Mohon tunggu...
Zaidan Haikal Nabhan Yafi
Zaidan Haikal Nabhan Yafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KIP STP TRISAKTI

S1 Hospar KA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengetahui Pengambilan Keputusan Konsumen

5 Agustus 2022   14:56 Diperbarui: 5 Agustus 2022   19:45 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://www.finansialku.com/10-cara-berpikir-orang-kaya/

pengambilan keputusan, konsumen memiliki sesuatu yang diharapkan dan kepuasan. lalu konsumen akan membuat perilaku untuk keputusan yang ingin dilakukan untuk memenuhi harapannya tersebut. proses keputusan adalah hal penting yang dilakukan konsumen dalam menggunakan suatu produk atau jasa. proses keputusan konsumen merupakan suatu proses yang terdapat tahapan tahapan sebelum konsumen mengambil keputusan.

konsumen dalam membuat keputusan memiliki beberapa tahapan, yaitu:

  • Problem Recoqnition (Pemecahan Masalah)

tahap awal adalah konsumen mengenali masalah atau kebutuhan. konsumen akan mencari informasi tentang produk atau jasa dan mengevaluasi produk dan jasa tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. 

pemasar harus memperhatikan konsumen untuk mendapatkan informasi, tentang apa kebutuhan yang dirasakan atau masalah yang timbul, apa penyebab hal tersebut muncul dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa tertentu. konsumen akan mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkannya.

  • Information Search (Pencarian Informasi)

setelah konsumen mengetahui apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan, konsumen akan mencari tentang produk atau jasa. biasanya konsumen akan mencari informasi dengan mengunjungi toko secara langsung atau melihat produk atau jasa melalui media. sumber pencarian informasi juga bisa didapat dari :

1. Lingkungan sekitar, baik keluarga maupun teman

2. Iklan

3. Pengalaman konsumen

setelah konsumen mendapatkan apa yang diharapkan maka konsumen akan melakukan pertimbangan produk atau jasa yang didapat. jika produk atau jasa tersebut sesuai dengan yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhannya maka konsumen akan menggunakan produk atau jasa tersebut.

  • Alternative Evaluation (Evaluasi Alternatif)

selanjutnya konsumen akan melakukan penilaian tentang beberapa alternatif yang tersedia untuk menentukan langkah selanjutnya. evaluasi alternatif memiliki dua tahap, yaitu :

1)menetapkan tujuan pembelian

2)menilai dan menseleksi alternatif pembelian berdasarkan tujuan pembelian

setelah mengumpulkan informasi, maka konsumen akan mengevaluasi pilihan pada alternatif yang ditentukan

4. Purchase Decision (Keputusan Pembelian)

di tahapan ini adalah dimana tahapan apakah konsumen akan menggunakan produk atau jasa yang telah dipilih. jika konsumen merasa harapannya terpenuhi maka konsumen akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut.

5. Post Purchase Behaviour (perilaku pasca pembelian)

di tahap ini kita harus melihat apakah konsumen puas atau tidak dengan produk atau jasa yang digunakan. jika produk atau jasa tersebut tidak sesuai maka konsumen tidak akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut, begitu sebaliknya konsumen akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut

Sumber : Buku PERILAKU KONSUMEN : SIKAP DAN PEMASARAN / Dr. M. Anang Firmansyah

Penulis : Zaidan Haikal Nabhan Yafi (Mahasiswa KIP STP Trisakti)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun