Mohon tunggu...
zainal arifin
zainal arifin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

"The only way to achieve the impossible is to believe it is possible"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resensi Buku: Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Karya Afiful Ikhwan

16 Januari 2025   13:59 Diperbarui: 16 Januari 2025   13:59 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Foto Buku Manajemen Lemabaga Pendidikan Islam)

Judul buku                  : Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Pengarang                   : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.

Penerbit                      : NAJAHA

Cetakan                       : I, 2022

Halaman                     : 151 Halaman

Harga                          : Rp. 55.000 -- Rp. 65.000

Untuk menciptakan pendidikan Islam yang sukses dan bermutu, maka kita harus memahami dan mengkaji lebih dalam tentang manajemen pendidikan Islam itu sendiri, demikian pendapat Dr. Profesor Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd. I. Karya yang berjudul Manajemen Lembaga Pendidikan Islam ini merupakan karya yang memuat aspek-aspek manajemen pendidikan berdasarkan pemikiran dan pemahaman dari sudut pandang agama Islam. Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap individu. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan karena sebagai penunjang kehidupan, pada hakikatnya setiap individu dalam kehidupannya tidak dapat dipisahkan dari pendidikan, karena setiap kita pasti membutuhkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam suatu usaha untuk meningkatkan kualitas manusia itu sendiri. . Oleh karena itu, dalam konteks ini, pentingnya sebuah lembaga pendidikan sebagai wadah dan ruang dialog sangatlah diperlukan, karena sebuah lembaga pendidikan memiliki manajemen pendidikan yang baik. maka ia pasti akan menuntun setiap individu ke arah yang benar dan memperoleh pendidikan yang bermutu.

Manajemen atau dalam bahasa Inggris management berarti mengembangkan, mengorganisasikan atau mengelola. Dalam bahasa Italia, kata mengelola, manenggio berasal dari kata Latin managiare yang berasal dari kata manus atau tangan. Manajemen adalah suatu proses kerangka kerja untuk mengarahkan orang-orang menuju sasaran organisasi yang dikelola dan diimplementasikan dalam konteks nyata. Jadi beberapa fungsi manajemen melibatkan hal-hal mendasar yang masih ada dan berfungsi sebagai fondasi. sebutan bagi seorang manajer dalam melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan, meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan suatu lembaga pendidikan yang dipimpinnya sebagai suatu tanggung jawab dan kewajiban.

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berhubungan dengan agama Islam. Artinya, pendidikan yang berlandaskan Al-Quran dan hadis dijadikan pedoman hidup umat Islam. Pendidikan Islam bertujuan untuk menanamkan akhlak dan ketakwaan serta menegakkan kebenaran. Mewujudkan manusia yang berkepribadian dan berakhlak mulia. Lebih jauh lagi, manusia diposisikan sebagai wakil Tuhan di bumi, yang akan memperkaya bumi dengan segala apa yang dimilikinya.

Buku ini menyatakan bahwa manajemen pendidikan Islam adalah proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dengan menggunakan sumber daya pendidikan dan hal-hal terkait lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam. Kepemimpinan pendidikan Islam merupakan ilmu yang memadukan aspek pendidikan agama Islam dan pendidikan kepemimpinan. Dan memang benar ia juga memiliki ciri-ciri yang erat kaitannya dengan nuansa. Islam. Buku ini ditulis oleh Dr. Prof. Dr. Afifoul Akhavan, M.Pd. SAYA Ini mencakup banyak isu mengenai kepemimpinan dari perspektif Islam. Di samping itu, ia mendefinisikan kepemimpinan dengan banyak aspek terkait dengan apa yang paling dibutuhkan di zaman modern ini dan bertujuan agar kepemimpinan Islam tidak kalah kompetitif dengan kepemimpinan lainnya.

Sangat penting untuk melakukan dan memahami penelitian terkait ilmu kepemimpinan pendidikan Islam. Sebab, manajemen pendidikan dan pelatihan Islam mencakup segala aspek yang membantu suatu lembaga berfungsi secara efektif dan efisien. Beberapa persoalan penting terkait manajemen pendidikan Islam adalah: peranan staf lembaga pendidikan, pengelolaan kegiatan pendidikan, peranan guru, kurikulum sebagai subjek dan tujuan pendidikan, dan sistemnya. Pembelajaran dan pengajaran serta metode pembelajaran, bimbingan dan pemantauan pendidikan, evaluasi pendidikan dan pendanaan penyelenggaraan pendidikan dalam hal sumber daya, peralatan, dan infrastruktur pendidikan.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberhasilan suatu lembaga pendidikan terkait dengan pengelolaan tuntutan, yakni manajemen pendidikan Islam, yang bertujuan untuk melaksanakan fungsi perencanaan, pengelolaan, pengawasan, penempatan tenaga kerja, dan profesionalisme. Dengan kata lain, manajemen pendidikan Islam merupakan suatu proses yang terus menerus dilakukan oleh organisasi pendidikan di lembaga pendidikan Islam melalui kerja unit-unit administratif tersebut. telah bekerja keras Saling mempengaruhi, membimbing, dan mengawasi agar seluruh kerja dan aktivitas lembaga pendidikan Islam terlaksana sesuai dengan tujuan berdirinya lembaga pendidikan Islam.

Buku ini berupaya menjelaskan peran kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam dari berbagai perspektif. Penulis mengatakan bahwa kepala sekolah/pimpinan sekolah harus mampu memimpin. Penekanan ini tampak dalam pembahasan fungsi, kedudukan, dan fungsi, dan akhirnya pada ciri-ciri kepemimpinan pendidikan Islam. Padahal, banyak aspek yang perlu ditingkatkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kinerja kepala sekolah untuk mencapai kemajuan dan keunggulan. Dalam pengetahuan yang dipercayakan kepadanya. Sebagaimana yang telah dijelaskan, buku ini diperlukan karena dapat digunakan sebagai kajian teoritis dan rujukan dalam manajemen lembaga pendidikan Islam. Di samping itu, buku ini banyak mengupas persoalan terkait dengan pengelolaan lembaga pendidikan Islam dalam rangka pengembangan lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi umum dan perguruan tinggi Islam, ditinjau dari perspektif Islam dan Al-Quran. Menurut hadits

Dalam pendirian lembaga pendidikan Islam, pengetahuan dan pemahaman tentang kepemimpinan dan hubungannya dengan aspek strukturalnya, termasuk yang berkaitan dengan konsep kepemimpinan Islam, penetapan visi dan proyek sekolah, manajemen personalia sekolah, manajemen perubahan, manajemen kurikulum, infrastruktur, keuangan. budaya, dll. Peran kehumasan, pengelolaan budaya dan lingkungan hidup, dll, tentu saja semua itu penting dalam perspektif Islam. Buku ini membimbing kita. Memahami pengertian kepemimpinan, peranan utama pemimpin, menjelaskan kepemimpinan pendidikan Islam dan aspek-aspek terkaitnya, menggunakan konsep-konsep para ulama dan filosof Islam sebagai landasan pengembangan aktivitas intelektual melalui pemikiran Islam dan upaya penerapannya dalam lembaga pendidikan Islam. . Mencari model kepemimpinan yang baik bagi lembaga pendidikan Islam.

Di samping memahami manajemen pendidikan Islam, buku ini mencoba menjelaskan pendidikan pada level kelembagaan. Dalam hal ini, permasalahan pokok lembaga pendidikan Islam seperti pengembangan kurikulum, terkait dengan permasalahan peserta didik, lulusan madrasah, madrasah sebagai lembaga pendidikan dan pusat pengembangan kebudayaan, serta permasalahan analisis kebijakan yang harus dihadapinya. dengan. dengan ini tentang pendidikan dan pendidikan dan pendidikan. staf pendidikan. , seperti pengembangan dan pelatihan karyawan, jenis tenaga kependidikan, tujuan. komponen manajemen pendidikan dan tenaga kependidikan. Buku ini juga menghubungkan manajemen dengan aspek sosial budaya di lingkungan madrasah, karena merupakan bentuk kemitraan antara lembaga dengan masyarakat dan satu sama lain.

Selain itu, setelah penulis reviewer membaca titik-titik lemah buku ini, terdapat pula beberapa bahasa asing yang tidak dijelaskan, sehingga bagi yang tidak mengetahui bahasa asing tersebut merasa kebingungan. Buku ini juga sangat layak dibaca oleh mahasiswa Fakultas Agama Islam, khususnya para lulusan pendidikan agama Islam, para guru, bahkan para guru atau calon guru yang sudah mengajar. Buku ini merupakan sumber saran strategis untuk memahami Manajemen pendidikan Islam dan komponen-komponennya.

Terakhir, pendidikan harus mampu memenuhi fungsi manajemen pendidikan dari aspek yang kecil sampai yang paling kompleks. Namun dalam pelaksanaan manajemen pendidikan, yang harus diperhatikan bukan hanya faktor internal saja, tetapi juga faktor-faktor lain di luar permasalahan pokok sistem pendidikan. Aspek manajemen pendidikan Islam, meliputi sistem pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, dan program yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan, harus sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk tujuan utama Pendirian lembaga pendidikan Islam dalam hal ini dapat terlaksana dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh semua pihak yang akan menggunakan produk lembaga pendidikan Islam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun