Mohon tunggu...
Neng Zahra Regina
Neng Zahra Regina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jl. Kh. Dewantara rt004 rw005 Kp. Sawah Lama

Dare to dream dare to achive

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Memperhatikan Profesionalitas dalam Bekerja

2 Juli 2022   17:10 Diperbarui: 2 Juli 2022   17:12 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Pentingnya Memperhatikan Profesionalitas dalam Bekerja

Maksud dan arti profesionalitas adalah apa? Memperhatikan profesionalitas dalam bekerja akan menentukan kesuksesan karir. Karena itu sikap profesional adalah harus dimiliki setiap karyawan yang menjalankan pekerjaannya sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang dimiliki.

Seorang karyawan yang memiliki sikap profesional dapat memposisikan dirinya agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab, hubungan dan relasi, serta fokus dan konsisten terhadap urusan pekerjaannya.

Sikap profesional adalah menjadi hal penting di dunia kerja karena akan berdampak positif bagi perusahaan. Profesionalitas dalam bekerja dianggap sebagai salah satu aspek terpenting untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan. 

Dengan membaca tulisan ini anda akan belajar bersikap profesional dan akan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti :

*Fungsi utama memiliki ilmu pengetahuan dalam bekerja adalah?

*Bekerja tanpa pengaruh pada perasaan yang diberikan dalam bekerja disebut apa?

*Untuk meningkatkan tenaga profesional dengan cara memberi apa?

*Terampil dan cepat dalam melakukan pekerjaan dinamakan apa?

*Sikap utama yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan adalah?

*Apakah setiap pekerjaan mempunyai kegiatan yang sama jelaskan alasannya?

*Yang perlu ditingkatkan oleh seorang pekerja dalam persaingan kerja adalah apa saja?

*Sikap yang diperlukan dalam pekerjaan adalah bagaimana?

*Melaksanakan tugas tidak boleh mengharapkan apa?

*Sikap apa yang harus dimiliki oleh setiap pekerja jelaskan dengan singkat!?

Secara sederhana, profesionalitas kerja karyawan dapat dilihat pada saat karyawan yang bekerja di perusahaan telah menerima upah, kemudian mereka menjalankan kewajiban sebagai karyawan dengan baik. Kemudian berbagai jenis pekerjaan yang dibebankan kepadanya akan diselesaikan dengan baik dan tepat waktu tanpa mengeluh, serta senantiasa memperbaiki kesalahan agar menjadi lebih baik.

Karyawan yang memiliki sikap profesional dalam pekerjaannya dapat diandalkan oleh perusahaan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan profesionalitas dalam bekerja dari seluruh karyawan yang ada di perusahaan. Jangan sampai ternyata Anda hanya mempekerjakan karyawan yang kurang atau bahkan tidak profesional, yang justru akan menghambat produktivitas perusahaan.

Sikap Profesional Adalah Penting Untuk Setiap Karyawan, Misalnya Point Penting Profesionalitas dalam Bekerja ini Profesionalitas adalah salah satu sikap penting yang harus dimiliki karyawan. Lalu ada beberapa poin penting dalam sikap profesional yang perusahaan harapkan dimiliki oleh para karyawannya.

1.Karyawan mempunyai keterampilan dan pengetahuan khusus

Di dalam dunia kerja, setiap karyawan harus mampu meningkatkan kualitas dirinya dan berpegang teguh untuk melakukan pengembangan keterampilan dan pengetahuan. Sehingga jika seorang karyawan mampu melakukan hal tersebut, maka karyawan akan memiliki kemampuan yang bagus untuk terkait pekerjaannya. Tentu, sikap profesionalitas dalam bekerja ini akan membawa dampak yang positif pada perusahaan.

2.Karyawan memiliki sikap dan sifat yang baik

Setiap perusahaan tidak hanya memerlukan karyawan yang memiliki pengetahuan dan pengembangan diri yang bagus. Akan tetapi setiap perusahaan lebih membutuhkan karyawan yang memiliki sikap dan sifat yang baik. Karena itu profesionalitas dalam bekerja adalah penting untuk diterapkan ketika bekerja. Sikap dan sifat yang kurang baik dapat mengakibatkan kehancuran baik bagi karir karyawan maupun bagi perusahaan. Sikap dan sifat yang baik diantaranya seperti jujur, berintegritas, bertanggung jawab dan santun.

3.Karyawan memiliki tujuan yang jelas

Pada kenyataannya, tidak hanya perusahaan saja yang memiliki tujuan. Namun para karyawan juga memiliki tujuan dalam bekerja dan berusaha mencapai tujuan tersebut. Karyawan yang memiliki tujuan dan memiliki motivasi besar akan melakukan tugas pekerjaannya secara lebih sungguh-sungguh.Lalu salah satu sikap utama yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan adalah sikap yang profesional dalam bekerja.

Ciri-ciri Profesionalitas Dalam Bekerja

Seorang karyawan yang profesional dalam bekerja memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan karyawan lain. Mempunyai keterampilan yang sangat tinggi di bidang tertentu, atau memiliki kepandaian di dalam mengoperasikan alat tertentu. Karena itu terampil dan cepat dalam melakukan pekerjaan dinamakan profesional.

Mempunyai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang luas, serta memiliki kecerdasan khusus untuk menganalisis permasalahan dan peka terhadap situasi. Seorang karyawan yang profesional akan berorientasi kepada masa depan, sehingga ia memiliki keahlian dalam mengantisipasi perkembangan lingkungan yang ada di depannya. Buatnya, sikap professional adalah hal yang selalu dilakukan ketika bekerja.

Memiliki sikap yang mandiri, yang yakin terhadap kemampuan pribadi dan terbuka untuk menghargai pendapat dari orang lain. Selain itu juga memiliki kecermatan dalam menentukan mana yang terbaik. Memiliki integritas, yaitu mengutamakan prinsip dasar dengan mengedepankan nilai kebenaran, keadilan serta kejujuran.

Mampu memotivasi diri sendiri dan orang yang ada disekitarnya. Yaitu dengan menjadikan situasi yang sulit sebagai tantangan dalam membangun kualitas diri untuk kedepannya. Dengan memecahkan masalah menggunakan pikiran yang tenang.

Tips Meningkatkan Profesionalitas Karyawan Adalah Sebagai Berikut

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar para karyawan yang ada profesionalitasnya dapat meningkat dan dapat menerapkan sikap profesionalitas dalam bekerja setiap harinya.

Menyelenggarakan kegiatan penataran dan program pelatihan terhadap para karyawan yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan.

Memberikan kesempatan kepada para karyawan untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Mengirim atau menyekolahkan para karyawan pilihan ke luar negeri.

Menyelenggarakan kegiatan seminar atau workshop yang berkaitan dengan peningkatan kualitas tenaga kerja karyawan.

Menyediakan fasilitas dan bantuan dana kepada para karyawan yang berprestasi untuk meningkatkan keahlian bidangnya.

Sikap yang diperlukan dalam pekerjaan adalah sikap yang profesional, karena itu perusahaan wajib meningkatkan kualitas setiap karyawannya.

Kesimpulannya, sikap profesional adalah harus dimiliki setiap karyawan untuk kemajuan karir dan perusahaan.

Sikap profesional tentu akan mempengaruhi kinerja yang hasilnya baik. Bila perusahaan menggunakan aplikasi penilaian kinerja karyawan, setiap performa baik dari karyawan akan terekam yang mungkin saja akan mendapat reward dari perusahaan baik dari segi kemajuan karir ataupun bonus gaji.

Neng Zahra Regina 

Mahasiswi STEI SEBI


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun