pengambilan keputusan, konsumen memiliki sesuatu yang diharapkan dan kepuasan. lalu konsumen akan membuat perilaku untuk keputusan yang ingin dilakukan untuk memenuhi harapannya tersebut. proses keputusan adalah hal penting yang dilakukan konsumen dalam menggunakan suatu produk atau jasa. proses keputusan konsumen merupakan suatu proses yang terdapat tahapan tahapan sebelum konsumen mengambil keputusan.
konsumen dalam membuat keputusan memiliki beberapa tahapan, yaitu:
- Problem Recoqnition (Pemecahan Masalah)
tahap awal adalah konsumen mengenali masalah atau kebutuhan. konsumen akan mencari informasi tentang produk atau jasa dan mengevaluasi produk dan jasa tersebut dapat memenuhi kebutuhannya.Â
pemasar harus memperhatikan konsumen untuk mendapatkan informasi, tentang apa kebutuhan yang dirasakan atau masalah yang timbul, apa penyebab hal tersebut muncul dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa tertentu. konsumen akan mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkannya.
- Information Search (Pencarian Informasi)
setelah konsumen mengetahui apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan, konsumen akan mencari tentang produk atau jasa. biasanya konsumen akan mencari informasi dengan mengunjungi toko secara langsung atau melihat produk atau jasa melalui media. sumber pencarian informasi juga bisa didapat dari :
1. Lingkungan sekitar, baik keluarga maupun teman
2. Iklan
3. Pengalaman konsumen
setelah konsumen mendapatkan apa yang diharapkan maka konsumen akan melakukan pertimbangan produk atau jasa yang didapat. jika produk atau jasa tersebut sesuai dengan yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhannya maka konsumen akan menggunakan produk atau jasa tersebut.
- Alternative Evaluation (Evaluasi Alternatif)
selanjutnya konsumen akan melakukan penilaian tentang beberapa alternatif yang tersedia untuk menentukan langkah selanjutnya. evaluasi alternatif memiliki dua tahap, yaitu :
1)menetapkan tujuan pembelian
2)menilai dan menseleksi alternatif pembelian berdasarkan tujuan pembelian
setelah mengumpulkan informasi, maka konsumen akan mengevaluasi pilihan pada alternatif yang ditentukan
4. Purchase Decision (Keputusan Pembelian)
di tahapan ini adalah dimana tahapan apakah konsumen akan menggunakan produk atau jasa yang telah dipilih. jika konsumen merasa harapannya terpenuhi maka konsumen akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut.
5. Post Purchase Behaviour (perilaku pasca pembelian)
di tahap ini kita harus melihat apakah konsumen puas atau tidak dengan produk atau jasa yang digunakan. jika produk atau jasa tersebut tidak sesuai maka konsumen tidak akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut, begitu sebaliknya konsumen akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut
Sumber : Buku PERILAKU KONSUMEN : SIKAP DAN PEMASARAN / Dr. M. Anang Firmansyah
Penulis : Zaidan Haikal Nabhan Yafi (Mahasiswa KIP STP Trisakti)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H