Mohon tunggu...
zahra sintyanury
zahra sintyanury Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Pleasure in learning new things, being detail-oriented, and having an aspiration to work in the field of communication. Can communicate well, be enthusiastic, proactive, and ready to learn and contribute in a working environment.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Transformasi Digital Media: Kisah Sukses Harian FAJAR menjadi FAJAR.co.id

11 Oktober 2024   19:05 Diperbarui: 11 Oktober 2024   21:23 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bogor- Dalam era disrupsi teknologi, transformasi digital menjadi kunci keberlangsungan bisnis media. Salah satu contoh transformasi yang menarik adalah perjalanan Harian FAJAR, surat kabar terkemuka di Makassar, menjadi portal berita online FAJAR.co.id. Mari kita telusuri proses mediamorfosis ini dan pelajaran yang bisa kita ambil. Dalam era disrupsi teknologi, transformasi digital menjadi kunci keberlangsungan bisnis media. Salah satu contoh transformasi yang menarik adalah perjalanan Harian FAJAR, surat kabar terkemuka di Makassar, menjadi portal berita online FAJAR.co.id. Mari kita telusuri proses mediamorfosis ini dan pelajaran yang bisa kita ambil. 

Apa Itu Mediamorfosis?

Mediamorfosis adalah transformasi media komunikasi yang terjadi akibat interaksi antara kebutuhan, tekanan kompetitif, dan inovasi teknologi. Proses ini melibatkan tiga konsep utama:

  1. Koevolusi
  2. Konvergensi
  3. Kompleksitas

Perjalanan Transformasi Harian FAJAR

Awal Mula (1996)

Harian FAJAR memulai langkah digitalnya dengan membuat versi online sederhana dari koran cetaknya.

Peluncuran FAJAR.co.id (2009)

FAJAR.co.id resmi diluncurkan sebagai portal berita online, menandai langkah besar dalam transformasi digital mereka.

Menjadi Portal Berita Nasional (2016)

FAJAR.co.id bertransformasi menjadi portal berita nasional di bawah manajemen PT. Fajar National Network (FNN).

Strategi di Balik Transformasi

  1. Menjangkau pembaca online yang lebih luas
  2. Mengambil porsi iklan yang lebih besar di era digital
  3. Menyesuaikan dengan perubahan pola konsumsi berita masyarakat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun