Dalam meningkatkan pemasaran sebuah jasa atau produk sekalipun, dibutuhkan strategi maketing yang tepat sasaran. Salah satu caranya adalah pembuatan konten yang menarik serta artikel yang eye-catching dengan melihat traffic yang tepat. Pembuatan konten promosi ini dapat berupa tulisan yang diedarkan melalui website online atau media sosial. Dalam memaksimalkan efektivitasnya di dunia marketing, perlu diupayakan untuk  membuat teknik copywriting yang tepat untuk mendorong tercapainya tujuan marekting.
Upaya-upaya tersebut bisa dilakukan dengan beberapa langkah dalam mengoptimalisasi penulisan dalam marketing yakni seperti halnya, fokus pada tema yang ditentukan sebelumnya. Topik atau gagasan yang berkaitan atau saling relevan memang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengeksekusi, dalam membuat webiste pun begitu seyogyanya membuat webite yang fokus pada atu jenis brand atau produk tertentu, semisal kalau kita ingin membuat website tentang bisnis fashion maka isi konten tersebut juga terfokus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fashion seperti halnya mix and match outift, cara agar tetap trendy dengan menggunakan jilbab, dan lain-lain.
      Upaya selanjutnya dalam strategi marketing adalah membuat tulisan yang jelas arahnya kemana baik konten maupun penjelasannya. Isi atau konten memang sangat penting di dunia marketing, dalam membuat tulisan entah menggunakan platform website maupun media sosial seseorang yang menulis isi tersebut harus paham siapa target marketnya, kemudian bagaimana caranya agar oarng yang membaca isi artikel atau tulisan tersebut langsung paham tanpa berbelit-belit mengingat efektivitas dan urgensi isi yang membuat pembaca  langsung tahu tujuan dari tulisan tersebut.Â
Bagaimanapun, untuk membuat isi konten yang menarik dan berkualitas juga dibutuhkan riset atau pengamatan baik untuk headline maupun keywords yang sesuai dengan tujuan marketing ita sendiri. Dalam penerapannya, anda bisa menggunakan keywords dengan mencari kata yang sesuai dengan Google Analytics, anda bisa melihat dan mengamati bagian mana saja yang sering populer atau kata kunci apa saja yang paling banyak dicari terkait dengan bisnis yang anda geluti dengan begitu semakin banyak orang yang akan reach dengan kata kunci yang anda masukkan.
      Memproduksi isi konten artikel secara berkala juga mempunyai posisis yang fundamental untuk mengembangkan stratgei marketing anda. Perlu adana upaya konsitensi dalam membuat konten atau isi artikel, untuk meraih engagement seerti halnya algoritma dalam media sosial konsitnsi penting dalam membentuk algoritma konten.
Dengan mengunggah konten secara konsiten, maka ritme produksi tersebut akan membangun citra yang positif terhadap pembaca. Selain itu, dengan adanya ketidakkonsitensi dalam mengunggah karya atau konten maka pembaca akan semakin gamang dalam menilai kualitas konten yang kita produksi. Selain itu, kesuksesan dalam membuat konten juga dipengaruhi oleh sikap konsitensi.
Salah satu strategi marketing lain yang bisa digunakan yakni dengan membuat promosi melalui sosial media baik media online maupun printing media. Dalam hal ini, anda harus bia memanfaatkan platform media sosial yang biasanya banyak diakses oleh khalayak baik melalui online maupun cetak. Seperti halnya, melalui blogging atau medium yang mudah diakses secara online atau menggunakan media cetak seperti halnya memuat iklan pada koran-koran lokal. Dalam hal strategi marketing atau unsur-unsur yang perlu diupayakan seperti yang telah disebutkan penjabarannya diatas, terdapat hal yang yang belum diperhatikan yakni media sosial itu sendiri.Â
      Pada era industri tepatnya  4.0 memang cukup memudahkan manusia dalam mengakses pelayanan publik atau menggunakan fasilitas publik selain itu dalam dunia marketing, penggunaan sosial media mempunyai posisi yang tepat dalam keperluan bisnis. Salah satu contohnya yakni penggunaan media sosial, seperti halnya Facebook, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya mempunya peran dan fungsi sendiri sesuai ranahnya.
Hal yang diperhatikan dalam media sosial untuk tujuan marketing yakni memaksimalkan isi konten sosial media, memperhatikan target market atau sasaran, mempunyai informasi yang sesuai, serta memberikan respon yang tepat terhadap konsumen. Â Jika diperhatikan, era ekarang adalah era pemanfaatan marketing dengan sosial media, bisa kita aambil contoh yaitu instagram.
Platform instagram bukan hanya digunakan untuk berbagi momen pribadi seperti foto liburan, kegiatan penting atau bahkan sekadar cerita basa-basi untuk mengunggah isi konten. Jika dipergunakan dengan baik, isi konten di instagram akan sangat bermanfaat salah satunya untuk pemakaian marketing online.Â
Bagaimanapun, memaksimalkan isi konten media sosial seperti halnya instagram mempunyai dampak yang baik untuk dunia marketing online, dengan adanya konten yang menarik maka akan ada feedback seperti menambahnya jumlah followers serta memberikan kesan serta branding yang kuat agar konsumen percaya dengan jasa atau produk yang kita tawarkan.
Pentingnya membuat branding di sosial media akan menaikkan traffic media sosial kita sendiri. Isi konten memang harus disesuaikan dengan marketing kita, contohnya isi konten apa saja yang ada dalam instagram milik kita dan ciri khas apa saja yang tidak ada di tempat lain yang mendasari atau filosofis terhadap brand kita sendiri.Â
Pemilihan isi konten yang dapat disesuaikan dengan kondisi trend terkini, baik yang berhubungan dengan market kita atau diluar hal tersebut, memberikan konten yang tidak asal-asalan serta mempunyai dampak yang membuat kita terus mengakses konten tersebut terutama jika isi konten  berbobot dan relatable dengan informasi yang sedang dibicarakan secara online.
Dalam membuat konten di media sosial, perlu adanya perhatian yang lebih terhadap target market. Target arket sendiri adalah bagaimana orang-oarang yang sesuai dengan produk yang sedang kita tawarkan, contoh seperti halnya saat kita membuat konten saham atau investasi kita perlu melihat siapa saja yang paling banyak berhubungan dengan akun kita, biasanya kita memberikan target market millenial dalam membuat konten yang sesuai dengan taget market yang telah ditentukan.Â
Selain itu, teknik penulisan yang tepat akan membuat konten menjadi informasi yang sesuai sehingga ccok untuk dikonsumsi publik dan bersifat tidak menjatuhkan. Pentingnya informasi dalam konten yakni seperti pembuatan design yang cukup menarik dan tidak stagnan, akses kontak yang cukup jelas serta ketersediaan informasi yang dibutuhkan sampai kepada konsumen.Â
 Dengan adanya tata letak maupun design di media sosial, orang-orang akan terkesan dengan tampilan konten sebelum melihat isi kontennya, hal tersebut menjadi daya tarik sebelum target market mengenal lebih jauh apa saja isi konten kita.
Hal terakhir yang perlu diperhatikan juga yakni, bagaimana cara kita merespon baik tanggapan, pertanyaan maupun komentar dari target market kita. Memberikan layanan yang baik dengan etika yang sesuai akan membuat target marget merasa dihargai dan percaya dengan produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.
 Dengan begitu, kepuasan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk membuat marketing semakin berkembang. Menanggapi komplain yang sesuai dengan SOP yang telah ditentukan di marketing tersebut sehingga tidak akan kebingungan dalam menentukan tindakan atas respon yang akan diambil kedepannya.
     Â
     Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H