Ilmu Manajemn Pendidikan (IMP) merupakan bidang studi multifaset dan dinamis yang mengintegrasikan beberapa teori dan konsep dari bidang studi lain, termasuk Ilmu Sosial Humaniora ( ISH ). Paradigma terpadu IMP menekankan perlunya menghubungkan teori dan praktik serta menyeimbangkan banyak sudut pandang dalam perumusan kebijakan.Â
ISH membantu peneliti dan pendidik dalam memahami fenomena pendidikan dari beberapa sudut pandang seperti berikut:
Perspektif psikologis : Memahami bagaimana individu belajar dan tumbuh dalam konteks pendidikan .
Perspektif historis: Memahami bagaimana sistem sistem pendidikan telah berkembang seiring berjalannya waktu.
Perspektif politik: Memahami bagaimana politik mempengaruhi sistem pendidikan dan kebijakan pendidikan.Â
Perspektif ekonomi : Memahami bagaimana pendidikan berhubungan terhadap perekonomian dandan pasar tenaga pasar tenaga kerja.
Peran ISH dalam Memahami Konteks Pendidikan:
ISH menekankan betapa penting pendidik memahami konteks dimana pekerjaan mereka sedang dilakukan. konteks termasuk beberapa faktor seperti agama, politik, ekonomi, masyarakat, dan kehidupan sehari-hari yang berdampak negatif pada sistem pendidikan.
Pemahaman tentang konteks pendidikan sangat penting untuk:Â
Menciptakan program pendidikan yang efektif: Hal ini harus dikembangkan dengan mempertimbangkan secara hati - hati konteks penerapannya.
Mengetahui lebih dalam perilaku peserta didik: Berbagai faktor kontekstual, seperti latar belakang sosial dan ekonomi, dapat berdampak negatif bagi merekaÂ
Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan pemangku kepentingan : Pemangku kepentingan, termasuk siswa, guru, dan masyarakat umum, memiliki perspektif berbeda terhadap pendidikan. Pemahaman ISH mempunyai potensi untuk membantu para pendidik dalam berkomunikasi dan bekerja sama untuk membantu lebih efektif dengan pihak-pihak yang menerapkan konsep penting ini.Â
Teori ISH adalah aspek berguna praktik manajemen pendidikan, mulai dari:
Pendidikan pemimpinan: Para pemimpinan ISH dapat memberikan paramparan kepemimpinan yang efektif dan inspiratif dalam mengembangkan gaya pemimpinan.
Kurikulum dan pengajaran : Teori pendidikan ISH dapat membantu pendidik dalam mengembangkan kurikulum dan strategi pengajaran yang sejalan dengan kebutuhan dan minat siswa.
Pendidikan evaluasi: Teori evaluasi ISH mampu memberi para evaluator mengatur alat dan metode evaluasi yang objektif dan akurat.
Perkembangan Profesional : Teori ISH pengembangan profesional dapat membantu pendidik dalam menciptakan program pengembangan profesional yang efektif bagi guru dan anggota staf lainnya.
Mengintegrasikan ISH ke dalam IMP bukan tanpa tantangan. Beberapa tantangan yang perlu diatasi antara lain:
Kurangnya pemahaman tentang ISH: Banyak pengelola pendidikan tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang ISH dan bagaimana ISH dapat diterapkan dalam praktik manajemen pendidikan.
Kurangnya sumber daya: Mengintegrasikan ISH ke dalam IMP membutuhkan investasi dalam sumber daya, seperti pelatihan dan pengembangan staf, serta bahan-bahan ajar.
Perubahan budaya: Mengintegrasikan ISH ke dalam IMP mungkin memerlukan perubahan budaya di organisasi pendidikan.
Jika terdapat tantangan, terdapat pula peluang untuk mengintegrasikan ISH ke dalam IMP, meliputi antara lain :
Meningkatkan standar pendidikan : Memasukkan ISH ke dalam IMP dapat membantu meningkatkan standar pendidikan dengan menyediakan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konteks pendidikan dan memungkinkan penerapan teori ISH dalam praktik pengajaran di dunia nyata.Â
Meningkatkan profesionalisme pendidikan : Mengintegrasikan ISH ke dalam IMP dapat membantu meningkatkan profesionalisme pendidikan dengan memberikan para peserta pengetahuan dan keterampilan yang mereka perlukan untuk menjadi pemimpin yang efektifÂ
Meningkatkan Kemampuan : Integrasi integrasiISH ke dalam IMP dapat membantu meningkatkan kapasitas belajar siswa dengan memberikan mereka pengalaman kerja untuk berkreasi berdasarkan kebutuhan mereka.Â
Contoh penerapan paradigma integrasi dalam manajemen pendidikan adalah sebagai berikut :
 Peningkatan Program Pelatihan Pemimpinan: Berbasis Berdasarkan Model Integratif, program ini dapat memanfaatkan integrasi pengetahuan psikologi, kinerja karyawan, dan kesadaran nasionalisme dengan pengetahuan manajemen sumber daya manusia.
Pengembangan Sistem Pendidikan: Sistem pendidikan yang berbasis pada paradigma integrasi dapat menggunakan penggabungan antara Politik, Manajemen, dan ilmu pendidikan untuk meningkatkan kesadaran nasionalalisme dan kualitas pendidikan tertentu.
Pengembangan Inovasi: Inovasi dalam bentuk paradigma integrasi dapat memanfaatkan integrasi antara bidang pendidikan, psikologi, dan manajemen untuk meningkatkan standar pendidikan dan memperkuat sentimen nasionalis.
Pengembangan Nilai-Nilai: Ditorita dalam paradigma integrasi, nilai-nilai dapat memanfaatkan penggabungan antara psikologi, manajemen, dan ilmu pendidikan sains untuk meningkatkan kesadaran nasionalalisme dan meningkatkan kualitas pendidikan.Â
Untuk mengatasi tantangan implementasi penerapan paradigma dalam manajemen pendidikan, beberapa solusi yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :
 Peningkatan Kesadaran Masyarakat: Meningkatkan kesadaran akan peran masyarakat dalam pengembangan negara, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.
Reformasi Sistem Politik : Reformasi sistem sistem politik dengan penekanan pada kesadaran masyarakat akan pentingnya kebijakan publik dan pendidikan warga negara.
 Pengembangan Sistem Pendidikan: Pengembangan sistem pendidikan yang divariasi daripada kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan kesadaran nasionalisme.
Peran peran ISH dalam penelitian pendidikanÂ
ISH dapat diterapkan dalam berbagai bidang penelitian pendidikan antara lain :Â
Penelitian kualitatif : Penelitian Kualitatif ISH menggunakan metode seperti wawancara, observasi, dan analisis teks untuk memahami pengalaman dan perspektif individu dan kelompok.
Penelitian kuantitatif: Penelitian kuantitatif ISH menggunakan metode seperti survei dan eksperimen untuk mengumpulkan data numerik mengenai fenomena pendidikan.Â
Penelitian campuran : Penelitian campuran menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena pengajaran.
Penerapan ISH dalam penelitian pendidikan dapat membantu para peneliti untuk:
Memahami kompleksitas fenomena pendidikan dari berbagai perspektif.
Mengembangkan teori dan model pendidikan yang lebih komprehensif.
Menyediakan data dan informasi yang lebih kaya dan bermakna untuk menginformasikan kebijakan dan praktik pendidikan.
Kesimpulan
ISH memiliki peran penting dalam penelitian pendidikan dan pengembangan kurikulum, baik penelitian pendidikan dan pengembangan kurikulum. ISH memberikan berbagai variasiteori, konsep, dan metodologi yang dapat membantu peneliti dan pendidik dalam memahami sifat pendidikan yang dinamis serta dalam mengembangkan inisiatif penelitian dan pendidikan yang lebih efektif dan efisien. ISH memiliki keunggulan dan keuntungan penting dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan kurikulum. ISH memberikan beberapa teori, konsep, dan, metodologi yang dapat membantu peneliti dan pendidik dalam memahami hakikat pendidikan yang otentik dan menarik serta dalam mengembangkan penelitian dan pengajaran yang lebih efektif dan efisien. inisiatif penelitian dan pengajaran yang lebih efektif dan efisien. teori, konsep, dan metodologi yang dapat membantu peneliti dan peserta didik dalam memahami sifat pendidikan yang kompleks dan dinamis serta dalam mengembangkan pendidikan yang lebih efektif dan efisien.
Selain itu, ISH menawarkan teori dan konsep yang mungkin digunakan untuk beberapa anggota parlemen pada beberapa domain MP, seperti kepemimpinan pendidikan, pengembangan kurikulum domain, evaluasi guru, dan pengembangan profesional.Â
Meskipun terdapat tantangan dalam mengintegrasikan ISH ke dalam MP, terdapat peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memprofesionalkan staf pengajar, dan meningkatkan prestasi siswa. Penting untuk terus mengembangkan dan menerapkan paradigma integrasi ISH di MP guna meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI