Mohon tunggu...
Zaidan Akram Ruslani
Zaidan Akram Ruslani Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA | PRODI S1 AKUNTANSI | NIM 43223010082 | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS |

Mata Kuliah : Pendidikan Anti Korupsi dan Kode Etik UMB. Dosen Pengampu : Prof. Dr. Apollo Daito, S.E., Ak., M.Si., CIFM., CIABV., CIABG Universitas Mercu Buana Meruya Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Ranggawarsita Tiga Era, Kalasuba, Katatidha, Kalabendhu, dan Fenomena Korupsi di Indonesia

31 Oktober 2024   21:07 Diperbarui: 31 Oktober 2024   22:59 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepemimpinan dalam konteks pemikiran Ranggawarsita tentang Kalasuba, Katatidha, dan Kalabendhu, kepemimpinan memegang peran penting dalam menentukan kondisi sosial dan moral suatu masyarakat. Ranggawarsita memandang kepemimpinan sebagai faktor utama yang mampu membawa sebuah masyarakat menuju kesejahteraan (Kalasuba), atau sebaliknya, ke dalam kemerosotan moral dan ketidakadilan (Kalabendhu). Berikut adalah penjelasan tentang konsep kepemimpinan dalam konteks tiga era tersebut serta relevansinya terhadap fenomena korupsi di Indonesia.

1. Kepemimpinan dalam Era Kalasuba: Pemimpin yang Bijaksana dan Adil

Di era Kalasuba, pemimpin digambarkan sebagai sosok yang bijaksana, berintegritas, dan bertanggung jawab. Kepemimpinan dalam era ini bukan sekadar tentang kekuasaan, tetapi juga tentang kemampuan untuk menjaga kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat. Pemimpin Kalasuba menjalankan tugasnya dengan mengutamakan nilai-nilai kebaikan, kejujuran, serta menjaga amanah yang diembannya. Hal ini menciptakan lingkungan sosial yang harmonis, di mana rakyat merasa terlindungi dan mendapatkan keadilan.

Dalam konteks Indonesia, kepemimpinan seperti ini diharapkan mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi. Pemimpin yang bijaksana dan berintegritas akan memprioritaskan kepentingan publik daripada kepentingan pribadi. Mereka tidak hanya menjalankan aturan hukum tetapi juga memimpin dengan teladan moral, sehingga menjadi panutan yang diikuti oleh masyarakat.

2. Kepemimpinan di Era Katatidha: Krisis Kepercayaan dan Nilai

Katatidha menggambarkan masa peralihan di mana nilai-nilai luhur mulai terkikis, dan kepercayaan terhadap pemimpin mulai menurun. Pada masa ini, para pemimpin belum sepenuhnya kehilangan integritas, tetapi mulai menghadapi tantangan dalam menjalankan pemerintahan secara adil. Krisis nilai dalam Katatidha sering kali memunculkan situasi di mana pemimpin cenderung berkompromi terhadap prinsip etika demi kepentingan tertentu, yang perlahan dapat mengikis kepercayaan masyarakat.

Fenomena ini juga terjadi di Indonesia ketika publik mulai merasakan ketidakpercayaan terhadap pemimpin dan lembaga pemerintahan. Jika dibiarkan, kondisi Katatidha ini dapat menyebabkan peningkatan korupsi, di mana pemimpin yang seharusnya menegakkan integritas justru cenderung tergoda untuk mengabaikan nilai-nilai tersebut.

3.Kepemimpinan di Era Kalabendhu: Kepentingan Pribadi Mengalahkan Keadilan

Kalabendhu adalah masa kegelapan, di mana kepemimpinan mengalami kemerosotan besar dalam hal moralitas dan tanggung jawab. Pada era ini, pemimpin digambarkan lebih mementingkan keuntungan pribadi atau golongan daripada kesejahteraan rakyat. Kalabendhu menggambarkan kondisi di mana korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, dan ketidakadilan merajalela.

Dalam konteks Indonesia, kepemimpinan pada era Kalabendhu mengacu pada pemimpin yang tidak lagi berpegang pada prinsip-prinsip moral dan etika. Mereka cenderung menyalahgunakan wewenang dan mengambil keuntungan pribadi melalui korupsi. Hal ini menciptakan ketidakpercayaan yang mendalam dari masyarakat, menyebabkan kemiskinan, ketidakadilan, dan semakin melemahkan integritas pemerintahan.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Relevansi Pemikiran Ranggawarsita terhadap Kepemimpinan Antikorupsi di Indonesia

Pandangan Ranggawarsita mengenai kepemimpinan dalam tiga era tersebut menawarkan refleksi bagi pemimpin Indonesia. Untuk menghindari kondisi Kalabendhu, kepemimpinan yang diharapkan adalah kepemimpinan yang berbasis pada nilai-nilai keadilan dan kebaikan, seperti dalam Kalasuba. Pemimpin perlu memiliki integritas yang tinggi, menjalankan tugasnya dengan mengutamakan kepentingan rakyat, dan menjadikan dirinya sebagai contoh moral bagi masyarakat.

Penerapan nilai-nilai kepemimpinan dalam Kalasuba berarti pemimpin harus berani menindak tegas korupsi, mempraktikkan transparansi, serta menciptakan sistem pemerintahan yang akuntabel. Pemimpin yang demikian dapat membantu mencegah masyarakat dari terjerumus ke dalam kondisi Kalabendhu, dengan menginspirasi rakyat untuk mengedepankan nilai-nilai etika dan menumbuhkan budaya antikorupsi.

Raden Ngabehi Ranggawarsita merupakan seorang pujangga besar Jawa pada abad ke-19 yang dikenal melalui karya-karyanya yang menggambarkan kekacauan moral dan sosial dalam masyarakat Jawa saat itu. Ranggawarsita tidak hanya menyampaikan kritik sosial, tetapi juga menawarkan panduan moral bagi generasi mendatang. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Serat Kalatidha, yang menggambarkan kekacauan dan ketidakpastian zaman melalui tiga era simbolik: Kalasuba, Katatidha, dan Kalabendhu. Era tersebut masing-masing melambangkan kondisi sosial yang berbeda, mulai dari masa keemasan (Kalasuba), masa kebingungan (Katatidha), hingga masa kegelapan (Kalabendhu).

Karya Ranggawarsita ini menjadi sangat relevan dalam konteks modern Indonesia, khususnya dalam memahami dan mengkritik fenomena korupsi yang telah lama mengakar dalam berbagai sektor. Korupsi adalah suatu bentuk kemerosotan moral yang mencerminkan Kalabendhu, masa penuh dengan ketidakadilan dan krisis nilai. Tulisan ini akan membahas pandangan Ranggawarsita mengenai tiga era tersebut dan relevansinya dalam konteks fenomena korupsi di Indonesia.

Apa Itu Tiga Era: Kalasuba, Katatidha, dan Kalabendhu?

 

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

1. Kalasuba: Masa Keemasan

Kalasuba merupakan gambaran dari masa yang penuh dengan kedamaian, kemakmuran, dan keadilan. Pada era ini, masyarakat hidup dalam keharmonisan, nilai-nilai moral tinggi, dan kepercayaan terhadap pemimpin yang bijaksana. Ranggawarsita menggambarkan Kalasuba sebagai zaman yang ideal, di mana setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap kebaikan bersama dan kebahagiaan sosial. Dalam konteks modern, Kalasuba dapat dianggap sebagai cita-cita bangsa Indonesia yang merindukan kehidupan yang bebas dari korupsi dan penuh dengan pemerintahan yang adil.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

2. Katatidha: Masa Ketidakpastian

Katatidha melambangkan masa peralihan, di mana ketidakpastian mulai mencengkeram masyarakat. Nilai-nilai moral mulai pudar, dan kepercayaan kepada pemimpin dan institusi mulai terkikis. Ranggawarsita menggambarkan Katatidha sebagai masa transisi menuju zaman kegelapan, di mana kepentingan pribadi mulai mendominasi, dan kehidupan mulai dirundung kebimbangan. Masa ini mungkin dapat dibandingkan dengan Indonesia yang sedang berupaya memberantas korupsi namun belum menemukan solusi yang kuat untuk menangani masalah ini secara mendasar.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

3. Kalabendhu: Masa Kegelapan

Kalabendhu merupakan simbol dari masa kehancuran dan kemerosotan moral. Pada era ini, ketidakadilan merajalela, dan masyarakat hidup dalam kekacauan serta krisis nilai. Kalabendhu adalah zaman di mana kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan umum, dan nilai-nilai luhur terlupakan. Dalam konteks korupsi di Indonesia, Kalabendhu menggambarkan situasi di mana perilaku koruptif semakin berakar, menyebabkan ketidakadilan sosial yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Mengapa Relevansi Tiga Era Ini Penting?

Ranggawarsita menciptakan tiga era ini sebagai pengingat bahwa nilai-nilai moral memiliki peran penting dalam menjaga tatanan sosial yang baik. Dalam konteks korupsi di Indonesia, tiga era ini relevan untuk memahami bagaimana masyarakat mengalami kemerosotan moral yang mendalam dan menjadi lahan subur bagi perilaku koruptif.

Korupsi tidak hanya berdampak pada ekonomi dan pembangunan, tetapi juga mengikis nilai-nilai luhur bangsa, seperti gotong-royong dan kepercayaan. Korupsi sering dianggap sebagai bentuk pengkhianatan terhadap amanah publik dan merupakan cerminan dari krisis moral yang digambarkan oleh Ranggawarsita dalam Kalabendhu. Sebagai negara yang memiliki landasan Pancasila dengan nilai-nilai seperti keadilan dan kemanusiaan, fenomena korupsi di Indonesia menjadi ancaman besar terhadap cita-cita bangsa.

Mempelajari tiga era ini penting untuk memahami bahwa setiap kemerosotan moral dapat dimulai dari krisis ketidakpastian, yang kemudian mengarah pada krisis besar jika tidak segera diatasi. Ranggawarsita menulis karya ini bukan hanya sebagai bentuk protes, tetapi juga sebagai peringatan dan panduan untuk memperkuat nilai-nilai luhur masyarakat dalam menghadapi tantangan zaman. Hal ini sangat penting bagi Indonesia saat ini, di mana upaya pemberantasan korupsi belum berhasil mengatasi akar masalah dari perilaku koruptif yang sudah mengakar

Apa hubungannya fenomena korupsi di Indonesia dengan Ranggawarsita Tiga era ini?

Hubungan antara fenomena korupsi di Indonesia dengan pemikiran Tiga Era Ranggawarsita (Kalasuba, Katatidha, dan Kalabendhu) terletak pada pandangannya mengenai kondisi sosial-moral yang berperan dalam membentuk kualitas kehidupan masyarakat. Melalui Tiga Era, Ranggawarsita memberikan gambaran perubahan moral dan integritas yang dialami masyarakat seiring waktu, di mana penurunan nilai-nilai luhur menyebabkan krisis keadilan dan kemerosotan sosial. Fenomena korupsi di Indonesia dapat dilihat sebagai refleksi dari kondisi yang Ranggawarsita gambarkan, khususnya dalam masa Katatidha dan Kalabendhu.

Berikut adalah hubungan antara pemikiran Ranggawarsita dan fenomena korupsi di Indonesia:

1. Kalasuba: Era Tanpa Korupsi dan Kepemimpinan yang Ideal

Kalasuba adalah simbol era keemasan, masa di mana kepemimpinan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur seperti keadilan, kejujuran, dan kebijaksanaan. Dalam konteks ini, Kalasuba menggambarkan kondisi ideal yang diharapkan ada di Indonesia, di mana pemimpin berintegritas tinggi dan kepentingan rakyat diutamakan.

Pada masa seperti ini, korupsi hampir tidak mungkin terjadi karena struktur sosial dan kepemimpinan yang kuat dan beretika. Namun, Indonesia saat ini masih jauh dari kondisi ideal Kalasuba, karena korupsi masih banyak ditemukan di berbagai sektor.

2. Katatidha: Krisis Moral dan Awal Munculnya Korupsi

Katatidha mencerminkan masa ketidakpastian dan mulai terkikisnya nilai-nilai luhur. Pada masa ini, kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin mulai goyah, dan kerap kali kepentingan pribadi mulai mengambil alih keadilan. Era Katatidha adalah fase peralihan di mana korupsi mulai muncul karena adanya krisis nilai dan moralitas.

Dalam konteks Indonesia, banyak kasus korupsi menunjukkan bahwa krisis moral dimulai ketika pemimpin atau pejabat merasa ragu dalam menjalankan amanah dan akhirnya tergoda oleh kepentingan pribadi. Kondisi Katatidha ini terlihat ketika masyarakat menyadari adanya penyelewengan, tetapi belum ada upaya maksimal untuk memberantasnya.

3. Kalabendhu: Masa Kegelapan yang Dipenuhi Korupsi

Kalabendhu adalah masa di mana krisis moral dan ketidakadilan mencapai puncaknya, dengan masyarakat hidup dalam kondisi ketidakpercayaan dan ketidakadilan. Pada era ini, kepentingan pribadi sepenuhnya menguasai kepemimpinan, dan korupsi berkembang luas tanpa ada pembatasan moral.

Fenomena korupsi di Indonesia pada masa sekarang bisa dikaitkan dengan Kalabendhu, di mana tindakan koruptif sudah sangat mengakar, mulai dari sektor politik hingga pelayanan publik. Kalabendhu menggambarkan situasi di mana korupsi sudah menjadi “budaya” yang sulit diberantas karena sebagian besar masyarakat telah terbiasa dengan kondisi ini. Ranggawarsita mengingatkan bahwa Kalabendhu adalah simbol kehancuran nilai-nilai etika, yang persis terjadi ketika korupsi telah merusak tatanan sosial.

4. Pesan dan Peringatan untuk Mencegah Perluasan Korupsi

Pandangan Ranggawarsita dalam Tiga Era adalah peringatan bagi masyarakat tentang bahaya degradasi moral yang berpotensi membawa masyarakat pada Kalabendhu. Dalam konteks korupsi di Indonesia, pesan ini penting untuk diingat sebagai upaya menjaga moral dan etika agar korupsi tidak semakin meluas.

Untuk mencegah kondisi seperti Kalabendhu, nilai-nilai luhur seperti dalam Kalasuba harus dipulihkan kembali dalam kehidupan berbangsa. Kepemimpinan yang bijaksana dan masyarakat yang berpegang teguh pada moralitas bisa menjadi solusi untuk mengatasi dan mencegah korupsi.

Bagaimana Cara Mengatasi Hal Tersebut? 

Untuk mengatasi fenomena korupsi yang berkaitan dengan Tiga Era Ranggawarsita, pendekatan yang diperlukan mencakup langkah-langkah strategis yang menyentuh berbagai aspek kehidupan, termasuk moralitas, pendidikan, penegakan hukum, serta perbaikan sistem pemerintahan. 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menguatkan Pendidikan Moral dan Etika

Pendidikan moral harus diberikan sejak dini di lingkungan keluarga dan sekolah, agar generasi muda memiliki fondasi nilai-nilai luhur seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Seperti yang digambarkan dalam Kalasuba, masyarakat yang ideal adalah masyarakat yang memegang teguh prinsip moral.

Pendidikan anti-korupsi dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap dampak buruk korupsi. Hal ini akan membantu membentuk masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga nilai-nilai keadilan dan kebenaran.

2. Mengembangkan Kepemimpinan yang Berintegritas

Pemimpin yang berintegritas dan memiliki komitmen moral yang tinggi adalah kunci untuk mencegah korupsi. Pemimpin ideal seperti dalam Kalasuba menjadi panutan yang mendorong masyarakat untuk menjunjung nilai-nilai moral. Pemerintah perlu memperketat seleksi pejabat publik dengan mengutamakan rekam jejak integritas dan kemampuan manajerial yang baik.

Pelatihan kepemimpinan yang berorientasi pada etika dapat menjadi langkah efektif dalam membentuk calon pemimpin yang memiliki tanggung jawab terhadap kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

3. Penegakan Hukum yang Tegas dan Adil

Penegakan hukum yang konsisten dan tegas terhadap pelaku korupsi adalah langkah penting untuk menghindari situasi Kalabendhu, di mana ketidakadilan dan penyalahgunaan kekuasaan merajalela. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu, dan pelaku korupsi harus diberikan sanksi yang berat.

Peran lembaga antikorupsi seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu diperkuat. Selain melakukan penindakan, KPK juga dapat fokus pada pencegahan melalui program-program yang menanamkan nilai-nilai antikorupsi di masyarakat dan institusi pemerintah.

4. Membangun Sistem Transparansi dan Akuntabilitas

Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci dalam mencegah korupsi. Sistem pemerintahan perlu dirancang agar setiap keputusan dapat dipantau dan dipertanggungjawabkan. Teknologi informasi, seperti e-governance, dapat membantu menciptakan pemerintahan yang lebih transparan dan meminimalkan peluang untuk tindakan korupsi.

Masyarakat juga perlu didorong untuk aktif mengawasi dan melaporkan kegiatan yang mencurigakan. Partisipasi masyarakat ini dapat mengurangi potensi penyalahgunaan wewenang dan meningkatkan akuntabilitas di semua tingkat pemerintahan.

5. Memperkuat Budaya Antikorupsi di Lingkungan Kerja dan Masyarakat

Budaya antikorupsi harus dikembangkan dalam lingkungan kerja dan masyarakat secara luas. Di dalam organisasi pemerintah dan perusahaan, peraturan yang ketat terkait antikorupsi harus diterapkan dengan tegas. Penghargaan kepada pegawai yang berintegritas dan hukuman bagi yang melanggar dapat menjadi contoh nyata untuk memperkuat budaya ini.

Penerapan budaya antikorupsi di masyarakat juga penting. Masyarakat perlu diajak untuk ikut aktif dalam kampanye antikorupsi dan meningkatkan kesadaran akan dampak negatif korupsi, sehingga perilaku koruptif dapat dilihat sebagai sesuatu yang sangat tercela.

6. Membangun Kesadaran Kolektif dan Gotong Royong

Salah satu pelajaran dari Kalasuba adalah pentingnya kesadaran kolektif untuk menjaga kepentingan bersama. Gotong royong dan solidaritas sosial harus terus dijaga agar masyarakat tidak terpecah oleh kepentingan pribadi yang dapat mendorong tindakan koruptif.

Program-program yang melibatkan masyarakat, seperti penyuluhan, diskusi publik, dan forum masyarakat, dapat membantu membangun solidaritas sosial dan komitmen bersama untuk memerangi korupsi. Kesadaran kolektif ini akan menjadi benteng pertahanan moral bagi masyarakat untuk menolak segala bentuk korupsi.

7. Memperkuat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Kemiskinan dan ketimpangan ekonomi sering kali menjadi alasan utama seseorang terlibat dalam praktik korupsi. Oleh karena itu, upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat harus menjadi prioritas pemerintah. Program-program kesejahteraan seperti bantuan sosial, pendidikan, dan lapangan kerja dapat membantu mengurangi risiko korupsi yang sering kali terjadi akibat desakan ekonomi.

Masyarakat yang sejahtera lebih mungkin untuk menjalankan kehidupan yang beretika dan menghargai nilai-nilai sosial.

Penutup

Karya Ranggawarsita tentang Kalasuba, Katatidha, dan Kalabendhu merupakan refleksi kritis terhadap kondisi sosial yang penuh dengan tantangan moral dan etika. Ketiga era ini menggambarkan siklus sosial yang mungkin berulang dalam kehidupan masyarakat. Fenomena korupsi di Indonesia, sebagai wujud nyata dari Kalabendhu, telah mengancam nilai-nilai luhur bangsa dan merusak sistem sosial.

Untuk mengatasi korupsi, pandangan Ranggawarsita dapat digunakan sebagai inspirasi moral untuk mengembalikan masyarakat kepada nilai-nilai luhur. Dengan membangun kesadaran moral, menghidupkan nilai-nilai lokal, mendorong kepemimpinan yang berintegritas, serta menerapkan kebijakan berlandaskan etika dan keadilan, Indonesia dapat berharap untuk kembali menuju masa Kalasuba, sebuah masa yang ideal, di mana masyarakat hidup dalam keharmonisan dan kesejahteraan.

Daftar Pustaka

1. Ranggawarsita, Raden Ngabehi. Serat Kalatidha. Kasunanan Surakarta, abad ke-19.

2. Anderson, B. R. O'G. (1990). Language and Power: Exploring Political Cultures in Indonesia. Cornell University Press.

3. Effendi, Anwar. (1993). Estetika Sastra Jawa: Studi Terhadap Nilai dan Filosofi Sastra Jawa Tradisional. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

4. Susanto, Ahmad. (2010). Etika dan Budaya dalam Perspektif Keindonesiaan. Jakarta: Kompas Gramedia.

5. Pradipta, Dharma. (2015). "Nilai Luhur dalam Kebudayaan."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun