Sepatu merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang, sepatu juga merupakan fashion utama bagi anak muda masa kini. Brand sepatu ada banyak, sebagai contoh brand sepatu ternama yang berasal dari luar negeri Nike, Adidas, Vans dan lain sebagainya.Â
Tidak kalah dari produk luar, Indonesia juga memiliki brand sepatu yang bagus dan berkualitas. Sepatu Compass adalah salah satu brand sepatu bagus dan berkualitas yang ada di Indonesia. Semua orang pasti tahu sepatu ini karena terdapat banyak drama yang sudah terjadi berkaitan dengan brand sepatu Compass.
Sepatu Compass merupakan brand sepatu yang berasal dari Bandung, bukan pemain baru di bidang persepatuan. Sepatu Compass lahir didirikan pada tahun 1998 oleh bapak Kahar Gunawan.Â
Pada periode awal sepatu Compass mengalami masa sulit karena harus bersaing dengan produk impor dan saat itu juga terjadi krisis ekonomi. Tahun 2017 merupakan awal kebangkitan sepatu Compass, Aji Handoko merupakan tokoh dibalik kebangkitan dan kesuksesan sepatu Compass. Aji Handoko merupakan seorang Creative Director yang mengembangkan sisi kreatif dan strategi bisnis sepatu compass.
Aji Handoko merupakan pemain lama di industri sepatu, bahkan sejak kecil aji sudah menyukai sepatu dilansir dari akun youtube 'Badass 23 Monkey'. Hubungan Aji Handoko dan sepatu compass berawal saat Aji mendesain sepatu ARL, brand sepatu lokal yang mengandeng Ariel Noah menjadi Brand Ambassador.Â
Aji Handoko kemudian bertemu dengan bapak Kahar Gunawan yang mempunyai pabrik sepatu di bandung dan bersedia memproduksi sepatu ARL. Tepat pada tahun 2017 setelah kejadian itu Aji Handoko dan Kahar Gunawan menjalin kerja sama untuk membangun kembali brand sepatu Compass yang sudah ada sejak tahun 1998.
Setelah Aji Handoko menjadi Creative Director, Aji mendapatkan kebebasan penuh dari mendesain hingga membangun strategi marketing. Pada tahap awal kerja sama ini, aji Handoko mendesain sepatu Compass Gazelle yang kemudian pada tahun 2018 menjadi momen kebangkitan sepatu Compass kembali hidup. Re-branding ini berhasil menggebrak pasar sneaker lokal di indonesia.
Strategi Aji Handoko untuk merebranding sepatu Compass sangat efektif dan menjadikan sepatu Compass sebagai sepatu paling dicari anak muda.Â
Strategi Aji dalam merebranding juga ditiru oleh berbagai brand lokal lainnya.
Strategi-strategi Aji Handoko dalam merebranding sepatu Compass antara lain:
1. Mengandeng Media Fashion Ternama
Langkah awal brand sepatu compass bisa booming dengan mengandeng media fashion yang sudah terkenal. Media fashion itu bertugas untuk memberi tahu kepada masyarakat bahwa ada brand lokal yang berkualitas baik dan memiliki siluet yang menarik.Â
Media fashion menggunakan berbagai macam platform untuk memberikan informasi, antara lain instagram, youtube dan website. Media fashion yang membantu sepatu Compass pada langkah awal antara lain, Urban Sneakers Society (USS), PAHI.
2. Kolaborasi Sepatu Compass
Setelah Aji Handoko memperkenalkan sepatu Compass ke publik, benar saja publik langsung heboh dan sepatu Compass mulai dikenal oleh banyak orang. Namun tidak berhenti disitu, Aji kemudian mengandeng influencer sekaligus social media manager S.O.C yaitu Bryant Notodiharjo.Â
Artikel kolaborasi ini dinamai Bravo 001, artikel sepatu Compass Bravo dirilis secara offline di Senayan City, Jakarta pada tanggal 7 Februari 2019 dalam event Jakarta Sneakers Day. Sepatu kolaborasi ini hanya di produksi berjumlah 100 pasang dan sold out dalam jangka waktu 1,5 jam.
Karena keterbatasan jumlah stok membuat artikel Bravo 001 menjadi langka dan menembus harga resell 5 juta rupiah, benar-benar gila bukan. Padahal harga asli artikel kolaborasi ini adalah 398.000.
Setelah melakukan kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo sepatu Compass semakin banyak diburu sneakers head lokal. Kolaborasi-kolaborasi lain sepatu compass:
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Elderscompany.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Pot Meets Pop.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Oldblue co.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Mata Najwa.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan bank BCA.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan anggota band Kelompok Penerbang Roket dirilis di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.
- Kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo menghasilkan Bravo 002 dan dilelang di instagram sepatu compass mencapai angka lelang 55.555.000.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan The Genjots, komunitas pesepeda di Jakarta.
- Kolaborasi dengan brand fashion Jepang yang sudah go internasional Fxxkingrabbits.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Bbq Mountain Boys menghasilkan 2 artikel, yang akan dirilis pada hari esok yaitu 1 april 2021.
3. Strategi Produksi Sepatu Compass
Karena desain produk yang unik serta kualitas yang tidak kalah dari produk luar sepatu Compass banyak diminati oleh semua kalangan. Namun hal itu berbanding terbalik dengan jumlah produksi sepatu compass yang masih sedikit karena aji berusaha menjaga nilai perusahaan yang sudah berlaku puluhan tahun.Â
Spirit kekeluargaan tetap dipertahankan baik produksi dan pemasaran. Spirit dan nilai perusahaan inilah yang membawa aji untuk menggunakan tagline "Sepatu Rakyat" dan juga "Teman Compass" bagi pecinta sepatu compass.Â
Banyaknya peminat yang berbanding terbalik dengan jumlah produksi yang minim membuat harga sepatu Compass bisa diresell dengan harga yang berlipat ganda dengan harga aslinya hal tersebut juga membuat sepatu Compass langka dan sangat istimewa apabila memilikinya.
Saat ini sepatu Compass masih banyak dicari oleh berbagai kalangan dengan latar belakang yang bermacam-macam mereka bahkan rela membeli sepatu Compass dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan sepatu langka dan istimewa ini. Aji Handoko dan sepatu Compass sudah mulai menaikkan tingkat produksi dan berinovasi dengan desain-desain menarik lainnya.Â
Tak ingin berlama-lama dengan animo ini Aji Handoko berharap sepatu Compass akan terus berinovasi, kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari sepatu Compass, ya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H