Mohon tunggu...
Zaidan Priya Harsandi
Zaidan Priya Harsandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

untuk hobi saya yaitu futsal, berenang, dan bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Lantip 4 Telah Membuat Modul Ajar Elemen Spesifikasi Mesin Las Mapel Pengelasan GMAW Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK N 3 Salatiga

30 Oktober 2024   17:52 Diperbarui: 31 Oktober 2024   21:06 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Penyerahan Modul Ajar Kepada Guru SMK N 3 Salatiga

SALATIGA, 29 Oktober 2024 ---Zaidan Priya Harsandi Salah Satu Mahasiswa Lantip 4 UNNES Mengambil langkah inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengembangkan modul ajar khusus untuk elemen spesifikasi mesin Gas Metal Arc Welding (GMAW) pada mata pelajaran pengelasan GMAW Untuk Kelas XII. Pengembangan modul ini merupakan upaya untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan industri manufaktur yang semakin berkembang.

Pada pengembangan modul ajar ini merupakan respons terhadap kebutuhan industri akan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang pengelasan GMAW. Kami melihat pentingnya pemahaman mendalam tentang spesifikasi mesin GMAW bagi siswa kami. Modul ini akan membantu mereka memahami aspek teknis dengan lebih baik.

Modul ajar yang dikembangkan mencakup 3 kegiatan yaitu pembuka, inti dan penutup. untuk Kegiatan inti terbagi lagi menjadi 7 kegiatan, di antaranya:

  • Before Activity : Persiapan Alat  HP/Laptop dan modem/kuota, tools and equitment, Persiapan bahan materi, APD. SOP, Job Sheet, Reeport Sheet, tempat praktik
  • Literasi : Dengan memperhatikan kecerdasan majemuk peserta didik, guru memberikan stimulus melalui media belajar, buku, video maupun PPT dengan materi pengelasan GMAW/MIG
  • Critical Thinking : Guru memberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan konseptual dan kontektual tentang materi pengelasan GMAW
  • Collaboration : Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan lingkup materi pembelajaran pengelasan GMAW.
  • Communication : Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan dan observasi baik secara individu atau kelompok
  • Creativity : Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari pengelasan GMAW, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
  • On Job Training : Peserta didik secara individu dengan menggunakan teknik pembelajaran praktek individu dan kelompok dengan bimbingan guru melalui pengintegrasian pembelajaran abad 21 (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) dan demontrasi (Unjuk kerja ) melakukan praktik pengelasan GMAW (pengerjaan proyek pembelajaran)

Kami Mahasiswa LANTIP 4 UNNES telah melakukan riset dan berkonsultasi dengan praktisi industri serta Para Guru Produktif untuk memastikan materi yang disajikan sesuai dengan standar industri terkini. Zaidan Priya Harsandi Selaku Mahasiswa LANTIP 4 UNNES memadukan teori dan praktik dalam modul ini, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep tetapi juga mampu mengaplikasikannya.

Modul ini Juga dirancang dengan pendekatan pembelajaran yang interaktif, dilengkapi dengan ilustrasi, diagram, lembar kerja praktik serta Pemahaman lebih dalam tentang spesifikasi mesin GMAW. Setiap bab dilengkapi dengan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa. Kami juga menyertakan studi kasus real dari industri, sehingga siswa mendapat gambaran nyata tentang aplikasi di lapangan.

Penyerahan Sertifikat dari Guru SMK N 3 Salatiga
Penyerahan Sertifikat dari Guru SMK N 3 Salatiga

Untuk Modul Pembelajaran ini diserahkan kepada bapak Syaefudin Afan Eko Haryanto, S.T. selaku salah satu guru Kejuruan di SMK N 3 Salatiga dan untuk penyerahan sertifikat juga diserahkan langsung oleh bapak Syaefudin Afan Eko Haryano, S.T..

Pengembangan modul ini juga mendapat apresiasi dari Sekolah SMK N 3 SALATIGA. 'Ini adalah contoh baik bagaimana sekolah kejuruan dapat beradaptasi dengan kebutuhan industri. Modul seperti ini sangat penting untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja', Ujar Bapak Afan selaku Guru SMK N 3 SALATIGA.

Ke depannya, Kami berencana untuk terus mengembangkan modul-modul pembelajaran serupa untuk bidang keahlian lainnya. Kami berharap dengan adanya modul ini, kompetensi lulusan di SMK N 3 SALATIGA akan semakin meningkat dan lebih siap memasuki dunia industri.

Modul ajar ini akan mulai diimplementasikan pada semester mendatang dan akan dievaluasi secara berkala untuk penyempurnaan lebih lanjut. Pengembangan modul ini merupakan bagian dari komitmen SMK N 3 Salatiga dalam meningkatkan kualitas pendidikan Vokasi di Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun