Komunikasi mempengaruhi perilaku sosial di Karen's Diner dengan cara yang sama dengan cara komunikasi mempengaruhi perilaku sosial di masyarakat lainnya.

Contohnya, jika pelayan Karen's Diner memberikan pelayanan yang buruk kepada pelanggan, maka pelanggan akan merasa tidak nyaman dan mungkin akan bersikap tidak sopan kepada pelayan. Hal ini akan mempengaruhi perilaku sosial pelanggan di Karen's Diner, yaitu pelanggan akan lebih cenderung untuk bersikap tidak sopan kepada pelayan yang memberikan pelayanan yang buruk.

Selain itu, jika pelanggan yang datang ke Karen's Diner melihat bahwa pelanggan lain bersikap tidak sopan kepada pelayan, maka pelanggan tersebut juga akan lebih cenderung untuk bersikap tidak sopan kepada pelayan. Hal ini terjadi karena pelanggan tersebut merasa bahwa perilaku tidak sopan tersebut merupakan sesuatu yang wajar di Karen's Diner, sehingga pelanggan tersebut akan mengikuti perilaku tersebut.

 ISU YANG TERKAIT DENGAN KONFLIK YANG SERING TERJADI DI KAREN'S DINER

Mungkin bagi kita para penikmat sosial media sudah sering melihat beberapa konflik yang terjadi di Karen's Diner. Walaupun kita belum bisa langsung merasakan ambience makan dengan dimarah-marahi pelayan secara langsung, kita sudah dapat merasakannya melalui video-video para konten kreator di TikTok maupun Instagram.

Dapat kita lihat di salah satu akun bernama  "Adhitya yappeo" di Tiktok ia mengajak mamahnya untuk makan di Karen's Diner pertama kali. Dalam video tersebut dia dan mamahnya dapat pelayanan yang kurang ramah yang merupakan salah satu ciri khas dari Karen's Diner. Meskipun Karen's Diner memiliki pelayanan yang kurang ramah makanan yang mereka punya justru memiliki rasa yang enak, menurut mamah dari pemilik akun tersebut.

Konflik merupakan perbedaan pendapat atau perbedaan kepentingan yang terjadi antara dua atau lebih individu atau kelompok. Berikut ada salah satu isu yang dapat terkait dengan konflik yang sering terjadi di Karen's Diner:

Pelayanan yang buruk - Konflik dapat terjadi jika pelayan Karen's Diner memberikan pelayanan yang buruk kepada pelanggan. Pelanggan mungkin merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan dan akan bersikap tidak sopan kepada pelayan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun