Perkembangan industri event yang meningkat pesat khususnya di Indonesia . Hal ini dilihat dengan banyaknya penyelenggaraan acara event baik Konser musik, Festival, Konferensi maupun Pameran yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk berkunjung. Ditambah lagi dengan dampak pertumbuhan ekonomi baik masyarakat sekitar hingga penyedia perlengkapan event dari penyelenggaraan acara event disekitar/dilokasi penyelenggaraan acara event tersebutÂ
Hall ini tidak lepas dengan tangan dari Event Organization dalam merancang/melaksanakan suatu acara event. Akan tetapi, pernah kalian mengetahui Event Organization (EO) itu?.Â
Event Organization adalah usaha dalam bidang jasa yang ditunjuk secara resmi oleh klien untuk mengorganisasikan rangkaian acara, mulai dari proses pembuatan konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga selesainya seluruh rangkaian acara, dalam rangka membantu klien mewujudkan tujuan yang diharapkan melaluiÂ
acara tersebut. Dalam industri event, EO diwajibkan untuk memenuhi permintaan Klien. Berikut beberapa hal yang dilakukan EO dalam menghadapi Klien di industri event
1. Jangan Marah dan mengeluhÂ
Event Organization dilarang untuk marah apalagi mengeluh terhadap klien baik dalam permintaan klien yang bermacam-macam. Dan EO harus menahan bahkan menyembunyikan amarahnya dari hadapan klien agar klien tidak mengira bahwa EO keberatan dengan permintaannya. Akan tetapi kita bisa menolak dengan memberikan penjelasan yang jelas kepada klien. Sehingga klien bisa memaklumi penjelasan EO
2. Berpikir kreatif.
Event Organization diharuskan untuk berpikir kreatif konsep event yang akan dibuat serta EO bisa memberikan masukan serta solusi kreatif kepada klien perihal rancangan event yang dibuat.Â
3. MultitaskingÂ
Event Organization diharuskan untuk memiliki kemampuan yaitu multitasking atau bisa melakukan kegiatan lainnya apabila terdapat kendala. Contohnya, EO dapat menggantikan posisi MC acara apabila ketika acara yang akan dimulai tetapi pihak MC tidak dapat hadir dikarenakan sakit atau urusan mendadak.Â
4. Bisa membawa kenyamanan.
Event Organization bisa membawa kenyamanan kepada klien baik dalam kenyamanan dalam berkomunikasi dan Kenyamanan dalam pelayanan. Sehingga klien merasa nyaman
Berdasarkan informasi diatas, didapatkan berdasarkan wawancara dari beberapa Event Organization mengenai pengalamannya sendiri di industri event. Dan saya berharap Informasi tersebut dapat menjadi ilmu bagi kalian yang ingin berkecimpung ke dunia Event khususnya Event OrganizationÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H